feature,  parenting

3 FAKTOR UTAMA AGAR TUMBUH KEMBANG ANAK OPTIMAL BERSAMA DEBBY MAJIDA SHINTA, DANCOW INSPIRING MOM 2018

Dancow Inspiring Mom, pasti sudah tidak asing lagi ya dengan istilah tersebut. Banyak sekali Moms diluar sana yang ingin mengikuti program yang diselenggarakan oleh Dancow. Namun, bukan perkara yang mudah menjadi salah satu bagian dari Dancow Inspiring Mom ini. Selain banyak peserta yang berkompeten, proses seleksinya juga lumayan ketat karena memang seperti namanya, peserta yang terpilih ini nantinya akan membawa informasi dan manfaat yang harus disampaikan kepada masyarakat luas.

Debby Majida Shinta, ibu dari 2 anak yang saat ini masih aktif di dunia broadcasting menjadi salah satu Moms yang beruntung karena terpilih menjadi Dancow Inspiring Mom 2018. Hal tersebut menjadi sebuah prestasi untuk Bunda Debby sekaligus juga amanah yang harus dijalankan. Dibuktikan dengan digelarnya banyak acara seminar dibeberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Saya pun berkesempatan untuk mengikuti seminar nutrisi yang bunda Debby selenggarakan di wilayah Pondok Bambu, Jakarta Timur.

dancow inspiring mom, dancow, debby majida shinta, nutrisi anak, susu dancow 1+. susu dancow 3+. susu dancow 5+

Seminar nutrisi ini tidak dikenakan biaya apapun. Semua peserta ibu-ibu boleh mengikuti tanpa kecuali. Tentu saja ini menjadi moment yang ditunggu-tunggu terutama untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Dimana mereka lumayan sulit mendapatkan informasi tentang kesehatan anak-anaknya. Dengan adanya program yang bunda Debby gelar, menjadi sebuah kelas gratis bagi mereka. Sebelum acara dimulai, ibu-ibu dengan busana kuning cerah sudah memadati area Starlight Caffeebreak. Ada yang sengaja datang dari rumah, banyak juga yang datang setelah menjemput anaknya sekolah.

Baca juga : Menekan Kenakalan Remaja dari Sudut Pandang Orangtua

Tak hanya itu, bunda yang hadir juga nampak sangat berantusias mengikuti acara demi acara hingga usai. Mereka juga berperan aktif pada sesi tanya jawab terutama konsultasi seputar kondisi anak-anaknya. Ada yang menolak makan nasi, menolak minum susu, gak mau tidur siang. Pokoknya beragam deh dan bagi saya sebagai mama muda, curhatan ibu-ibu ini menjadi sebuah pelajaran kedepannya. Betapa menjadi seorang ibu bukanlah perkara yang mudah. Butuh ilmu menata diri dan kesabaran lebih saat mendidik anak-anak.

Pada kegiatan ini juga Bunda Debby mengupas tuntas tentang 3 faktor utama yang dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Pertama, kebutuhan nutrisi yang akan disampaikan pada seminar nutrisi. Kedua yaitu stimulasi melalui proses ekplorasi yang disampaikan pada sharing session IYA BOLEH. Ketiga yakni cinta yang disampaikan secara personal oleh Bunda Debby kepada seluruh perserta yang hadir.

Terus belajar mengenali, menghadapi dan membimbing si kecil serta berikan yang terbaik sesuai kebutuhan tumbuh kembangnya. –Dancow & Debby Majida Shinta-

 

TALKSHOW TENTANG NUTRISI YANG DIBUTUHKAN ANAK

Acara memang nampak sederhana namun dikemas dengan sangat menarik. Ada Talkshow tentang nutrisi anak yang disampaikan oleh Mba Isye paralel dengan pertanyaan dari peserta yang hadir. Untuk Moms di rumah yang belum berkesempatan hadir di acara Arisan Dancow, berikut adalah beberapa informasi penting yang saya dapatkan:

.

Bagaimana Mengoptimalkan Nutrisi Untuk Perlindungan si Kecil?

Jawabannya yaitu dengan mengikuti pedoman gizi seimbang. Dulu makanan sehat itu dikenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. Namun, saat ini sudah diganti dengan istilah pedoman gizi seimbang. Lalu apa ya perbedaan keduanya?

Pedoman gizi seimbang yaitu pola makan yang seharusnya memenuhi unsur karbohidrat, sayur dan buah, protein, gula, garam, lemak serta minum air mineral 8 gelas sehari. Jika pedoman gizi seimbang ini dapat terpenuhi maka sudah sangat berkontribusi besar bagi tumbuh kembang anak.

dancow inspiring mom, dancow, debby majida shinta, nutrisi anak, susu dancow 1+. susu dancow 3+. susu dancow 5+

Moms, untuk memenuhi pedoman gizi seimbang sebetulnya tidak sulit ya. Mungkin sebagian dari Moms membayangkan menu sehat yang mahal. Tentu saja tidak, menu makanan sehari-hari yang memenuhi pedoman gizi seimbang bisa didapatkan melalui makanan seperti:

1. Makanan Sumber Zink seperti ikan, ayam dan tempe.
2. Makanan Sumber Zat Besi seperti daging sapi, hati dan tempe.
3. Makanan Sumber Vitamin A seperti wortel, telur ayam dan hati.
4. Makanan Sumber Vitamin C seperti jeruk, kiwi dan jambu merah.

Cukup mudah didapatkan bukan? Moms juga dapat berkreasi dengan menu tersebut agar si kecil tidak bosan dan tetap lahap makan.

dancow inspiring mom, dancow, debby majida shinta, nutrisi anak, susu dancow 1+. susu dancow 3+. susu dancow 5+

.

Mengapa si kecil harus minum susu padahal sudah mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi?

Moms, beda usia anak beda nutrisinya dan kebutuhan susu nya pun berbeda. Itulah mengapa produk susu anak diklasifikasi berdasarkan tahapan usianya. Fyi, Dancow memiliki 3 varian produk susu untuk anak usia satu tahun lebih, tiga tahun lebih dan lima tahun lebih. Dengan mengonsumsi susu Dancow artinya Moms sudah memberikan perlindungan bagi tumbuh kembang si kecil karena Dancow mengandung segala kebaikan susu bagi si kecil, seperti:

  • Dengan kandungan DHA, Omega 3 dan Omega 6 memberikan perlindungan pada tumbuh kembang sel otak anak yang dapat memengaruhi kecerdasannya saat proses belajar.
  • Kandungan Protein dan Calcium memberikan perlindungan untuk pertumbuhan fisik anak agar bertambah tinggi dan berat tubuhnya.
  • Dancow juga disempurnakan dengan kandungan Lactobacillus rhamnosus, Dietary Fiber INULIN, Vitamin A, C, E, D, Selenium, iron dan Zinc yang mensupport tumbuh kembang anak dalam segala aspek kebaikan.

dancow inspiring mom, dancow, debby majida shinta, nutrisi anak, susu dancow 1+. susu dancow 3+. susu dancow 5+

 

BERBAGI CERITA “IYA BOLEH” BERSAMA BUNDA DEBBY, DANCOW INSPIRING MOM 2018

Berikutnya sharing bersama Bunda Debby tentang “IYA BOLEH”. Ini menjadi topik yang menarik perhatian saya. Saya pun duduk paling depan saking tak ingin ketinggalan informasi. Bunda Debby memaparkan bahwa selain memberikan support berupa nutrisi dan kebutuhan lainnya bagi si kecil, tak lupa juga yang paling utama yaitu kebutuhan spiritual dan kasih sayang antara ibu dan anak.

.

Manfaat memberikan ruang gerak untuk si kecil bereksplorasi

“Siapa diantara bunda yang sering melarang anaknya bermain?” tanya bunda Debby kepada peserta yang hadir. Hampir semua mengangkat tangan, termasuk saya. Bunda Debby kemudian menjelaskan bahwa Dancow bersama eksperts nya menganjurkan para orangtua untuk memberikan ruang gerak bagi anak-anak berekplorasi. Tahapan eksplorasi itu sangat penting bagi anak-anak karena didalamnya ada proses belajar yang nantinya akan menstumulasi perkembangan anak secara optimal. Seperti halnya yang disampaikan oleh Dra. Ratih Ibrahim seorang Psikolog yang menjadi narasumber pada Dancow Inspiring Mom 2018 yaitu:

a. Proses ekplorasi bermanfaat untuk membuka potensi belajar anak.
b. Mendukung perkembangan dan kecerdasannya.
c. Mendukung keberanian anak untuk mencoba hal baru.

dancow inspiring mom, dancow, debby majida shinta, nutrisi anak, susu dancow 1+. susu dancow 3+. susu dancow 5+

.

3 KUNCI UTAMA PENGASUHAN

Diakhir sharing-nya Bunda Debby juga menyampaikan bahwa sedikitnya ada 3 kunci utama pengasuhan yang harus diketahui oleh seorang ibu, diantaranya:

1. Investasikan waktu untuk si kecil setiap hari. Sesibuk apapun kegiatan Moms di rumah atau di kantor, luangkan waktu untuk si kecil.

2.Fokus dan pastikan Moms memberikan waktu berkualitas dengan anak. Bukan pada seberapa lama Moms bersama si kecil namun seberapa besar kualitas waktu yang Moms lewati bersamanya. Sekedar mendengarkan ceritanya atau menemaninya mengerjakan PR tanpa diganggu dengan aktifitas Moms yang lain akan sangat berkesan bagi si kecil.

3.Lakukan secara konsisten dengan kasih sayang yang utuh. “Bunda, jika sedang bersama si kecil pastikan hati dan jiwanya juga hadir. Jangan sampai, Bunda memang duduk bersama anak namun sambil main handphone sehingga si kecil merasa tak diperhatikan”, ungkap Bunda Debby. Pesan yang bunda Debby sampaikan menjadi remainder bagi saya. Dan, memang benar masih banyak yang harus saya koreksi dengan pola pengasuhan yang sudah saya lakukan selama ini.

Kegiatan ini pun ditutup dengan games untuk ibu-ibu dan anak-anak yang hadir siang itu. Sementara si kecil mengikuti lomba menulis dan menggambar sederhana, ibunya ikut games mencocokan gambar takaran menu makanan si kecil. Nampak keceriaan semua peserta, setelah makan siang dan foto bersama, ibu-ibu pun pulang dengan wajah riang.

dancow inspiring mom, dancow, debby majida shinta, nutrisi anak, susu dancow 1+. susu dancow 3+. susu dancow 5+

 

Terimakasih bunda Debby sudah berkenan mengundang saya dan Moms Blogger lainnya. Kami jadi bisa belajar banyak hal. Mulai dari kesehatan anak-anak, tumbuh kembangnya hingga pola pengasuhan yang dibutuhkan si kecil. Semoga diluar sana banyak bunda Debby lainnya yang juga dapat menginspirasi semua bunda di Indonesa. Semoga bunda Debby sukses dengan gelar Dancow Inspiring Mom 2018. Terus dapat menebarkan energi positif bagi para orangtua serta menginspirasi dan bermanfaat tentunya. Sehat selalu Bunda Debby.

 

Anykind of informations, please contact Dancow on:

Facebook : DancowParentingCenter

Instagram : @DANCOW

Twitter : DancowCenter

Youtube : DancowID

20 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *