tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc
event,  health,  Lifestyle,  tips & trick

Lakukan 5 Tips Sehat Berpuasa ini agar Terhindar dari Penyakit

Berpuasa di bulan Ramdhan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Meski harus bangun malam untuk makan sahur, menahan lapar dan dahaga seharian namun karena niat ibadah dan semata mengharap ridlo-Nya sehingga kita tentu saja sangat bersemangat menyambut bulan puasa ini.

Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti membersihkan racun yang terperangkap dalam lemak tubuh serta berfungsi untuk mengistirahatkan system pencernaan. Yang biasanya ia bekerja setiap waktu karena ada proses makan dan minum sepanjang hari sementara saat berpuasa kinerja system pencernaan berkurang.

Keluhan Penyakit selama Berpuasa

Namun ternyata, faktanya berbeda. Bukannya jadi sehat, kebanyakan dari kita justru jatuh sakit diawal bulan puasa. Masalah kesehatan yang paling banyak dikeluhkan yaitu seperti maag, sulit buang air besar, juga permasalahan pencernaan yang paling umum terjadi. Kira-kira apa yang keliru ya?

Seperti dijelaskan oleh Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, Dokter Ahli Gizi, selama bulan Ramadhan kita akan mengalami perubahan perilaku dan pola makan, ditambah lagi saat berbuka biasanya suka kalap. Pola makan yang sembarangan dan asal-asalan ini lah yang memicu GERD, maag, terjadinya risiko hypoglikimia pada pasiean diabetes dan hyperglikimia pada penderita darah rendah.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Meskipun berpuasa, kita tetap harus menjalankan aktifitas seperti biasanya. Untuk sebagian orang dengan mobilitas tinggi sering mengalami sakit kepala yang disebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, kita wajib memenuhi asupan cairan setelah berbuka, menjelang tidur dan saat makan sahur. Keluhan dehidrasi ini ditandai dengan gejala seperti mulut kering, lemas dan lunglai, kram otot, pusing dan disorientasi.

Menjalankan ibadah puasa tanpa memperbaiki pola makan juga memicu stress akibat kurang makan-minum dan kurang tidur.

Siapa diantara kalian yang berpuasa, selain untuk ibadah juga sekalian diet? Hati-hati loh, ketika kita kalap makan setelah berbuka bahkan sepanjang malam tanpa memilih makanan yang tepat, justru bisa memicu kenaikan berat badan drastis. Misalnya, abis shalat tarawih kan pegel tuh, langsung hunting jajanan, sejenis bakso dan martabak yang menggoda.

Zivanna Letisha, Puteri Indonesia 2008 yang menjadi tamu special kita pada acara “Sehat itu Berkah” bersama Halodoc mengaku kalau dirinya tak banyak melakukan persiapan menjelang puasa sebab memang ia sudah terbiasa berpuasa sejak kecil. Zizi lebih concern pada persiapan mental supaya bisa beribadah dengan maksimal.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Tips Sehat Berpuasa Ala Halodoc

  1. Pastikan sudah memilih menu sahur yang tepat, kaya serat dan tinggi vitamin. Makan sahur sahur dengan porsi secukupnya sebab makan berlebih justru akan membuat ngantuk. Komposisi asupan ideakl yaitu karbohidrat 50-60%, protein 15-20% dan lemak 20-25%.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Sedikitnya 2 liter atau 8 gelas per hari dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas pada snacking time dan 2 gelas berikutnya menjelang sahur.
  3. Hindari mengonsumsi kopi dan teh saat makan sahur sebab keduanya memiliki sifat bioretik.
  4. Kurangi mengonsumsi banyak gorengan dan makanan banyak garam sebab bisa memicu dehidrasi. Selain itu kedua jenis makanan ini juga membuat memperlambat pengosongan lambung sehingga bisa meningkatkan asam lambung. Saat berbuka masih boleh ya, tapi saat sahur sebaiknya dikurangi.
  5. Tetap lakukan olah raga ringan meskipun berpuasa.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa diantaranya seperti makanan tinggi gula dan garam, gorengan, makanan bersantan, pedas dan asam, makanan dan minuman berbau menyengat serta kopi, soda dan teh.

 

Halodoc Mengajak Masyarakat tetap Sehat Selama Ramadhan

Siapa sih yang tak kenal Halodoc, yang iklannya ada dimana-mana termasuk stasiun kereta api. Saya pun mencoba download namun belum begitu paham bagaimana cara pakainya. Sampai pada akhirnya, saya bertemu dengan Halodoc langsung pada salah satu Talkshownya tentang psikolog anak.

Seperti sebelumnya, materi yang dihadirkan memang selalu bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pendengarnya. So big thanks untuk Halodoc untuk informasi yang disajikan.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Anyway, buat kalian yang belum tau apa itu Halodoc, bisa saya perkenalkan terlebih dahulu. Jadi, Halodoc merupakan penyedia layanan berbasis online yang bisa diakses by web dan aplikasi di smartphone baik itu Playstore maupun Appstore.

Baca juga : Halodoc – 7 Perilaku Orangtua yang dapat Mempengaruhi Karakter Anak

Halodoc memiliki 3 fitur unggulan pada aplikasinya yaitu (1) apotik antar dimana masyarakat dapat membeli obat dan alat kesehatan melalui Halodoc secara online. Obata tau produk kesehatan akan diantar oleh kurir Gojek. (2) Hubungi Dokter, merupakan layanan konsultasi yang dapat dilakuakn melalui chat, videp dan voice call secara langsung. Ada yang berbayar dan gratis. (3) Lab Service yaitu layanan tes laboratorium yang dapat dilakuakn di rumah dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Halodoc kembali hadir untuk memberikan layanan kesehatan yang mudah diakses yang dapat digunakan oleh masyarakat terutama selama Ramadhan. Jika kita membutuhkan obat dalam kondisi darurat, misalnya tengah malam sementara kesulitan untuk membeli obat sendiri, gak perlu khawatir lagi sebab bisa pesan melalui Halodoc. Halodoc juga memberikan promo menarik berupa Discount khusus selama bulan Ramadhan. Yuk, Follow akun Instagram Halodoc untuk mendapatkan informasi terupdate mereka.

41 Comments

  • fillyawie

    Wah fitur apps Halodoc keren banget, apalagi kalau butuh obat dan konsul dengan dokter di waktu2 yang nggak biasa seperti tengah malam, waktu libur hari raya dan lainnya. Mudah2an apps ini bisa jadi solusi buat kita semua yaa.

  • herva yulyanti

    nah itu menu gorengan itu paling susah dihindari mba hahaha padahal ga sehat yah 🙁 tipsnya oke nih apalagi yang olah raga duh aku ya males banget

  • Tiananda

    Terimakasih share tipsnya yaaa mba Cici… iya ya kalo pengen diet pas Ramadhan, jangan kalap milih menu buka puasa dan ga usah lebay kalo makan sahur. Semoga istiqomah hehehe

  • Helena Magdalena

    Wah tipsnya cocok banget nih buat temen-temen yang sedang berpuasa supaya tetep fit dan sehat. Kalau pengalamanku puasa itu sebaiknya memang ada olahraga ringan supaya badan bergerak, ga kebawa males gituu

  • Arda Sitepu

    Wah sangat bermanfaat Halodoc ini, apalagi berbagai jenis obat dan manfaatnya juga dijabarkan. Belum lagi ada rekomendasi obat kalau mendadak sakit. Acaranya keren dan pasti aplikasinya penting banget terkhusus di Bulan Ramadhan ini.

    • cicidesri

      iya mba, suka banget sama fitur antar obatnya juga, kalo di Jakarta yang dimana2 macet terbantu banget.

  • Atisatya Arifin

    Halodoc ini jadi salah satu referensi aku soal kesehatan lho. Soalnya praktis banget tinggal masukin kata kuncinya dan keluar deh informasinya. Tapi aku malah baru tahu kalau ada aplikasinya lho. Berarti bisa lebih mudah lagi nih mendapatkan info seputar kesehatan. Nah soal buka puasa itu, duuh gorengan itu susah banget ya dihindari. Di kantor aku aja pada buka pakai gorengan.

    • cicidesri

      selama ada gojek didaerahnya bisa pakai Halodoc buat antar obat mba. kita yang pesankan.

  • ZILQIAH

    huah bisa diantar kurir ya itu apotek via aplikasi ini
    aku mau install ah
    pernah suami sakit ga bisa keluar rumah padahal aku harus beli obat
    memudahkan banget kalau ada apps ini

    • cicidesri

      iya kak, aku pun sering pakai jasa anter obatnya. duh kebayang sih kalo punya anak kecil sakit, gak bisa keluar beli obat, macet dan antrinya.

  • Ida Raihan

    Ramadhan kali ini belum pernah keluar sore, jadi belum liat semeriah apa di luaran sana, belum liat gorengan. Gak kayak sewaktu masih di Jakarta, gorengan ama lontong gak bisa dihindarin.

    • cicidesri

      wah mba ida stay dimana memangnya? iya disini mah jarak per 5 meter gorengan lagi, lontong lagi ya hehehe

  • Roosvansia

    Wah, apps yg menarik. Makin banyak org kreatif ya. Keren deh. Btw kalau puasa dibiasakan dr kecil baik bgt ya, jd ketika besar sudah tinggal melanjutkan udh lbh mudah penyesuaiannya.

  • Euisry Noor

    Wah, kalo di Tegal sini ngeteh manis udh jadi tradisi sehari-hari. Buka puasa & sahurpun selalu tersaji. Ternyata gak recommended ya kayak kopi…

    • cicidesri

      sama mba, dulu aku pun gitu, tapi setelah tau gak bagus dikurangin, kalo pas berbuka sih masih oke, tapi untuk sahur gak dianjurkan mba.

  • Desy Yusnita

    Emang ya makanan pedas dan gorengan itu penyemangat saat makan waktu buka. Tapi ya justru itu harus dihindari. Atau mungkin bisa diimbangi kali ya dengan makan huah. Tetep ngeles, belum rela melepas gorengan

  • Beautyasti1

    Thanks for the tips, bagaimana ya aku kalau sahur makan makanan sehat malah ga selera makan. May be itu yang bikin siang nya lemes hehehe kudu healthy life nih