Traveling

Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremai, Kuningan Jabar

Siapa yang kangen liburan? Lantaran isu pandemi ini masih belum usai jadi saya memutuskan untuk mencari tempat refreshing yang terbuka dan lebih dekat dengan alam. Kabupaten Kuningan yang terletak di kaki gunung Ciremai memiliki tempat wisata yang cukup banyak dengan jarak berdekatan sehingga buat kamu yang memang tidak memiliki waktu libur panjang, bisa mengunjungi banyak objek wisata sekaligus dalam satu hari.

Kuningan memang berdekatan dengan kota Cirebon tapi sudah beda wilayah. Banyak orang mengira, wisata di Kuningan itu ya wisata Cirebon, padahal beda. Cirebon jauh lebih panas suhunya lantaran berada di pesisir pantai. Sementara Kuningan lebih rindang dan sejuk karena berada di dataran tinggi gunung Merapi Ciremai. Berikut ini adalah tempat wisata yang saya kunjungi:

.

Objek Wisata Woodland Kuningan

Woodland terbilang masih baru, lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Tiket masuknya Rp 10.000,- per orang termasuk anak-anak usia 5 tahun. Tersedia lahan parkir dan toilet yang luas serta restoran khas sunda.

Sesuai dengan namanya, terhampar padang rumput yang luas dengan tangga dan joglo yang saling tersambung antara satu pohon dengan pohon lainnya. Banyak spot foto menarik disana. Terdapat wahana bermain khusus anak-anak seperti jungle rope bridge, flying fox dan lainnya dengan tiket terpisah dari tiket masuk awal. Tiket tambahan setiap permainan berkisar Rp 20ribu – 50ribu per anak.

Untuk para orang tua, bisa memanjakan diri duduk dibawah rindangnya pohon sambil terapi ikan. Konon ikan-ikan kecil tersebut bisa mendeteksi adanya penyakit lewat telapak kaki kita. Rasanya ya geli-geli gitu. Dibagian area bawah, masih ada kolam renang juga yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Buat kamu yang ingin merasakan sejuknya angin pegunungan dengan pemandangan pepohan yang rindang dan hijau, bisa datang ke Woodland.

.

Wisata Air Terjun Palutungan

Menuju objek wisata palutungan, saya harus mendaki jalanan yang cukup terjal tapi terbayar dengan pemandangan yang indah. Beruntung, kini aksesnya sudah bagus, jalannya sudah mulus untuk dilalui mobil pribadi.

Sepanjang perjalanan, kita bisa berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan kota Kuningan dan Cirebon dari atas. Terdapat banyak rumah makan atau restoran dan tempat nongkrong yang instagramable juga lho. Serunya nongkrong sore menjelang malam, viewnya makin cakep.

Tiket masuk area air terjun Palutungan Rp 5ribu per orang, belum termasuk kendaraan. Sayangnya, terkadang harga tiket masuk berubah mendadak terutama bagi pengunjung dari luar kota.

Hutan pinus yang lebat dengan udara yang super dingin langsung menyambut saya dan keluarga. Kali ini, saya membawa perlengkapan kemah dan kompor portable untuk masak-masak simple sambil menunggu anak-anak mandi di air terjun. Tenang, disini juga ada warung-warung yang menjual camilan hingga makanan berat. Tetap jaga kebersihan ya!

Dulu sih ada wahana buat anak-anak seperti flying fox namun liburan kemarin sudah tidak ada. Jadi, saya dan keluarga benar-benar menikmati suasana pegunungan yang asri sambil bercengkrama. Cocok banget deh, buat kamu yang ingin melepas penat dari riuhnya kota Jakarta.

Dari exit gate toll Cirebon hingga Palutungan, terdapat banyak objek wisata yang bisa kamu singgahi seperti Linggarjati, Pemandian air panas, Kolam Renang Grage Sangkan, Cidomba, Terapi Ikan Cigugur, Area rekreasi untuk anak Salsabila, Gedung Linggarjati dan masih banyak yang lainnya.

Enaknya wisata ke Kuningan ini dekat dari Jakarta apalagi Bekasi. Lewat jalur toll Cipali hanya tiga jam jadi bisa menyempatkan berwisata tanpa harus menunggu long weekend. Nah, buat kamu yang berencana melakukan fast trip dengan rekan dan keluarga lebih nyaman sewa mobil sekaligus sopir jadi tidak lelah mengendarai. Selama perjalanan, kita bisa beristirahat dan menikmati pemandangan. Salah satu penyedia sewa mobil yang saya percayai yaitu TRAC. Sudah saya gunakan sejak tahun 2015.

.

Tentang TRAC

TRAC merupakan layanan rental kendaran, mobil hingga bus dengan atau tanpa driver, baik harian maupun bulanan. TRAC sudah hadir dengan mobile apps TRACtoGo sehingga memudahkan untuk melakukan pengecekan atau reservasi.

Aplikasi TRACtoGo

Aplikasi TRACtoGo dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan pengguna. Mulai dari reservasi hingga pembatalan dapat dilakukan melalui TRACtoGo tanpa harus datang ke kantor cabang TRAC.

Pada aplikasi TRACtoGo juga terdapat petunjuk lokasi akurat atau Pin Point Maps yang bisa kamu gunakan untuk menentukan titik penjemputan dan alamat pengantaran. Tak perlu khawatir, driver professional TRAC akan langsung menjemut serta mengantarkanmu.

Coba deh kamu install dulu aplikasi TRACtoGo dan cek-cek fiturnya, ada fitur TRACtoGo Experience yang menyediakan paket liburan, sewa Electric Vehicle dan layanan menarik lainnya. Bahkan, soal pembayaran pun sangat memudahkan bisa melalu transfer Bank, kartu kredit hingga e-wallet seperti OVO, GoPay, Dana dan LinkAja.

Gak cuma itu, TRACtoGo juga sering banget loh memberikan promo dan diskon jadi sering-sering cek aplikasinya ya. Lumayan banget loh bisa hemat budget akomodasi.

Tetap Patuh Prokes dengan SMART Protocol

Selama beroperasi TRAC senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan SMART Protocol, seperti:

  • Penyemprotan disinfektan semua unit kendaraan sebelum dan setelah digunakan pelanggan.
  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang beroperasi.
  • Menerapkan social distancing dan penyekatan pembatas antara driver dengan penumpang.
  • Driver menjalani pengecekan kesehatan sebelum bertugas.
  • Driver wajib memakai masker dan sarung tangan dan tidak diperkenankan melakukan kontak fisik dengan penumpang.

Nikmati berbagai kemudahan serta promo menarik dari TRAC melalui aplikasi TRACtoGo, download sekarang juga di Playstore dan Appstore.

.

Mengapa Setia Menggunakan TRACtoGo?

Yes, seperti yang saya ceritakan diatas, sejak tahun 2015 saya tetap menggunakan jasa TRAC untuk menyewa kendaraan. Apalagi semakin kesini, pelayanannya semakin baik, seperti:

  • Memiliki akses mudah dan jaringan yang luas

Reservasi ngga perlu ribet harus datang ke kantor. Kamu bisa melakukan reservasi melalui aplikasi dan website. Apalagi jaringan TRAC ini sudah tersebar di lebih dari 18 kota di Indonesia. Luar biasa!

  • Adanya jaminan proteksi dan layanan prima

Setiap penumpang TRAC terlindungi  dengan proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada prima serta professional. Selama pandemic, TRAC juga patuh dengan protokol kesehatan.

  • Dilengkapi dengan teknologi teruji

TRAC memiliki sistem teknologi yang terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan setiap penumpangnya. Bahkan teknologi tersebut juga dapat memberikan informasi kepada TRAC dalam kondisi darurat dengan cepat.

  • Layanan pelanggan 24/7

Jika kamu memiliki kendala atau pertanyaan, tak perlu ragu untuk menghubungi Customer Assistance Center selama 24 jam selama 7 hari di nomor 1500-009 atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor (+62) 811-1177-087 serta melalui email di rco.nasional@trac.astra.co.id.

.

Ada Promo Bulan Ini! 

Gimana happy kan kalau udah ngomongin promo hehe. Jadi di bulan Januari 2022, ada promo cashback sewa bus melalui TRACtoGo dan promo sewa Electric Vehicle. Yuk, langsung cek aja promonya disini https://trac.astra.co.id/promo

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0
Your Cart is empty!

It looks like you haven't added any items to your cart yet.

Browse Products