BBC,  parenting

Free Printable Transportation Worksheet for Kid

Hallo Moms, gimana nih aktifitas bermain dan belajar di rumah bersama si kecil, makin seru kan? Kalau saya pribadi, rasanya ingin menumpahkan semua ide permainan di rumah, hehe.

Jadi, beberapa hari yang lalu, banyak banget nih para orangtua yang mulai mengeluhkan kehabisan ide bermain dan belajar bersama anak di rumah. Sebetulnya bisa si mencari ide melalui berbagai macam sumber, bisa buku bahkan banyak banget di internet yang bisa kita adopsi secara gratis. Namun, ternyata tak semudah itu ya. Sebagai orangtua, kita harus tau dulu nih apa yang dibutuhkan anak agar kegiatan bermain dan belajar bisa berjalan lancar dan anak tetap merasa happy.

Dan, saya berinisiatif untuk menuangkan apa yang saya lakukan bersama Nafeesa di rumah melalui social media dan blog. Silahkan bagi Moms yang ingin keep updating semua aktifitas bermain dan belajar bisa visit my Instagram account @cicidesri & @joyfulparenting101 supaya kita bisa saling take and give, Moms juga boleh loh kasih ide atau saran tentang ide bermain seperti apa yang diinginkan.

Minggu ini, kami berkenalan dengan alat transportasi yang saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu transportasi darat, udara dan laut. Karna Nafeesa baru berusia 3,5 tahun, sehingga cara mengenalkannya pun masih sederhana, minimal dia mengerti dan mengenal serta mampu membedakan alat transportasi tersebut.

.

Language Aspect

Untuk meningkatkan kosakata anak, saya mengajaknya bercerita tentang alat transportasi yang ada di rumah, misalnya saat pergi liburan ke rumah nenek menggunakan mobil. Saya berikan pertanyaan yang membuat Nafeesa mengingat apa yang ia temui dan lakukan disana.

Pada hari-hari berikutnya, language aspect ini bisa kita build up melalui cerita atau dongeng favorit anak-anak. Sesuaikan dengan usia dan minta si kecil ya.

.

Art & Craft

Karena minggu ini tema kami tentang alat transportasi sehingga art & craft yang kami lakukan bersama yaitu berkaitan dengan transportasi. Kami membuat bus sekolah dan pesawat capung menggunakan popsicles, serta membuat kapal sederhana dengan kertas origami.

.

Math

Aktifitas berikutnya berkaitan dengan Matematika dasar untuk anak usia 3-4 tahun yakni:

  • matching the transportation
  • Classification things
  • Counting 1-5
  • Counting 6-10
  • Counting and stick the dot
  • Order by size

Untuk memudahkan, silahkan Moms bisa mengunduh printable materi transportation secara gratis disini. Semoga bisa membantu untuk aktifitas si kecil di rumah.

.

Practical Life

Untuk practical life, saya mengajak Nafeesa untuk mencuci atau membersihkan kendaraan di rumah seperti mobil, motor dan sepeda. Tujuannya, selain anak mengenal bagian kendaraan lebih detail by experience nya, anak juga bisa merawat kendaraan yang dimilikinya dengan baik.

.

Letters & Numbers

Nah, untuk letters & number ini seminggu saya hanya memberikan 1-2 huruf/angka. Misalnya untuk minggu ini, saya mengenalkan angka 2 dan angka 3. Minggu depan saya mengenalkan huruf A dan B.

Cara menyampaikannya pun beragam, minggu ini saya bermain petak umpet. Saya buat potongan kertas dan menuliskan angka 3 pada masing-masing potongan kertas. Lalu menyembunyikannya di area belajar anak, dan meminta anak untuk mencarinya. Cara ini cukup efektif untuk mengenalkan anak pada huruf dan angka.

.

Pre-writing

Aktifitas pre-writing ini menurut saya penting banget dilakukan sejak dini, untuk melatih motoric halus anak dan kekuatan jari-jarinya. Minggu ini Nafeesa mengulang tracing wave dan circle, karena masih belum bisa membuat lingkaran. Jadi saya ulangi lagi aktifitas ini.

free printable transportasi, worksheet transportasi

Moms bisa mendonwload printable tema transportasi disini. Jangan lupa follow akun Instagram @cicidesri & @joyfulparenting101 untuk mendapatkan ide bermain di rumah setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *