health,  Lifestyle,  parenting

PERANAN PROBIOTIK UNTUK GANGGUAN SALURAN CERNA

SELAMATKAN ANAK INDONESIA DARI ANCAMAN DIARE YANG MEMATIKAN BERSAMA INTERLAC PROBIOTICS
Moms, Apakah si kecil mengalami masalah perncernaan yang sangat mengganggu? Khawatir ya Moms rasanya jika si kecil terkena diare atau gak tega juga rasanya melihat si kecil kesulitan saat buang air besar, bahkan sampai menangis dan berkeringat saat mengejan. Moms, gangguan saluran cerna mudah sekali menyerang keluarga Indonesia, biasanya faktor penyebabnya karena kebiasaan makan yang buruk, tidak higienis, stress maupun pemakaian obat secara berlebihan.
 


RESEARCH & SURVEY

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diare sering menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) seperti yang terjadi pada tahun 2010, terjadi KLB diare di 33 kecamatan dengan jumlah penderita 4204 dengan kematian 73 orang.
Hasil dari Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT), Studi Mortalitas dan Riset Kesehatan Dasar diketahui bahwa diare merupakan penyebab utama kematian balita di Indonesia. Bayi yang berusia kurang dari 2 tahun cenderung mudah terserang diare lebih dari 3 kali dalam setahun. Sehingga perlu adanya edukasi untuk keluarga Indonesia tentang diare dan tata laksana yang tepat untuk menurunkan angka kematian akibat dehidrasi diare tersebut.

MACAM-MACAM GANGGUAN PENCERNAAN

1. Diare 

  • Pengertian. Frekuensi BAB meningkat dibanding biasanya lebih dari 3 kali per hari dengan atau tanpa lendir atau darah.
  • Gejala. Sering buang air besar dalam waktu dekat, feses lebih lunak dan cair
  • Penyebab. Adanya infeksi virus, parasite, bakteri atau terjadi karena keracunan
  • Tata laksana. Rehidrasi oral, Diet, Zinc, Antibiotik dan Probiotik
2. Konstipasi 

  • Pengertian. Frekuensi BAB berkurang daripada biasanya dikarenakan feses tertahan di usus besar dalam waktu cukup lama sehingga pasien sulit untuk mengeluarkan tinja.
  • Gejala. Sulit buang air besar, feses lebih keras dan besar.
  • Penyebab: Pola makan dan minum yang tidak sehat.
  • Tata laksana. Obat supositoria (obat yang dimasukkan lewat anus), Memperhatikan pola makan dan minum dan
    Diberikan Probiotik

3. Kolik 
  • Pengertian. Bayi menangis terus-menerus secara berlebihan, setidaknya 3 jam per hari, 3 hari per minggu tanpa sebab yang jelas. Kolik infantile terjadi pada bayi usia 2 minggu – 4 bulan atau dikenal dengan istilah syndrome 4 bulan.
  • Gejala. Bayi menangis lebih dari 3 jam per hari, 3 hari per minggu, sulit dibujuk dan diredakan tangisannya, dan sering terjadi di malam hari menjelang tidur.
  • Penyebab. Tidak diketahui penyebab yang jelas, diduga bayi mengalami gangguan saluran cerna akibat alergi protein susu sapi
4. Gumoh 
  • Pengertian. Muntah ringan pada bayi yang mengeluarkan sedikit isi lambung.
  • Gejala. Biasanya dibarengi dengan perut kembung, cairan yang keluar hanya sedikit
  • Penyebab. system pencernaan yangbelum matang, sehingga membuat isi perut mengalir kembali ke kerongkongan, terdapat alergi pada susu sapi
  • Tata laksana. Jika gumoh terjadi pada saat bayi posisi terlentang atau tidur, segera miringkan badan dan kepalanya. Jika gumoh terjadi saat bayi digendong dengan posisi tegak, bungkukan badan bayi kedepan sedikit.

TIPS MENJAGA KESEHATAN SALURAN CERNA

1. Konsumsi serat
Mengkonsumsi makanan tinggi serat sangat berpengaruh terhadap kesehatan saluran cerna. Serat berfungsi untuk memudahkan makanan bergerak melewati saluran pencernaan sehingga mengurangi resiko sembelit, wasir dan sindrom iritasi usus besar. Makanan tinggi serat diantaranya seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan buah.

2. Batasi makanan yang banyak mengandung lemak
Makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda rentan mengalami sembelit.

3. Makan teratur sesuai jadwal 
Makan yang teratur juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna Anda, karena makanan tidak menumpuk dalam satu waktu. Makan teratur juga membuat kita terhindar dari maag dan masalah pencernaan lainnya.

4. Cukup asupan cairan 
Minumlah air mineral sedikitnya 2 liter per hari. Air berfungsi untuk melarutkan lemak dan serat dalam saluran cerna serta memudahkan makanan untuk bergerak melaluinya.

5. Menambahkan probiotik 
Probiotik adalah bakteri sehat alami yang hidup dalam saluran pencernaan, membantu menjaga tubuh tetap sehat dengan cara mencegah efek dari pola makan yang buruk, antibiotik, dan stres. Probiotik juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, memperkuat sistem imunitas dan melancarkan saluran pencernaan. 

Moms, penting sekali menjaga kesehatan saluran cerna mengingat bahwa 80% dari sistem imun manusia terletak di saluran cerna yang juga merupakan organ terbesar di dalam tubuh manusia. Jika diuraikan, saluran cerna manusia ternyata mencapai luas 300 m2. sama halnya dengan si kecil, melindungi saluran cerna si kecil berarti Anda telah menjaga system imunitasnya. Oleh karena itu, para pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen probiotik yang teruji secara klinis untuk menjaga dan melindungi saluran cerna.

WHO mendefinisikan probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya. Bakteri yang memenuhi syarat Probiotik diantaranya yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium. Berikut ini adalah syarat probiotik yang baik menurut WHO:

     –   Berasal dari manusia
     –   Dapat bertahan hidup di saluran cerna
     –   Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
     –   Menghasilkan zat antimikroba
     –   Mampu melawan bakteri jahat
     –   Terdokumentasi penelitian klinis yang baik
     –   Jumlahnya harus cukup 107 – 1012
     –   Menguntungkan bagi kesehatan tubuh
     –   Tidak berubah menjadi pathogen
     –   Telah dibuktikan melalui uji klinik hingga level strain

Banyak merek yang menyediakan produk probiotik yang dikemas dalam bentuk dan varian yang berbeda, seperti dalam bentuk serbuk, tablet, minuman, snack dan lainnya. Namun seringkali konsumen keliru dalam memilih suplemen pencernaan yang tepat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. Suplemen pencernaan sendiri sering ditemukan dalam bentuk yoghurt namun sebagai orang tua yang cerdas, pilihlah probiotik berdasarkan kandungan dan komposisinya serta telah teruji secara klinis hingga level strain dan tidak memiliki efek samping, salah satunya yaitu Interlac Probiotics.

BLOGGER GATHERING INTERLAC PROBIOTICS:
HEALTHY TUMMY HAPPY BABY

Menjawab kekhawatiran para orang tua akan penyakit diare yang banyak menyerang bayi dan balita, INTERLAC Probiotics menggelar event bersama para mama dengan tujuan untuk mengedukasi para orang tua pentingnya menjaga kesehatan pencernaan yang merupakan bagian penting untuk menjaga daya tahan tubuh keluarga terutama si kecil, yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 September 2017 di Playground Restaurant, Jakarta.

dr. Intan Diana Sari

Event tersebut berlangsung menarik dan informatif dengan talkshow tentang “Peranan Probiotik Untuk Gangguan Saluran Cerna” yang disampaikan oleh dr. Intan Diana Sari sebagai Head of Medical PT. Interbat. “Probiotics itu bukan obat, melainkan suplemen makananan yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan,” tegasnya.
Bpk. Muhamad Nurhadi
Kemudian, disambung oleh pemaparan lebih mendalam seputar INTERLAC Probiotics oleh Bapak Muhamad Nurhadi selaku Brand Manager INTERLAC, yang akan saya uraikan lebih lanjut dibawah ya Moms. 

Audience juga diberi kesempatan untuk bertanya atau berkonsultasi perihal penyakit diare yang pernah dialami oleh si kecil. Saya pun berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait diare yang pernah Nafeesa Ali alami. Diakhir acara, Blogger Gathering with INTERLAC Probiotics ditutup dengan foto bersama blogger dan team dari INTERLAC.

APA ITU INTERLAC PROBIOTICS ???


INTERLAC adalah produk lisensi dari BioGaia, Swedia, yang merupakan salah satu pelopor probiotik di dunia. Dari sekian banyak probiotik yang diteliti, yang paling signifikan manfaat dan kelebihannya yaitu strain Lactobacillus reutri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi asal Swedia yang populer sebagai World Leader in Probiotics.


Melalui kerjasama BioGaia dengan PT Interbat, kemudian munculan produk INTERLAC Probiotics yang dipasarkan di Indonesia sebagai satu-satunya produk suplemen probiotik yang mengandung Lactobacillus reutri Protectis di Indonesia yang aman dan tanpa efek samping untuk dikonsumsi setiap hari.


Sesuai dengan namanya, INTERLAC Probiotics termasuk dalam probiotik yang aman dikonsumsi oleh bayi hingga orang dewasa. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna yaitu dengan mengkonsumsi probiotik untuk mencegah dan melawan bakteri jahat yang berkembang biak di saluran cerna sehingga dengan mengkonsumsi probiotik dapat menurunkan resiko terjangkitnya penyakit diare. It means, dengan mengkonsumsi INTERLAC Probiotics secara teratur kita sudah melindungi organ terpenting dalam tubuh kita, yaitu saluran cerna.
Menurut WHO, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika diberikan secara adequat atau dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan untuk penggunanya. Berangkat dari anjuran WHO, INTERLAC Probiotics kemudian melewati banyak uji klinis sehingga diakui kemanannya oleh ahli kesehatan di kalangan medis di lebih dari 90 negara sebagai Live and True Probiotic, dan kini INTERLAC Probiotics hadir di Indonesia untuk membantu melindungi kesehatan keluarga Anda dengan bentuk dan varian rasa yang berbeda setiap segmen usianya.

VARIAN DAN DOSIS INTERLAC PROBIOTICS YANG DIREKOMENDASIKAN

INTERLAC Oral Drops 5 mL (Bayi 0-12 Bulan)

Satu-satunya probiotik dengan sediaan tetes di Indonesia yang memberikan kemudahan pemberian untuk bayi baru lahir maupun bayi lahir premature. Dapat dicampur dengan minuman dan makanan, asalkan tidak panas.
Aturan pakai:

–  5 tetes, 1X sehari atau sesuai anjuran dokter.
–  Kocok dengan baik sebelum digunakan.
–  Berikan ke mulut bayi perlahan, posisi botol ± 45°.
–  Rasa netral untuk bayi dan anak.
1 botol berisi 5 mL= 125 tetes  (selama 25 hari).

Cara penyimpanan:
   –   Sebelum dibuka stabil selama 18 bulan.
   –   Setelah dibuka stabil selama 3 bulan.
Rekomendasi HET (termasuk PPN): Rp 302.500 per botol


INTERLAC Serbuk Sachet (Anak 0-3 Tahun)

Umumnya anak-anak di usia ini masih agak sulit untuk menelan suplemen dalam bentuk tablet, sehingga INTERLAC Probiotics hadir dalam varian serbuk sachet. Dapat dicampurkan dengan ASI dan susu formula, asalkan tidak panas.


Aturan pakai:

   –   1 sachet, 1X sehari atau sesuai anjuran dokter.
   –   Larutkan dalam sedikit air.
   –   Gunakan sendok agar lebih mudah.
   –   Dapat dicampur makanan dan minuman.
   –   Rasa netral untuk bayi dan anak.
   –   1 box = 30 sachet.

Cara penyimpanan: Simpan dibawah suhu 25°C.

Rekomendasi HET (termasuk PPN):
   –   Rp 360.000 per box
   –   Rp 12.000 per sachet



INTERLAC Tablet Kunyah (Anak Dan Dewasa, Usia > 4 Tahun)

INTERLAC Probiotics tablet kunyah hadir dalam 2 rasa, yaitu rasa strawberry dan lemon yang segar.

Aturan pakai:

 – 1 tablet , 1X sehari atau sesuai anjuran dokter.
 – Tablet kunyah dengan rasa strawberry dan lemon. 
 – Cocok untuk anak diatas 4 tahun dan dewasa. 
 – 1 kotak berisi 3 strip @10 tablet kunyah, jadi total     berisi 30 tablet kunyah.
Cara penyimpanan: Simpan dibawah suhu 25°C.

Rekomendasi HET (termasuk PPN):
   –   Rp 330.000 per box
   –   Rp 11.000 per tablet


DURASI PEMAKAIAN KHUSUS SAAT MENDERITA SAKIT TERTENTU
Bayi (0-3 tahun)

   –   Interlac Drops        : 1 x 5 tetes per hari
   –   Interlac Sachet       : 1 sachet per hari
   –   Diare                     : 5 hari pemakaian
   –   Konstipasi              : 2 minggu pemakaian
   –   Gumoh                  : 4 minggu pemakaian
   –   Kolik                      : 3 minggu pemakaian
   –   Imunitas                : pemakaian jangka panjang

Anak Dan Dewasa (diatas 3 tahun)
   –   Interlac Tablet Kunyah            : 1 tablet per hari
   –   Diare                                     : 5 hari pemakaian
   –   Konstipasikronis pada dewasa  : 1 bulan pemakaian
   –   Menaikan system imun            : Pemakaian jangka panjang
   –   Pendamping konsumsi antibiotik
Kenapa dosis INTERLAC untuk anak-anak dan dewasa sama?
Bukankah seharusnya dosis lebih tinggi untuk dewasa?

INTERLAC adalah probiotik hidup, bukan obat kimia yang penyebarannya di darah ditentukan oleh berat badan tubuh atau volume darah dalam tubuh. Sebaliknya, dengan dosis 1x sehari probiotik INTERLAC mampu masuk ke saluran cerna, bertumbuh dan berkolonisasi sehingga memberikan manfaat kesehatan. Melalui uji klinis, BioGaia mendapatkan bahwa dosis efektif untuk anak dan dewasa adalah sama, yaitu 100 juta probiotik L. reuteri Protectis yang setara dengan 5 tetes, 1 sachet atau 1 tablet INTERLAC. www.INTERLAC-probiotics.com


MEKANISME KERJA PROBIOTIK
  –  Menempel pada dinding usus
  –  Kompetisi nutrisi dengan bakteri patogen
  –  Berkolonisasi (berkembangbiak) di saluran cerna
  –  Merusak reseptor yang ada pada bakteri patogen
  –  Meningkatkan imunitas (80% sistem imun ada di usus)

MANFAAT INTERLAC PROBIOTICS

KEAMANAN INTERLAC PROBIOTICS UNTUK DIKONSUMSI SETIAP HARI

INTERLAC Probiotics yang mengandung Lactobacillus reutri Protectis sudah teruji pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis, INTERLAC Probiotics terbukti aman dikonsumsi disegala usia. Oleh karena itu, FDA Amerika Serikat menganugerahi predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) yang merupakan sertifikat keamanan tertinggi untuk suplemen makanan kepada INTERLAC Probiotics. Profil keamanan tersebut membuat INTERLAC Probiotics dipilih dokter di lebih dari 90 negara, bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur.

Formulanya yang tidak mengandung laktosa juga membuat INTERLAC Probiotics ini aman dikonsumsi untuk bayi sejak hari pertama kelahirannya, termasuk bayi yang lactose-intolerant.

INTERLAC Probiotics aman dikonsumsi oleh:

  –  Bayi Prematur
  –  Bayi New Born
  –  Bayi dan Ank-anak
  –  Remaja
  –  Dewasa
  –  Lansia
  –  Ibu hamil
  –  Pasien dengan gangguan imun, HIV, Immunicimpromised dan kanker

INTERLAC PROBIOTICS UNGGUL MENGATASI DIARE

Bicara soal kesehatan pencernaan memang erat kaitannya dengan penyakit diare. Asosiasi Dokter Anak (ESPGHAN) merekomendasikan penggunaan Interlac Probiotics untuk terapi diare pada anak dan bayi, dengan kelebihan sebagai berikut:

  • Efektif Menyembuhkan Diare. Siapa sih yang tidak takut saat si kecil terserang diare, meskipun terlihat biasa namun penyakit yang satu ini banyaK merenggut nyawa. Pemberian Interlac Probiotics pada si kecil yang sedang terserang diare memberikan efek penyembuhan yang lebih cepat. Dr. Intan Diana menerangkan bahwa pemberian Interlac Probiotics terbukti kloinis mempercepat penyembuhan diare yaitu sekitar 19-32 jam lebih cepat dari probiotik lain. 
  • Mengurangi Frekuensi Diare. Dibandingkan dengan group plasebo, pasien diare yang mengkonsumsi Interlac mengalami pengurangan frekuensi diare yang signifikan (1.9 kali di group Interlac dan 3.4 kali di group plasebo). 
  • Mengurangi Resiko Terkena Diare. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, penggunaan Interlac lebih awal juga memiliki manfaat yang jauh lebih banyak, seperti mengurangi resiko terkena diare dan demam. Hal tersebut ditunjukan dalam uji klinis selama 12 minggu pada 201 bayi, pemberian Interlac ini efektif menurunkan angka kejadian diare sebesar 74.6% dan mengurangi terjangkitnya demam pada anak sebesar 79.5% dibandingkan plasebo. 

MENGAPA HARUS INTERLAC PROBIOTICS ???

Interlac Probiotik merupak suplemen yang telah teruji klinis manfaat dan keamanannya untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah keunggulan Interlac Probiotik, diantaranya: 

  1. Satu-satunya suplemen makanan yang mengandung probiotik Lactobacillus reutri Protectis di Indonesia, yang telah teruji klinis dan digunakan di lebih dari 90 negara. 
  2. Satu-satunya probiotik di Indonesia yang hadir dengan varian oral drops untuk memudahkan dalam pemberian pada bayi dan anak. 
  3. Produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang populer sebagai World Leader in Probiotics. 
  4. Hadir dalam banyak varian lengkap untuk bayi, anak dan dewasa. 
  5. Aman dikonsumsi di segala usia bahkan untuk bayi lahir premature, bayi baru lahir, penderita HIV dan kanker. 
  6. Bebas kandungan laktosa. 
  7. Praktis dan ekonomis, cukup dikonsumsi 1X sehari.
  8. INTERLAC Probiotics dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan dan minuman, asalkan tidak panas. 
  9. INTERLAC Probiotics serbuk dapat dicampur dengan ASI dan susu formula, asalkan tidak panas. 
  10. Mudah didapatkan di toko obat, apotek dan secara online. 
  11. Efektif sebagai terapi pencegahan diare. 
  12. Efektif menjaga kesehatan saluran pencernaan. 
  13. Efektif menjaga daya tahan tubuh. 
QUESTIONS AND ANSWERS

Pada anak penderita diare, Apakah INTERLAC Probiotics dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat dari dokter?
INTERLAC Probiotics dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat diare yang diberikan dokter bahkan dalam kondisi masih diare sekalipun dan penggunaan diberikan berlanjut setelah sembuh dari diare. INTERLAC Probitics pun dapat ditabur pada makanan dan minuman.

Ada kasus dimana anak sedang sakit demam, namun setelah diberikan obat penurun demand an antibiotic justru malah muncul diare, apakah masih boleh diberikan INTERLAC?
Tentu saja masih boleh diberikan, pada beberapa kasus memang fungsi antibiotic yaitu untuk membunuh bakteri jahat, namun ada antibiotic juga diindikasi dapat membunuh bakteri baik dalam tubuh sehingga muncullah diare karena bakteri baik dalam saluran cerna ikut terbunuh. Keunggulan lainnya dari INTERLAC Probiotics yaitu dapat mengatasi hal tersebut sehingga mengurangi resiko diare karena INTERLAC Probiotics membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna.

Apakah INTERLAC probiotics aman dikonsumsi oleh anak yang memiliki alergi terhadap obat?
INTERLAC telah teruji di lebih dari 13.000 individu pada 160 uji klinis dan terbukti aman tanpa efek samping, apalagi INTERLAC Probiotics bukanlah obat melainkan suplemen makanan, sehingga seharusnya aman dikonsumsi pada anak penderita alergi obat. Produk INTERLAC sama sekali tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi. INTERLAC sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman dikonsumsi bagi yang lactose-intolerant.

DAPATKAN INTERLAC PROBIOTICS DISINI 

  • Guardian 
  • Apotek Terdekat 
  • Halodoc 
  • Go-Med Apps 
  • Lazada

Untuk Anda yang memiliki pertanyaan atau berkonsultasi seputar produk INTERLAC Probiotics bisa langsung mengunjungi website dan social media INTERLAC Probiotics dibawah ini:

   –  Website : www.INTERLAC-probiotics.com

   –  Instagram : @interlacprobiotics
   –  Facebook  : @interlacprobiotics



KESIMPULAN

Jika ingin mendapatkan saluran cerna yang sehat dan imunitas yang baik gunakan Interlac Probiotik , karena:

  • Interlac Probiotik mampu menjaga keseimbangan mikroflora saluran cerna untuk tetap sehat,
  • Interlac Probiotik sesuai kriteria WHO, yaitu sampai level strain,
  • Interlac Probiotik juga terbukti bermanfaat dan aman dari hasil uji klinik,
  • Interlac Probiotik terbukti banyak dianjurkan oleh dokter di Indonesia.


Reference:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!