lStep by Step Mendapatkan Karyawan Potensial
Lifestyle,  tips & trick

Step by Step Mendapatkan Karyawan Potensial

Mencari karyawan yang memiliki potensi skill yang baik memang merupakan salah satu pekerjaan yang tidak mudah. Proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan karyawan dengan potensi tinggi ini cukup lama dan melalui berbagai proses yang cukup melelahkan, terutama untuk manajemen HR. Sebenarnya setiap perusahaan memiliki kriteria karyawan potensial mereka sendiri. Kriteria dari karyawan potensial ini memang berbeda di setiap perusahaan, namun sebenarnya memiliki garis besar yang sama.

Step by Step Mendapatkan Karyawan Potensial

Sebelum berbicara mengenai cara mendapatkan karyawan yang potensial sebaiknya kita melihat terlebih dahulu seperti apa garis besar kriteria karyawan potensial.

Kriteria Karyawan Potensial

Berikut ini adalah sebuah garis besar kriteria seorang karyawan yang memiliki potensi untuk perusahaan anda.

  • Komunikasi: Memiliki skill komunikasi yang baik adalah kriteria karyawan potensial. Di dalam sebuah perusahaan komunikasi sangatlah dibutuhkan. Skill komunikasi yang baik akan membuat karyawan tersebut beradaptasi dengan cepat dan mampu bekerja sama dengan tim dengan cepat.
  • Inisiatif: Inisiatif tinggi juga bisa menandakan kriteria karyawan yang potensial. Seorang karyawan yang baik tentunya memiliki insiatif yang tinggi, dengan memiliki inisiatif tinggi seorang karyawan akan bisa melakukan banyak hal dalam hal penyelesaian pekerjaan yang diberikan.
  • Attitude: Jelas attitude bisa dijadikan sebagai kriteria dari seorang karyawan potensial. Attitude merupakan softskill yang membutuhkan waktu lama untuk membangunnya.
  • Budaya perusahaan: Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda – beda, seorang karyawan yang memiliki kepribadian sesuai dengan budaya perusahaan, dirasa memiliki potensi yang bagus bagi perusahaan.

Baca juga : Masih kuliah sudah punya penghasilan? 4 ide bisnis ini bisa kamu coba!

Kriteria karyawan potensial di atas secara garis besar merupakan kriteria seorang karyawan potensial. Dengan memperhatikan hal tersebut anda bisa mendapatkan karyawan terbaik untuk anda. Berikutnya adalah langkah – langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan karyawan potensial.

1.    Menganalisa Kebutuhan Perusahaan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganalisa kebutuhan yang ada di sebuah perusahaan. Posisi apa yang paling dibutuhkan, apakah tidak ada karyawan di dalam perusahaan yang bisa menduduki posisi tersebut, dan apakah perlu merekrut talent baru. Hal ini dilakukan agar meminimalisir kesalahan saat melakukan perekrutan.

.

2.    Menyebar Posisi Yang Dibutukan

Langkah kedua adalah menyebar lowongan melalui berbagai media yang ada, bisa dari website resmi ataupun berbagai layanan penyedia lowongan pekerjaan yang ada. Dalam proses penyebaran lowongan ini juga memperlihatkan ekspektasi apa yang dicari oleh perusahaan dengan menuliskan persyaratan dan juga skill yang perusahaan butuhkan.

.

3.    Melakukan Proses Rekrutmen

Bisa menggunakan berbagai cara seperti interview, psikotest, tes kemampuan yang berhubungan dengan posisi yang dibutuhkan dan juga lain sebagainya. Proses ini dilakukan dalam beberapa tahap sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan, sehingga menghasilkan beberapa kandidat yang mulai terlihat.

.

4.    Lakukan Probation dan Training

Training dan probation ini sangat berguna untuk mengetahui berbagai kebiasaan kandidat saat bekerja. Soft skill yang mereka miliki akan sangat berpengaruh pada tahap ini, sehingga akan menentukan karyawan tersebut bisa menjadi karyawan potensial atau tidak. Setelah penilaian dari proses probation ini barulah anda bisa menilai apakah layak untuk dijadikan karyawan potensial atau tidak.

.

Rekrutmen Mudah Dengan Menggunakan Software Rekrutmen LinovHR

Untuk mempermudah semua proses ini ada sebuah solusi yang sangat efektif dan efisien, yaitu menggunakan sebuah software rekrutmen dari LinovHR. Dengan menggunakan software ini Proses rekrutmen menjadi lebih mudah serta akan menghemat waktu dan juga energi untuk mendapatkan karyawan yang potensial.

Software ini bisa mengelola semua kandidat yang karyawan dengan sangat mudah, dari mulai proses pembukaan lowongan hingga ke dalam proses training dan probation dirangkum dan dimudahkan dengan software LinovHR ini.

Ada banyak fitur yang dapat anda manfaatkan di Software Rekrutmen LinovHR untuk mendapatkan karyawan potensial seperti : Fitur Manpower Planing Request yang dapat digunakan oleh manajemen untuk melakukan perencanaan tenaga kerja pada posisi tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau fitur Career Website membuat perusahaan memiliki situs karir sendiri dan memudahkan pengelolaan setiap lamaran kerja yang masuk.

Masih banyak fitur – fitur canggih lain yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam melakukan rekrutmen karyawan Jadi, bagi perusahaan yang ingin dengan mudah mendapatkan karyawan potensial tanpa ribet, bisa gunakan aplikasi rekrutmen karyawan dari LinovHR ini.

Baca juga : Untung-ruginya sering pindah kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *