Beauty,  health,  tips & trick

Penyebab Kelopak Mata Kering, Gatal dan Perih

Setahun yang lalu saya sempat mengalami kulit kelopak mata kering. Awalnya karena saya lagi seneng-senengnya pakai makeup terutama riasan mata. Sayangnya, ngga dibarengi sama ilmunya jadilah muncul efek samping ye kan?!

Jadi, selama sebulan, setiap hari saya menggunakan mascara, eye liner dan sesekali eye shadow. Sudah pasti membersihkannya ya dengan makeup remover atau micellar water supaya mudah terangkat. Salahnya, saya sering ngga sabar dan menggosok area mata dengan kapas.

Besoknya, saya pakai lagi lah riasan mata tanpa mengaplikasikan base apapun. Jadi benar-benar kelopak mata telanjang langsung dipoles makeup.

Beberapa hari kemudian, kelopak mata terasa kering dan gatal. Sesekali iseng, saya garuk dan kucek-kucek karena memang gatalnya mengganggu. Pas pulang kerja, saya cek kembali ternyata benar, kelopak mata saya kering banget dan ada bekas luka akibat digaruk gitu. Asli deh, bikin ngga nyaman banget rasa perih dan gatalnya. Belum lagi, kondisi mata jadi ngga indah karena kelopaknya kering dan terkelupas.

Saya baca beberapa informasi, salah satunya dari Alodokter yang menuliskan, kelopak mata kering disebabkan oleh berkurangnya kelembapan kulit kelopak mata. Penyebabnya bisa karena usia, lingkungan, cuaca serta pemakaian produk skincare seperti pelembab dan tabir surya, makeup, haircare dan produk yang mengandung parfum.

.

Solusi Kelopak Mata Kering

Solusinya saya oleskan minyak zaitun dan minyak kelapa di area kelopak mata, sedikit dan tipis-tipis aja saat menjelang tidur. Hati-hati masuk kedalam mata ya, makanya harus tipis aja pakainya.

Alhamdulilah, kulit kelopak mata berangsur membaik, lembap kembali dan halus lagi. Gatal dan perih pun hilang. Selain itu, saya selektif juga memilih produk makeup remover dan micellar water diarea mata. Saya pun menghindari mencuci wajah dengan air hangat karena bisa memicu iritasi.

Sejak saat itu, saya rutin memakai  eye serum setiap pagi dan malam hari sebelum tidur untuk menjaga kulit di area mata. Saya pun menghindari menarik, menggosok, mengucek mata terlalu keras.

Iritasi kelopak mata ini hanya terjadi sekitar 7-10 hari. In case, kamu punya pengalaman yang sama, tapi terjadi lebih lama dan sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *