parenting,  tips & trick

Repotnya Mencuci Breast Pump, Begini Solusinya

Saat pertama kali memerah ASI, setelah selesai pasti langsung saya cuci. Seminggu berjalan masih oke, meski repot tetap dijalani demi si buah hati tapi kok lama-lama pegel juga ya, kalo sehari 3 kali pumping di kantor harus tiga kali cuci begitu, ditambah lagi lokasi nursery room dan pantry beda lantai, jadi makan waktu.

mencuci breast pump, mencuci botol susu


Setelah konsultasi dengan dokter anak di Rumah Sakit Hermina Kemayoran, beliau menganjurkan untuk menyimpan perlengkapan Pumping (corong dan botol) di freezer atau chiller karena didalam ASI sendiri memiliki sifat anti bakteri sehingga botol bekas pumpinh masih aman digunakan tanpa dicuci asal penyimpanannya benar.
Saya menggunakan breast pump electric yang bisa menggunakan daya baterai dan listrik untuk mengantisipasi jika tidak ada jaringan listrik. Saya maksimalkan memerah 2-3 kali dalam sehari di kantor dengan jadwal berikut:
mencuci breast pump, mencuci botol susu
Untuk penggunaan Breast Pump tanpa dicuci, hanya disimpan di chiller atau freezer hanya dapat dilakukan maksimal 12 jam. Lebih dari itu, saya sarankan lebih baik dicuci dan disterilkan kembali. Begitu juga penggunaan breast pump di rumah, hitunglah batas maksimal (12 jam) penggunaan breast pump. Cucilah perlengkapan pumping dengan tepat agar ASIP tidak terkontaminasi bakteri dari luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *