tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc
event,  health,  Lifestyle

Lakukan 5 Tips Sehat Berpuasa ini agar Terhindar dari Penyakit

Berpuasa di bulan Ramdhan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Meski harus bangun malam untuk makan sahur, menahan lapar dan dahaga seharian namun karena niat ibadah dan semata mengharap ridlo-Nya sehingga kita tentu saja sangat bersemangat menyambut bulan puasa ini.

Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti membersihkan racun yang terperangkap dalam lemak tubuh serta berfungsi untuk mengistirahatkan system pencernaan. Yang biasanya ia bekerja setiap waktu karena ada proses makan dan minum sepanjang hari sementara saat berpuasa kinerja system pencernaan berkurang.

Keluhan Penyakit selama Berpuasa

Namun ternyata, faktanya berbeda. Bukannya jadi sehat, kebanyakan dari kita justru jatuh sakit diawal bulan puasa. Masalah kesehatan yang paling banyak dikeluhkan yaitu seperti maag, sulit buang air besar, juga permasalahan pencernaan yang paling umum terjadi. Kira-kira apa yang keliru ya?

Seperti dijelaskan oleh Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, Dokter Ahli Gizi, selama bulan Ramadhan kita akan mengalami perubahan perilaku dan pola makan, ditambah lagi saat berbuka biasanya suka kalap. Pola makan yang sembarangan dan asal-asalan ini lah yang memicu GERD, maag, terjadinya risiko hypoglikimia pada pasiean diabetes dan hyperglikimia pada penderita darah rendah.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Meskipun berpuasa, kita tetap harus menjalankan aktifitas seperti biasanya. Untuk sebagian orang dengan mobilitas tinggi sering mengalami sakit kepala yang disebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, kita wajib memenuhi asupan cairan setelah berbuka, menjelang tidur dan saat makan sahur. Keluhan dehidrasi ini ditandai dengan gejala seperti mulut kering, lemas dan lunglai, kram otot, pusing dan disorientasi.

Menjalankan ibadah puasa tanpa memperbaiki pola makan juga memicu stress akibat kurang makan-minum dan kurang tidur.

Siapa diantara kalian yang berpuasa, selain untuk ibadah juga sekalian diet? Hati-hati loh, ketika kita kalap makan setelah berbuka bahkan sepanjang malam tanpa memilih makanan yang tepat, justru bisa memicu kenaikan berat badan drastis. Misalnya, abis shalat tarawih kan pegel tuh, langsung hunting jajanan, sejenis bakso dan martabak yang menggoda.

Zivanna Letisha, Puteri Indonesia 2008 yang menjadi tamu special kita pada acara “Sehat itu Berkah” bersama Halodoc mengaku kalau dirinya tak banyak melakukan persiapan menjelang puasa sebab memang ia sudah terbiasa berpuasa sejak kecil. Zizi lebih concern pada persiapan mental supaya bisa beribadah dengan maksimal.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Tips Sehat Berpuasa Ala Halodoc

  1. Pastikan sudah memilih menu sahur yang tepat, kaya serat dan tinggi vitamin. Makan sahur sahur dengan porsi secukupnya sebab makan berlebih justru akan membuat ngantuk. Komposisi asupan ideakl yaitu karbohidrat 50-60%, protein 15-20% dan lemak 20-25%.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Sedikitnya 2 liter atau 8 gelas per hari dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas pada snacking time dan 2 gelas berikutnya menjelang sahur.
  3. Hindari mengonsumsi kopi dan teh saat makan sahur sebab keduanya memiliki sifat bioretik.
  4. Kurangi mengonsumsi banyak gorengan dan makanan banyak garam sebab bisa memicu dehidrasi. Selain itu kedua jenis makanan ini juga membuat memperlambat pengosongan lambung sehingga bisa meningkatkan asam lambung. Saat berbuka masih boleh ya, tapi saat sahur sebaiknya dikurangi.
  5. Tetap lakukan olah raga ringan meskipun berpuasa.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa diantaranya seperti makanan tinggi gula dan garam, gorengan, makanan bersantan, pedas dan asam, makanan dan minuman berbau menyengat serta kopi, soda dan teh.

 

Halodoc Mengajak Masyarakat tetap Sehat Selama Ramadhan

Siapa sih yang tak kenal Halodoc, yang iklannya ada dimana-mana termasuk stasiun kereta api. Saya pun mencoba download namun belum begitu paham bagaimana cara pakainya. Sampai pada akhirnya, saya bertemu dengan Halodoc langsung pada salah satu Talkshownya tentang psikolog anak.

Seperti sebelumnya, materi yang dihadirkan memang selalu bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pendengarnya. So big thanks untuk Halodoc untuk informasi yang disajikan.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Anyway, buat kalian yang belum tau apa itu Halodoc, bisa saya perkenalkan terlebih dahulu. Jadi, Halodoc merupakan penyedia layanan berbasis online yang bisa diakses by web dan aplikasi di smartphone baik itu Playstore maupun Appstore.

Baca juga : Halodoc – 7 Perilaku Orangtua yang dapat Mempengaruhi Karakter Anak

Halodoc memiliki 3 fitur unggulan pada aplikasinya yaitu (1) apotik antar dimana masyarakat dapat membeli obat dan alat kesehatan melalui Halodoc secara online. Obata tau produk kesehatan akan diantar oleh kurir Gojek. (2) Hubungi Dokter, merupakan layanan konsultasi yang dapat dilakuakn melalui chat, videp dan voice call secara langsung. Ada yang berbayar dan gratis. (3) Lab Service yaitu layanan tes laboratorium yang dapat dilakuakn di rumah dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu.

tips sehat berpuasa, tetap sehat selama puasa, halodoc, pesan obat online, cek lab online, konsultasi dokter online, promo halodoc

Halodoc kembali hadir untuk memberikan layanan kesehatan yang mudah diakses yang dapat digunakan oleh masyarakat terutama selama Ramadhan. Jika kita membutuhkan obat dalam kondisi darurat, misalnya tengah malam sementara kesulitan untuk membeli obat sendiri, gak perlu khawatir lagi sebab bisa pesan melalui Halodoc. Halodoc juga memberikan promo menarik berupa Discount khusus selama bulan Ramadhan. Yuk, Follow akun Instagram Halodoc untuk mendapatkan informasi terupdate mereka.

41 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *