health,  Lifestyle

Manfaat Mandi Air hangat untuk Kesehatan Bayi dan Dewasa, Ariston Comfort You

Manfaat mandi air hangat Rutinitas mandi ini jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan ya untuk bayi, mereka suka banget main cipratan air. Tapi seiring bertambah usia bayi biasanya suka ada drama saat hendak diajak mandi. Kabur-kaburan, malah pakai drama nangis histeris, tapi kalau udah nyemplung air justru gak mau berhenti mandi. Ada yang begini juga gak ya?

.

Cerita saya, Drama mandi bersama anak usia 2 tahun

Nafeesa saat ini memasuki usia 2 tahun, tapi justru drama mandinya ini semakin menjadi. Solusi satu-satunya ya harus mandi air hangat terus. Dia baru mau mandi kalau sudah tau air didalam ember bener-bener hangat. Repot? Ya pasti dong Moms, bayangin dong sehari 2 kali mandi, 2 kali juga ngerebus air. Kadang ya, air udah mateng, eh dia malah mogok mandi. Ngerayunya bisa setengah jam, alhasil air dipanci dingin lagi deh.

Dan, ternyata gak cuma saya doang yang mengalami hal tersebut. Hampir semua Mommies merasakan suka dukanya drama mandi ini. Bahkan Momsfluencer Putri Titian pun mengakui perjuangan yang sama saat sharing pada acara Community Gathering minggu kemarin.

.

Community Gathering Mommies Daily With Ariston

Jadi, Sabtu kemarin (15/9) saya menghadiri acara Community Gathering bersama Mommies Daily dan Ariston yang membahas tentang cara merawat kebersihan kulit bayi, salah satunya yaitu dengan menjaga kebiasaan mandi yang tepat untuk si kecil. Disana juga hadir 3 narasumber diantaranya:

  • dr. Srie Prihatini Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV dari Indonesian Pediatric Dermatologist
  • Mr. Jacopo Guazzarotti, Marketing & Project Sales Ariston
  • Ms. Nina Fidyastuti Pratiwi, BM Ariston Thermo Indonesia
  • Momsfluencer Putri Titian

Menurut dr. Srie memandikan anak itu gak cuma asal basah aja lho Moms tetapi juga ada tata caranya. Kenapa? Karena kondisi kulit bayi masih sangat rentan terhadap semua benda yang berhubungan langsung dengannya.

.

Mengapa bayi harus mandi air hangat?

Sebenarnya air hangat atau air dingin sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan bayi. Tinggal melihat sesuai kondisi kesehatan bayi apakah sudah siap mandi air dingin atau justru sebaliknya. Lalu, mengapa bayi harus mandi hangat? Berikut jawaban dari dr. Srie tentang manfaat mandi air hangat untuk bayi.

Pertama, dr. Srie menerangkan bahwa kulit bayi lebih tipis 40-60% dibandingkan kulit orang dewasa sehingga kondisi lingkungan seperti air, udara dan kondisi sekitar yang basah, lembab, kering dan kotor membuatnya rentan terkena infeksi, iritasi dan alergi. Jika hal tersebut tidak diperhatikan dengan seksama tentu saja akan menimbulkan risiko kerusakan kulit.

Kedua, salah satu langkah untuk menjaga kondisi kulit bayi tetap sehat yaitu dengan menjaga kebersihan kulitnya dengan cara mandi teratur. Air hangat menjadi salah satu pilihan para Mommies karena menurut dr. Srie baby new born cenderung belum stabil suhu tubuhnya. Dengan memandikannya menggunakan air hangat membantu suhu tubuhnya tetap stabil dan tidak membuatnya kedinginan.

Ketiga, memandikan bayi dengan air hangat membuatnya lebih relaks. Terbukti, setelah mandi air hangat biasanya bayi akan tidur lebih lelap.

.

Perawatan Kulit Bayi yang Tidak Boleh Terlewatkan

dr. Srie menjelaskan bahwa kulit berfungsi untuk menjaga suhu tubuh sehingga perawatan kulit pada bayi bertujuan untuk mempertahankan fungsi utama kulit tersebut serta agar kulit si kecil menjadi lebih sehat dan mencegah datangnya iritasi.

Duh, saya juga pernah merasakan sedihnya saat Nafeesa terkena ruam. Gangguan kulit memang terlihat biasa dan seperti tidak membahayakan gitu ya, padahal ruam pada kulit membuat anak gak nyaman lho Moms, jadi rewel, gelisah bahkan gak mau makan.

Menurut dr. Srie, perawatan kulit bayi paling sederhana yang bisa kita lakukan setiap hari yaitu mulai dari:

  • Membersihkan badan, rambut dan kulit kepala bayi dengan rutin.
  • Melembabkan kulit bayi dengan memakaikan pelembab khusus bayi.
  • Melindungi kulit bayi dengan sun protection saat beraktifitas di luar ruangan serta mengguakan diaper rash cream untuk mencegah ruam popok.

.

Cara Memandikan Bayi yang Benar

  1. Mandikan bayi sesuai suhu tubuh yaitu sekitar 36-37°C dan harus diukur dengan tepat jangan kepanasan ya.
  2. Jangan terlalu lama memandikan bayi, maksimal 10 menit.
  3. Tidak menggosok badan bayi dengan kasar.
  4. Hati-hati air masuk kedalam lubang hidung, mulut dan telinga bayi.
  5. Segera hangatkan bayi setelah selesai mandi agar ia tidak menggigil.

.

Manfaat Mandi Air Hangat bagi Orang Dewasa

Air Hangat menjadi Kebutuhan Masyarakat Indonesia

Saya setuju sih dengan hasil penelitian yang dilakukan Ariston bersama Nielsen yang menunjukan bahwa penggunaan air panas merupakan suatu hal yang menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia. Karena saya sendiri mengandalkan air hangat untuk mandi, terutama saat pulang malam.

Menurut beberapa jurnal, mandi air dingin pada malam hari kurang baik untuk kesehatan apalagi kalau kondisi badan sudah lelah ya jadi saya lebih memilih mandi air hangat. Selain itu ternyata manfaat mandi air hangat untuk orang dewasa juga banyak lho, seperti:

  • Membantu meredakan stress dan mengatasi insomnia. Mandi air hangat juga bisa membuat tubuh kita lebih rileks jadi kita bisa berisitrahat dan tidur dengan nyenyak.
  • Manfaat mandi air hangat juga mampu membunuh lebih banyak kuman dan bakteri serta membersihkan minyak dan kotoran lebih optimal.
  • Dapat meredakan nyeri otot sepeti pegal-pegal setelah beraktifitas seharian.
  • Uap air hangat saat mandi dapat meredakan gejala pilek.

Water Heater VS Rebus Air

Tapi ya, memang lumayan repot. Lagi enak-enak tidur, suami pulang lembur jam 11 malam. Kasian dong kalau mandi air dingin. Mau gak mau, tetep harus bangun, rebus air buat suami mandi.

Sempet kepikiran, enak kali ya kalau punya water heater sendiri. Gak perlu repot rebus air berkali-kali, tinggal ambil handuk terus mandi deh. Tapi, namanya ibu-ibu, banyak banget perhitungannya. Takut bayar listriknya mahal. Belum lagi daya listrik di rumah kecil, kalau gak kuat, nanti bisa turun terus listriknya, malah gak kepake si water heater-nya deh.

Sampai akhirnya, keinginan memiliki water heater muncul kembali setelah menghadiri acara Community Gathering minggu lalu. Karena ternyata ada produk water heater yang bisa menjawab keresahan saya diatas. Produknya awet, bisa dipakai di rumah dengan daya listrik yang kecil, ada anti karat dan anti bakteri-nya (cocok untuk bayi) dan gak bikin bayar listrik membengkak. Produk water heater dari brand yang sudah terkenal banget dan terbukti kredibilitasnya yaitu water heater Ariston.

.

Tentang Ariston

Jadi Moms, Ariston adalah market leader electric water heater atau pemanas air di dunia yang menjual 7 juta produk setiap tahunnya. Ariston berasal dari Italia dan sudah lebih dari 85 tahun konsisten dengan produk water heaternya. Desain dari water heaterya pun mengikuti gaya khas Italia, yang tak hanya modern namun juga berteknologi tinggi. Ariston juga sudah hadir di 185 negara di dunia. Dan Ariston sendiri sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1974 dengan pilihan produk TERLENGKAP serta masyhur dengan produk yg awet alias tahan lama pemakaiannya ya.

.

3 Alasan Kenapa Moms Harus Memilih Ariston Water Heater

Menangkap pemaparan yang disampaikan oleh Mr. Jacopo, ada 3 keunggulan utama Ariston water heater yang juga diakui oleh Moms Putri Titian yang sudah menggunakan Ariston water heater bahkan saat ia masik gadis.

1. Durability (Ketahanan Produk)

  • Memiliki perlindungan anti karat kelas internasional dengan tangki berlapis Titanium Enamel.
  • Memiliki teknologi unggulan dengan kualitas lebih baik dari flange dan gasket pencegah kebocoran.
  • Heating element berbahan terbaik yang lebih fleksibel, tahan lama dan tahan karat.

.

2.Safety (Keamanan Penggunaan)

  • Jaminan kualitas produksi sendiri yang dilengkapi dengan teknologi keamanan sesuai standar internasional.
  • Memiliki teknologi pencegah bahaya arus bocor dengan ELCB.
  • Mampu mengukur suhu lebih akurat dan melindungi dari kemungkinan over heating oleh thermostat aksi ganda.
  • Perlindungan dari kebocoran akibat tekanan tinggi oleh safety valve yang berfungsi untuk mencegah tangki kosong.

.

3.Comfort (Kenyamanan)

  • Hemat energi, hemat listrik.
  • Dengan teknologi panas terbaik membuat air lebih cepat panas.
  • Insulasi tebal sehingga menjaga suhu air tidak mudah turun.
  • Tampilan dan penggunaan yang mudah.

.

Varian Produk Ariston Water Heater

Ariston sebagai World Class water Heater memang sudah diakui banyak orang ya. Bahkan saat gathering kemarin, sudah banyak Mommies yang pakai Ariston water heater di rumahnya. Nah, berikut ini varian produk Ariston water heater berdasarkan kapasitas:

1.Kapasitas 10 L – 30 L
a. Ariston Slim 20 dan Slim 30DL
produk ini termasuk produk pemanas pertama di Indonesia yang menawarkan daya listrik rendah (350 watt) sehingga memungkinkan penggunaannya dapat bersamaan dengan alat elektronik lain seperti AC, TV, microwave dll.

Keunggulan Slim 20 dan Slim 30 DL

  • Mudah dalam perawatan
  • Memiliki indikator air panas tersedia.
  • Desain horisontal yang modern dan hemat ruang.
  • Garansi 10 tahun kebocoran tangki dan kerusakan elemen pemanas.
  • Desain produk yang mudah dan cepat untuk dilakukan pemasangan.
  • Daya tahan ekstra dan umur pakai panjang.
  • Desain elegan serta aksesoris dengan kualitas terbaik.
  • Menggunakan lapisan Titanium Enamel untuk proteksi yang lebih baik.

.

Manfaat tambahan produk Slim 30 DL, seperti:

  • Memiliki lampu LED ganda menyala yang menandakan temperatur yang diinginkan telah tercapai pada masing-masing tangki.
  • Time saving, kapasitas 30 liter dibagi menjadi 2 bagian tangki, masing-masing yaitu 15 liter untuk mendapatkan panas yang efisien.

.
b. Ariston Andris Lux, Andris RS, Andris R

Ariston juga memiliki produk Electric Storage Water Heater yaitu Andris Lux, yang masih termasuk dalam rangkaian Andris Series sebelumnya (Andris RS dan R).

Keunggulan Produk Andris Series

  • Tersedia banyak pilihan kapasitas yaitu 10 L, 15 L dan 30 L.
  • Lebih tahan lama dengan elemen pemanas terbaru.
  • Dilengkapi dengan perangkat ELCB.
  • Thermostat tipe TBS-R yang lebih akurat.
  • Andris Lux memiliki garansi 10 tahun kebocoran tangki dan kerusakan elemen pemanas. Sementara Andris RS memiliki garansi yang sama selama 7 tahun dan Andris R selama 5 tahun.
  • Memiliki indikator pemanas tersedia (Andris RS).
  • Menggunakan lapisan Titanium Enamel untuk proteksi yang lebih baik.

Khusus untuk Andris Lux, produk ini didatangkan langsung dari Italia dengan standar keamanan Internasional. Produk ini juga memiliki teknologi flexomix yang membuat tempearatur yang keluar dari water heater tetap stabil karena air dingin yang masuk tidak langsung tercampur dengan air panas.

.

c. Ariston Andris AG+

Produk ini cocok banget untuk Mommies yang punya bayi dan anak-anak di rumah karena dilengkapi dengan teknologi AG+ yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri seperti E.Coli, Salmonella dan jamur pada tangki pemanas air hingga 80%. Sehingga air akan tetap bersih, bebas penyakit. Apalagi kondisi air di perkotaan besar seperti Jakarta sudah banyak tercemar polusi sehingga produk berteknologi AG+ ini dibutuhkan sekali ya.

.

Tempat Pembelian Ariston Water Heater

Mommies dapat membeli produk Ariston water heater di toko retail modern seperti Depo Bangunan, Mitra 10, Ace Hardware, Hartono dan BJ Home.

.

Tips Membeli Ariston Water Heater

Di penghujung pertemuan kami, Ms. Nina turut memberikan tips dan saran kepada para Mommies yang akan membeli Water Heater. Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum membeli water heater:

  1. Jumlah penghuni. Sampaikan jumlah penghuni karena jumlah orang yang menggunakan water heater akan menentukan kapasitas tangki. Idealnya kapasitas 15 liter cukup untuk 2 orang.
  2. Daya Listrik. Pilihlah water heater yang sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah. Ariston berkapasitas 10, 15 dan 30 liter dapat digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik hanya 350 watt saja.
  3. Kemanan dan perawatan produk. Jangan salah pilih produk pemanas yang mudah rusak dan berkarat apalagi ada kesalahan pengaturan suhu air, bisa berbahaya ya Moms. Beruntungnya Ariston memiliki kemanan berstandar internasonal yang terbukti kredibilitasnya. After salesnya pun bagus, layanan service dan perawatannya pun mudah.

Mommies demikianlah curhat saya soal kerepotan menyiapkan air hangat untuk mandi dengan bayi 2 tahun. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya ya. Termasuk soal mengatasi kerepotan saya merebus air tengah malam untuk mandi suami. Semangat nabung lagi ah, buat beli Ariston. Ternyata pemakaian water heater gak se-seram yang dibayangkan. Yang pasti bayar listrik aman. Semoga informasi tentang manfaat mandi air hangat ini bermanfaat ya. Informasi lebih lengkap bisa mengunjungi website Ariston di www.ariston.com

Baca juga : Urutan mandi yang benar agar tubuh lebih sehat dan bersih

manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat

42 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *