tips mudah disetujui KTA
financial

3 Hal yang Harus Ditanyakan Nasabah Saat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Jaman sekarang perkembangan dunia teknologi memang sudah dapat diarasakan dalam segala aspek kehidupan, termasuk finansial. Dahulu, saat kita membutuhkan uang sementara kita tidak memiliki simpanan yang cukup, alternative lain yang bisa ditempuh yaitu melakukan pinjaman atau kredit dengan syarat harus memiliki jaminan atau agunan. Memangnya ada ya Kredit Tanpa Agunan?

Berbeda dengan jaman sekarang, segalanya menjadi sangat mudah. Soal pinjaman pun mulai beragam mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat. Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan sejumlah dana tanpa harus memberikan jaminan apapun. Cukup menyerahkan sejumlah data untuk diverifikasi oleh pihak bank atau lembaga keuangan.

Jumlah dana yang dipinjamkan pun beragam sesuai dengan aturan bank atau Lembaga keuangan masing-masing serta mengikuti peraturan keuangan di Indonesia. Proses pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbilang cukup mudah dan cepat. Saya pribadi pernah mengajukan Kredit Tanpa Agunan disalah satu Bank Swata di Indonesia. Proses penyerahan berkas hingga verifikasi dilakukan dalam waktu 7 hari dan dana yang dipinjam akan ditransferkan dalam kurun waktu maksimal 14 hari kerja, terhitung sejak berkas disetujui.

Meski terbilang mudah, Kredit Tanpa Agunan ini tetaplah berupa pinjaman yang harus dibayar dengan cara dicicil setiap bulan dalam kurun waktu tertentu sehingga harus digunakan secara bijak. Selain itu ada 3 hal yang harus ditanyakan nasabah sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan, diantaranya:

.

1. Penghasilan dan Berkas yang wajib dikumpulkan

Moms, perlu diketahui kalau Kredit Tanpa Agunan ini hanya berlaku bagi mereka yang memiliki pekerjaan tetap, berstatus karyawan, pegawai dan professional. Bagi wiraswasta, ada kemungkinan Kredit Tanpa Agunan ini disetujui namun harus memiliki penghasilan tetap setiap bulan yang nantinya akan terlihat didalam laporan rekening koran. Jadi, kalau statusnya hanya ibu rumah tangga atau mahasiswa tanpa penghasilan tetap, belum bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Adapun bagi karyawan atau staff, berkas yang wajib diserahkan yaitu:

  • Fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan surat nikah.
  • Fotokopi NPWP pribadi.
  • Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat Keterangan Kerja Asli dan slip gaji
  • Form Aplikasi KTA yang sudah ditandatangani dan bermaterai.

kredit tanpa agunan di cekaja

2. Suku Bunga dan Nilai Penalti

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, selain proses mendapatkan Kredit Tanpa Agunan mudah, proses pencairan dana pun cepat. Namun, kita harus mengetahui suku bunga KTA yang berlaku di Bank atau Lembaga keuangan yang kita pinjami.

Lantaran tanpa jaminan, suku bunga KTA lebih tinggi dari jenis kredit lainnya, tergantung kebijakan bank pemberi jaminan. Namun, bunga pinjaman bersifat tetap atau flat sehingga besarnya cicilan tidak akan berubah.

Sebelum menyetujui besaran cicilan dan tenor KTA, pastikan kita sudah menghitung dan memprediksi kemampuan kita terlebih dahulu. Sebab jika kita berniat untuk melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo akan dikenakan pinalti sekitar 5%.

tips mudah disetujui KTA

 

3. Cara Pembayaran Cicilan Kredit

Last but not least, penting banget nih untuk diketahui Moms semua sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan, yaitu cara pembayaran cicilan kredit. Lantaran KTA ini gak cuma bisa diajukan di Bank saja melainkan juga di Lembaga Keuangan, jadi pasti mereka memiliki cara pembayaran cicilan kredit yang berbeda. Jangan sampai deh tuh, proses pembayaran cicilannya merepotkan.

Beberapa ada yang bisa dibayarkan di minimarket, transfer bank manual, melalui mesin ATM hingga Virtual Account. Tapi, ada juga sejumlah bank yang menyediakan skema autodebit sehingga kita wajib membuka rekening di bank tersebut supaya bisa ditarik sesuai tanggal pembayaran secara otomatis. Kalau saya pribadi lebih nyaman menggunakan system autodebet untuk menghindari lupa bayar. Mending kalau jatuhnya ditanggal muda, coba kalau jatuh temponya di tanggal 23, khawatir uangnya terpakai duluan. So, tiap awal bulan saya sudah spare sejumlah uang direkening tersebut untuk di autodebet.

cara mengajukan kredit tanpa agunan

Nah, Moms itulah 3 hal yang wajib ditanyakan nasabah sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Sebagai tambahan informasi, Kredit Tanpa Agunan ini hanya berlaku untuk pinjaman dalam nominal kecil. Biasanya, jumlah plafond atau pinjaman akan dibatasi hingga maksimal lima kali gaji pokok. Selain itu, tenor pinjaman pun berlaku untuk jangka pendek ya sekitar tiga hingga lima tahun. Jadi coba deh hitung lagi kira-kira mau pinjam berapa, bunganya berapa, dan tenornya berapa lama.

Tapi jangan khawatir, bagi Mommies yang ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan sekaligus ingin mengetahui simulasi hitungan cicilannya bisa klik https://cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ . Disana juga terdapat informasi tentang Kredit Tanpa Agunan lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *