financial,  tips & trick

Masih Kuliah Tapi Sudah Punya Penghasilan? 4 Ide Ini Bisa Bikin Dompet Mahasiswa Tebel

Siapa bilang pelajar itu bisanya cuma minta duit doang, kamu bisa loh menghasilkan uang meskipun belum memiliki pekerjaan tetap. Ada beberapa usaha yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil atau untuk kamu yang merasa gak bisa jualan, banyak juga ko’ pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu tempuh sambil kuliah. Sebenarnya beberapa ide freelance atau usaha dibawah ini gak cuma buat mahasiswa aja, buat pelajar SMP atau SMA pun bisa dicoba selama kamu mau capek dan bisa membagi waktu.

jualan pulsa online, bisnis mahasiswa, MLM, Multi Level Marekting, Jualan Shopie Pharis, Freelancer penyiar radio,  tips menjadi MC, kerjaan yang cocok untuk mahasiswa, kerjaan yang cocok untuk pelajar, usaha yang cocok untuk pemula

BERJUALAN PULSA

Usaha jualan pulsa itu gak ada basinya loh dear, ada ga ada yang beli saldo kita tetap utuh. Dengan modal kecil ratusan ribu saja kamu sudah bisa berjualan pulsa. Target pembelinya yaitu keluarga, tetangga, teman-teman di kampus, keluarga teman, kenalan teman dan masih banyak lagi. Uang yang terkumpul dari hasil jualan pulsa bisa kamu putar lagi untuk deposit saldo jadi modal pulsa kamu semakin banyak dan gak ada alasan kehabisan deposit saat ada teman mu yang mau beli.

Tips buat kamu yang mau mencoba berjualan pulsa yaitu cari counter atau agen pulsa yang harganya lebih murah sehingga kamu bisa mendapat keuntungan lebih meskipun dijual dengan harga pasaran yang sama. Cari agen pulsa yang prosesnya cepat sehingga kamu terhindar dari keluhan pembeli. Dan yang tidak kalah penting adalah “dilarang ngutang”, agak kejam sih kedengerannya tapi really dulu saya juga pernah berkali-kali bangkrut jualan pulsa karena teman yang banyak “ngutang” sementara pas ditagih malah kabur. Kalo minta sore, besok pagi bayar masih oke lah tapi kalo sampe berhari-hari apalagi lebih dari seminggu lebih baik jangan diberi celah karena kamu juga kan perlu modal untuk deposit ulang, dear.

Baca juga : 5 Ide Sederhana Merawat Diri Untuk Mama Super Sibuk


JOIN PEMASARAN BERJENJANG (MLM)

MLM disini jangan dianggap serius ya dear karena bisa menyita banyak waktu mu yang masih harus fokus dengan pendidikan. Saya sendiri pernah join Shopie Paris dan tidak pernah tergiur join MLM lain yang mewajibkan anggotanya deposit sejumlah uang dan mewajibkan anggotanya jualan produk setiap bulan. Mengapa saya pilih shopie Paris? Ini seperti jualan suka-suka sih menurut saya pribadi, kalo mau jualan ya jualan, kalo ngga ya udah. Saya hanya harus membeli katalog Shopie Paris seharga 25 ribu rupiah saja (tahun 2012) setiap bulan tapi kalo gak mau beli juga bisa, jadi ini optional dear. Honestly, keuntungan dari berjualan produk Shopie ini lumayan banget, kita mendapatkan keuntungan 25% dari harga katalog, belum lagi kita bisa mendapatkan barang clearance sale yang biasanya discount lebih dari 50%, bisa dijual kembali atau bisa juga dipakai sendiri dan barangnya masih bagus tanpa cacat loh dear hanya saja barang tersebut produk lama. Saya tidak terlalu tertarik dengan reward achievment atau recruitment new member, udah laku sedikitnya 5 produk saja udah bersyukur banget. Tapi alhamdulilah bonus dari penjualan meskipun dibawah target tetap dapet ko dear. Gimana tertarik?

Sebenarnya banyak produk MLM yang ditawarkan teman-teman untuk join, seperti produk kosmetik, madu, obat herbal namun saya tidak tertarik dan rata-rata mereka mewajibkan membernya untuk deposit terlebih dahulu. I say big NO. kan kita mau cari duit loh kok malah kita yang bayar.

jualan pulsa online, bisnis mahasiswa, MLM, Multi Level Marekting, Jualan Shopie Pharis, Freelancer penyiar radio,  tips menjadi MC, kerjaan yang cocok untuk mahasiswa, kerjaan yang cocok untuk pelajar, usaha yang cocok untuk pemula

FREELANCE SEBAGAI KARYAWAN CASUAL

Pekerjaan ini banyak diminati oleh mahasiswa saat menjelang libur semester atau libur bulan Ramadhan. Karyawan casual adalah karyawan tambahan yang dikontrak untuk waktu yang singkat misalnya sebulan atau tiga bulan. Jasa karyawan casual ini banyak dicari oleh restaurant, caffee, tempat wisata saat musim libur sekolah tiba, SPBU saat musim mudik tiba, hotel dan lainnya dengan tujuan membantu memberikan pelayanan saat pengunjung atau konsumen membludak pada waktu-waktu tertentu. Pembayaran salary-nya juga bervareatif ya dear, ada yang hitungannya per hari atau mengikuti UMR di wilayah tersebut. Banyak sahabat saya yang langganan jadi casual di Strubucks, De Cost dan beberapa hotel saat high season dengan bayaran minimal Rp 100 ribu per hari (tahun 2010) dan jam kerjanya normal office hour 8 jam, ada juga yang 10 jam per hari jika lebih dari itu maka akan dikenakan tambahan salary untuk casual. Bayangkan deh kalo dikali 30 hari atau lebih? Lumayan banget kan daripada liburan semester berdiam diri di rumah atau nongkrong gak jelas buang-buang duit.


BEKERJA PARUH WAKTU (PART-TIME)

Ternyata banyak juga loh perusahaan yang mencari karyawan paruh waktu dan memang kebanyakan targetnya adalah mahasiswa. Saya pernah melakoni part time sebagai penyiar radio, wartawan contributor dari salah satu media lokal tempat saya kuliah dulu. Bayarannya memang tidak terlalu besar tapi saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran yang bermanfaat hingga saat ini saya sudah terjun langsung dalam dunia kerja. Background pekerjaan saya membawa saya pada banyak orang hebat yang kemudian membantu mengembangkan bakat dan karir saya. berangkat dari dunia jurnalistik kemudian saya belajar menjadi seorang MC atau Master of Ceremony. Pekerjaan menjadi MC ini memang tidak memiliki patokan waktu yang tepat, kita bisa bekerja kapan saja dan dimana saja namun fee yang diperoleh juga lumayan besar, sedikit banyak penghasilan dari MC dapat membantu saya hingga lulus kuliah.

Baca juga : Merawat Jas Hujan Agar Tidak Mudah Rusak


MENJADI PENULIS LEPAS ATAU BLOGGER

Jika kamu merasa memiliki kemampuan menulis yang baik kenapa tidak mencoba menjadi penulis lepas atau mengikuti kompetisi menulis yang hadiahnya juga lumayan bisa beli laptop. Dulu waktu masih kuliah saya pernah menjadi penulis lepas pula tapi saat itu bayarannya masih sangat tragis. Dengan kerja keras mencari ide, menulis dengan cinta kemudian cari inspirasi gambar dengan modal kuota hanya dibayar 50 ribu saja, akhirnya karena dulu saya mata duitan, pekerjaan sebagai penulis lepas pun tidak saya geluti. Opsi berikutnya yaitu menjadi blogger, sayangnya dulu saya masih awam sekali soal blogging, jadi masih diisi dengan konten suka-suka sementara saat ini banyak blogger dari kalangan anak-anak muda yang masih kuliah juga dan memberi peluang penghasilan untuk mereka.

Adakah diantara peluang diatas yang ingin kamu coba? Tips buat kamu yang baru akan memulai adalah pilih peluang sesuai dengan passion mu sehingga saat menjalaninya kamu tidak merasa terbebani. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!