health,  Lifestyle

Halodoc : 7 Perilaku Orangtua yang dapat Membantu Perkembangan Psikis Anak

Perkembangan psikis anak dan fisiknya bukanlah perkara yang mudah namun juga tidak sulit selama orangtua mau belajar dan terus berlatih. Sejatinya memiliki anak bukanlah untuk menjadi orang yang selalu dibenarkan namun justru sebaliknya. Dengan menjadi orangtua, kita akan dituntut belajar lebih banyak hal dari anak. Belajar mengelola emosi, melatih kesabaran, ketekunan dan disiplin.

Bayangkan ketika seorang ibu malas-malasan bangun pagi saja, akan ada banyak dampak buruk yang dirasakan satu keluarga tersebut. Misalnya suami dan anak jadi gak sarapan, jajan sembarangan dan kesehatan mereka jadi terganggu. Belum lagi rumah masih berantakan, cucian numpuk bahkan gelas piring berserakan. Kebayang gak sih betapa tidak nyamannya?

Ala bisa karena biasa. Perkembangan psikis anak (mental) sangat dipengaruhi oleh sikap orang terdekatnya, dalam hal ini yaitu orangtua. Saya setuju banget karena memang mengalaminya sendiri. Biasanya kami makan malam bersama di rumah. Seperti biasa saya yang bertugas menyediakan makanan sekaligus minum untuk suami. Satu hari, saya lupa tidak menyediakan air minum untuknya dan langsung lanjut makan. Eh, Nafeesa langsung mengingatkan saya sambil terbata-bata “Maa, numnum papa”, saya pun sontak tertawa melihat anak 23 bulan begitu responsive dengan kejadian terdekatnya. Ya, sikap dan perilaku anak bukanlah sesuatu hal yang dapat dibentuk secara instan. Butuh waktu dan tahapan yang tidak sebentar. Oleh karena itu lah, saya sangat tertarik terus belajar tentang parenting sebagai proses aktualisasi diri terhadap peran dan tanggungjawab sebagai seorang ibu.


Talkshow Tentang Perkembang Psikis Anak Bersama Halodoc

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Halodoc menggelar Talkshow dengan tema “Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini”. Pembahasan seperti ini selalu menarik untuk diperbincangkan. Peserta yang berasal dari komunitas Blogger dan Followers Instagram Halodoc berkumpul bersama dan sharing soal perkembangan psikis anak yang sering ditemui.

Hadir pula narasumber yakni Dr. dr. Tjhin Wiguna Sp.(KJ) (K), seorang Psikiater Anak dan Remaja yang bertugas pada Divisi Psikiatri Anak dan Remaja, Departemen Medik Ilmu Kesehatan Jiwa RSCM-FKUI.

Saat ini Nafeesa (23 bulan) memang tumbuh dan berkembang sangat baik bahkan perilakunya pun tidak menunjukan hal-hal aneh dan menjengkelkan. Namun saat mendengar keluhan setiap orangtua pada acara Talkshow kemarin, kok saya jadi mulai khawatir ya. Meski sifat dan karakter anak memiliki bakat keturunan dari orangtuanya namun lingkungan juga berkontribusi terhadap perkembangan psikis anak.

.

7 Perilaku Orangtua yang dapat Membantu Perkembangan Psikis Anak

Dr. dr. Tjhin Wiguna Sp.(KJ) (K) yang menjadi narasumber siang itu memberikan tips dan masukan tentang 7 sikap orangtua yang dapat membantu perkembangan psikis anak sejak dini, diantaranya:

1. Dampingi anak untuk menemukan panutan atau idolanya pada bidang yang ia sukai. Kenalkan ia lebih jauh tentang tokoh tersebut. Misalnya si kecil menunjukan ketertarikannya pada dunia olahraga. Bantu ia menemukan tokoh-tokoh hebat pada bidang olahraga. Hal tersebut bertujuan agar si kecil menyadari bahwa untuk mencapai cita-citanya dibutuhkan usaha, perjuangan dan semangat tidak mudah menyerah.

2. Ceritakan pada anak tentang orang-orang yang telah membuat perubahan positif untuk orang lain dan lingkungan. Ini bukan tips omong kosong, saya sendiri sudah merasakan dampak positifnya. Dulu, orangtua saya pun melakukan hal ini. Menceritakan kebaikan sodara, tetangga atau rekan terdekat yang menginspirasi dan rela berjuang untuk membantu oranglain. Sedikit banyak, pesan moral yang disampaikan pun memengaruhi saya bergerak pada beberapa organisasi dan komunitas untuk kegiatan sosial hingga saat ini.

3. Membangun keluarga yang religius atau Ilahiyah seperti mengajak si kecil shalat berjamaah, membiasakan untuk berdoa sebelum dan setelah melakukan aktifitas serta menggemakan doa dan lagu-lagu religi di rumah. Pelajaran agama yang ditanamkan sejak dini pada anak akan melekat hingga dewasa kelak. Saat ia mulai bergaul dan menemukan sesuatu yang bertolak belakang dengan ajaran agama yang disampaikan orangtuanya, dengan sendirinya akan ada ketidaknyaman dan rasa khawatir dalam hatinya. Sebagai contoh sederhana, anak yang terbiasa shalat wajib 5 waktu akan merasa bersalah dan menyesal saat meninggalkan satu waktu shalat karena urusan lain. Itulah kenapa disebutkan bahwa sekolah pertama anak-anak adalah rumah dan orangtuanya.

4. Pujilah anak sesuai usia dan porsinya. Pujian termasuk salah satu apresiasi yang dapat diberikan orangtua terhadap anaknya. Pujilah anak saat mereka mampu melakukan kebaikan atau mendapatkan prestasi namun tetap dalam batas wajar. Kalimat pujian dari orangtua dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Namun jika diberikan berlebihan justru akan menjadi bumerang.

5. Kenali perasaan diri sendiri dan perasaan anak. Jadilah orangtua yang mampu memotivasi diri dan mengolah emosi dengan baik. Kemudian, berikan motivasi kepada anak-anak untuk bersikap dan berperilaku positif. Banyak orangtua yang kaya ilmu namun belum mampu mengelola emosi dengan baik sehingga dampaknya akan terlihat pada perkembangan psikis anak.

6. Ingatkan dan jadilah panutan bagi anak-anak di rumah dengan memberikan contoh baik dalam keseharian seperti mengajarkan bersyukur, bertutur kata santun, mengucapkan terimakasih, meminta tolong dan meminta maaf jika melakukan kesalahan serta belajar bertanggung jawab.

7. Tumbuhkan rasa empati pada anak sejak dini seperti berkunjung ke panti asuhan untuk memberikan bantuan. Anak akan belajar memaknai perjuangan oranglain dalam menjalani kehidupannya. Dengan begitu ia akan merasa bersyukur dan peduli terhadap kesulitan oranglain.

Itulah 7 sikap yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu perkembangan psikis anak yang disupport penuh oleh Halodoc.


Tentang Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya bagi para penggunanya. Semua orang bisa menikmati layanan konsultasi dokter gratis di Halodoc dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pertama, Download aplikasi Halodoc pada smartphone Moms. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore dan Appstore ya Moms. Kemudian, lakukan pendaftaran dan ikuti langkahnya hingga selesai. Jika akun sudah dibuat, Moms bisa langsung menikmati fitur unggulan pada aplikasi Halodoc.

.
3 Fitur Unggulan Aplikasi Halodoc

1. Apotik Antar yaitu layanan bagi pengguna yang ingin membeli kebutuhan media dengan lebih cepat, aman dan nyaman. Gak perlu macet-macetan dan gak perlu antri ya Moms. Produk akan langsung diantar ke tempat sesuai pesanan. Didalamnya juga terdapat fitur Official Store Halodoc. Moms bisa mendapatkan produk kesehatan dengan harga termurah dan diskon up to 50% untuk obat dan vitamin.

2. Hubungi Dokter. Ini fitur favorit saya. Disini kita bisa berkonsultasi secara langsung dan gratis degan dokter umum maupun dokter spesialis. Komunikasi dua arah ini dapat dilakukan melalui chat dan video/voice call langsung dari smartphone kita.

3. Lab Service. Halodoc juga disempurnakan dengan fitur lab service dimana para pengguna dapat melakukan tes laboratorium di lokasi kita. Cara mudah sekali, tinggal pilih paket pemeriksaan, tentukan tanggal dan staf dari lab yang kita pilih akan mendatangi lokasi sesuai pesanan.

Selain itu, kita juga bisa membaca banyak sekali artikel kesehatan yang ada di blog Halodoc. Informasi tersebut dapat diakses melalui aplikasi dan wesbite Halodoc di www. halodoc.com.

Baca juga   :    4 Etika Batuk Sesuai Anjuran Dokter

.

Alasan Menggunakan Layanan Halodoc

Jaman sekarang semua orang serba ingin praktis dan cepat ya. Termasuk urusan kesehatan. Kadang kalau cuma sakit pusing dikit, malas juga harus pergi ke rumah sakit periksa. Belum perjalanannya, belum macetnya bahkan harga obatnya bisa lebih mahal.

Nah, sekarang sudah ada Halodoc yang membantu meringankan kerepotanku selama ini. Flu dikit, daripada beli obat warung mending obat resep dokter yang bisa ditebus ulang di apotik melalui layanan Apotik Antar di Halodoc. Selain harganya lebih murah, cara pesannya juga gampang banget. Semua bisa dilakukan hanya dengan bantuan jempol ajaib alias pesan melalui aplikasi Halodoc di smartphone kita, Moms. Berikut ini keunggulan Halodoc:

1. Cepat, Aman dan Nyaman. Bisa membeli obat dan vitamin tanpa repot. Layanan cepat meskipun obat yang dibeli hanya Rp. 3000 doang, tetap bisa diantar lho. Aman, semua obat dan vitamin yang dipesan masih dalam kemasan yang aman dan belum dibukan (sealed) jadi gak mungkin ditukar oleh kurir. Sehingga membuat penggunanya merasa nyaman. Duduk di rumah, pesanan sudah tiba. Anyway, Halodoc juga sudah bekerja sama dengan Gojek untuk pengantaran.

2. Terpercaya. Kebutuhan medis para pengguna akan terpenuhi dengan layanan dokter dan apotik yang sudah terdaftar secara resmi dan tersebar do seluruh Indonesia.

3. Dimana saja dan kapan saja. Moms dapat menikmati layanan Halodoc dalam genggaman. Dimana pun dan kapanpun 24/7 Halodoc siap memberikan kemudahan bagi kesehatan Moms dan keluarga.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Halodoc disini ya:
Instagram : halodoc 
Facebook : HalodocID 
Twitter : HalodocID 

 

#HariAnak
#PakeHalodoc
#HalodocxMBC

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *