Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy
Beauty,  health,  product review

Atasi Rambut Rontok dengan Tepat, Erhair dan Erha Hair Follicle Activation Therapy

Siapa bilang rambut gak penting untuk wanita berhijab? Rambut sebagai mahkota wanita memiliki fungsi perlindungan dan estetika bagi pemiliknya. Terutama mereka yang tidak berhijab, kondisi rambut bisa menentukan tingkat ke-PD-an kita saat bertemu orang lain lho. Pernah mendengar istilah bad hair day? Nah, dulu saya sering banget mengalaminya. Rambut mudah kusut, lepek, kusam bahkan muncul rasa gatal. Rasanya ingin pakai topi seharian di kantor deh.

Setelah berhijab, saya pikir keluhan tersebut akan sedikit berkurang. Paling ngga, gak harus keramas setiap hari. Pun muncul ketombe, kan gak keliatan. Ternyata saya keliru. Bicara soal kulit kepala dan rambut, ternyata gak cuma soal estetika saja. Melainkan kenyamanan. Meskipun kondisi rambut gak nampak karena tertutup hijab namun tetap saja saat kulit kepala dan rambut kotor, rasanya gak nyaman sekali. Apalagi kondisi kepala yang tertutup hampir seharian membuatnya sangat lembab serta mudah berkeringat sehingga membuat rambut dan kulit kepala mudah berminyak, lepek dan bau apek. Kalau gak keramas tiap hari, gak cuma bau apek, kepala jadi gatal, ketombean bahkan muncul jerawat di kepala.

 

Masalah Rambut Rontok yang Mengganggu

Apalagi selepas melahirkan dan lanjut menyusui. Permasalahan rambut yang paling sering saya alami yaitu kerontokan. Karena khawatir, saya pun konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan rambut di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Menurut beliau, jika kerontokan terjadi pada 50-100 helai rambut setiap harinya masih normal sebab seperti itulah proses alamiah rambut. Namun, jika berkelanjutan harus segera diatasi untuk mencegah kebotakan. Beliau hanya memberikan resep minum sementara untuk hair care tetap menggunakan produk yang dijual dipasaran. Merasa gak ada perubahan, saya pun mencoba berbagai macam shampoo dan conditioner rekomendasi teman sekantor. Ada perubahan namun tidak signifikan.

Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy

Terus terang, rambut rontok tuh menyebalkan sekali. Setiap hari, lantai rumah kotor dan berantakan sama rambut, debu aja kalah. Kalau libur, sehari bisa 5-9 kali nyapu kamar karena risih sama rambut yang berjatuhan bahkan dalam kondisi gak lagi nyisir. Apalagi punya balita di rumah, helaian rambut rontok jangan dianggap sepele ya Moms. Khawatir gak sengaja termakan si kecil bahkan ada kasus jari bayinya hampir putus karena terlilit rambut rontok ibunya.

Makanya aku tuh keep fighting banget untuk mengatasi masalah rambut rontok. Mulai dari konsultasi dokter, mencoba berbagai macam produk hair care, perawatan di salon sampe baca banyak artikel dan jurnal soal kerontokan rambut.

 

Rambut Rontok? Kenali kondisi rambut dan cari penyebabnya

Menurut data dari Hair Care U&A, Market Research International, permasalahan rambut yang paling banyak dikeluhkan yaitu soal kerontokan.

Rambut rontok yaitu rambut yang terlepas dari kulit kepala. Bukan rambut patah karena batang rambut yang rapuh. Mommies bisa juga melakukan tes kerontokan dengan cara menarik segenggam rambut atau menyisir rambut menggunakan jari tangan. Kemudian lihatlah berapa helai rambut yang menempel dijari kita. Jika lebih dari 5 helai maka sudah menunjukan gejala kerontokan rambut.

Seperti yang sudah saya singgung diatas, sebelum memutuskan untuk mencoba berbagai macam hair care, cari tau terlebih dahulu penyebab kerontokan yang Moms alami.

Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy

Kerontokan pada rambut bisa disebabkan hormonal seperti saat hamil dan menyusui misalnya. Usia, stress dan gaya hidup tidak sehat juga bisa menyebabkan rambut rontok. Oleh sebab itu, selain disupport dari luar, juga harus dari dalam melalui nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Rambut rontok juga kerap kali dikaitkan dengan kebiasaan tak baik seperti mengikat rambut terlalu kencang dan penggunaan hair styling terlalu sering. Nah, kira-kira apa nih penyebab kerontokan yang Moms alami? Jika sudah mengetahui penyebabnya, barulah cari solusi yang paling tepat.

Faktor penyebab rambut rontok diatas, semuanya hampir ada pada saya. Jadi memang PR nya banyak banget. Berdasarkan pengalaman pribadi berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi kerontokan pada rambut selama 2 tahun, diantaranya:

  1. Memotong rambut lebih pendek. Kerontokan pada rambut yang panjang bisa jadi karena akar rambut yang tidak kuat. So, langkah pertama yang saya lakukan yaitu memendekan rambut. Rambut pendek juga memudahkan saya melakukan treatment sendiri di rumah, seperti mengunakan hair mask dll.
  2. Memperlakukan rambut dengan baik. Tidak menyisir rambut saat basah dan menghindari penggunaan hair styling seperti pelurus dan hair dryer. Biasanya setelah keramas, saya mengeringkan rambut menggunakan hair dryer sebelum mengenakan hijab. Namun, kali ini saya lebih memilih membiarkannya atau menggunakan kipas angin untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Selain itu, pilihan rambut pendek juga memudahkan pekerjaan kita, jadi lebih cepat kering.
  3. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seng dan folat untuk menguatkan akar dan batang rambut seperti sayur bayam dan wortel yang kaya Vitamin B7 dan biotin.
  4. Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut serta hijab yang digunakan. Saat bekerja, sesekali bisa pergi ke toilet untuk melepas hijab beberapa saat supaya kulit kepala dan rambut bisa bernapas. Rutin mencuci rambut dengan produk yang cocok. Dan, tidak menggunakan hijab yang sama setiap hari tanpa dicuci.
  5. Memilih produk hair care yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut kita. Setelah mencoba banyak produk hair care dari dalam dan luar negeri, saat ini saya tengah mencoba produk Erha Dermatology yaitu shampoo dan HairGrow Serum. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut.

Pengalaman menggunakan Erhair Erha Dermatology

Kalian bisa membaca sharing saya soal kerontokan rambut di artikel lain yang sudah saya publish. Nah, kali ini saya akan sharing pengalaman saya setelah menggunakan produk Erha untuk rambut. Awalnya seperti biasa, setiap bulan memang saya ke Erha yang berada di Sumarecon Mall Serpong untuk konsultasi dan membeli skincare.

Saat menunggu antrian, saya pun melihat produk OTC (Over The Counter) untuk perawatan rambut. Saya pun bertanya ke petugasnya dan menyarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Atau jika kita sudah mengetahui permasalahan rambut dengan pasti, kita bisa kok membeli produk perawatan rambut tersebut tanpa resep dokter di seluruh cabang Erha Apothecary di Indonesia.

.

1. Erhair HairGrow Shampoo

Shampoo ini memang diformulasikan untuk memelihara dan mengurangi kerontokan rambut. Mengandung ekstrak ginseng, ekstrak pumpkin seed yang berfungsi untuk melancarkan penyerapan nutrisi vitamin dan meniral sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan rambut. Erhair HairGrow Shampoo ada dua kemasan ukuran 100ml (Rp. 61.500,-) dan 250 ml (Rp 135.500,-).

Erhair HairGrow Shampoo tidak berwarna dan wanginya soft banget. Shampoo kalo gak wangi juga gak enak ya, tapi kalo over juga ngeri dengan kandungan parfume berlebih yang justru bisa merusak rambut.

Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy

Teksturnya kental, busanya menurutku aman ya. Gak terlalu over. Karena saya menghindari shampoo dengan kandungan detergent berlebih cirinya memiliki busa yang terlalu banyak. Sementara Erhair HairGrow Shampoo masih relatif aman.

Packagingnya sederhana, ciri khas produk Erha Apothecary yang simpel. Botol putih tidak tembus cahaya. Dilengkapi tutup fliptop anti tumpah. Untuk kemasan 100 ml, travel friendly juga sih menurutku. Gampang dibawa kemana aja, gak makan tempat.

Untuk satu botol Erhair HairGrow Shampoo ukuran 100 ml bisa sampai 3-4 minggu-an. Digunakan keramas setiap hari dengan rambut sebahu. Dan rambutku juga termasuk tipis. Untuk rambut tebal mungkin bisa kurang dari 4 minggu ya.

Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy

Karena pemakain baru 2 minggu, memang belum ada perubahan signifikan. Karena rambut rontok itu memang cukup lama healing-nya ya Moms. Manfaat yang paling terasa, rambut jadi lebih halus dan gatal di kepala berkurang. Wanginya saya suka banget deh. Jadi, kalau pulang kerja nih ya, abis macet-macetan di jalan, kena asap, debu dan polusi. Sampe di rumah, mandi lanjut keramasan pakai Erhair HairGrow Shampoo, wanginya bikin relaks dan mengembalikan mood jadi lebih fresh. Rasa lelah dan lusuh seharian, hilang deh, saya pun siap bermain bersama si kecil. Wanginya juga bikin PD deket-deket suami, hehehe.

 

2. Erhair HairGrow Serum

Kinerja Erhair HairGrow Shampoo akan semakin optimal jika dibarengi dengan penggunaan Erhair Hairgrow Serum. Manfaat serum ini yaitu untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Erhair HairGrow Serum mengandung Kopexil dan ekstrak panax Ginseng bekerja secara optimal dan menyeluruh ke dalam lapisan kulit kepala. Disempurnakan dengan Arginine, Biotin, D-Panthenol untuk menutrisi rambut sehingga jadi lebih sehat, kuat dan lebat.

Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy

Erhair Hairgrow Serum dipercaya dapat bekerja seinergis bersama Erhair HairGrow Shampoo yang dapat digunakan secara efektif membantu mengurangi kerontokan rambut dalam 3 minggu dan meningkatkan pertumbuhan rambut dalam 4 minggu. Hal ini sudah dibuktikan pada pengujian terhadap pasien AGA (Androgenic Alopecia) dalam perbandingan dengan placebo dan produk pembanding. Androgenik Alopecia merupakan kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik yaitu hormon androgen yang menyebabkan penyusutan dan gangguan pertumbuhan folikel rambut.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Dalam satu box Erhair Hairgrow SERUM terdapat 7 ampule dan satu corong atau aplikator. Aplikasikan satu dosis atau satu ampule Erhair HairGrow Serum sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan. Boleh dalam keadaan rambut kering atau setengah basah. Berikan pijatan lembut pada kulit kepala supaya serum menyerap dengan optimal. Selesai deh, penggunaan serum ini tanpa perlu dibilas ya Moms.

Teskturnya sangat cair. Berbeda dengan serum untuk wajah pada umumnya yang lebih kental dan oily. Erhair HairGrow Serum ini seperti air, tanpa sensasi panas atau perih. Gak bikin kulit kepala berminyak apalagi rambut lepek. Formulanya juga cepat meresap ke permukaan kulit kepala. Jadi kalo saya nih cara pakainya berulang. Pertama aplikasikan merata ke permukaan kulit kepala, pijat-pijat sampai meresap. Setelah itu, aplikasikan lagi dna pijat kembali sampai serumnya habis.

Tersedia kemasan satu bix berisi 7 ampule dan 28 ampule (8 ml). Harganya cukup terjangkau yaitu Rp 173.000,- dan Rp 622.500,-. Ini jauh lebih murah dari produk Hair care yang pernah saya beli sebelumnya hampir Rp 2 juta, untuk sepaket shampoo, conditioner dan vitamin kemasan kecil.

Ingredients: Aqua, Ethyl Alcohol, Diaminopyramidine Oxide, Ethylhexlglycerin, PEG-40 Hydrogenated castor Oil, Niacinamide, Dipotassium Glycyrrhizate, Panax Ginseng Root Extract, Maltodextrin, Arginine, Dipotassium Phosphate, Xylitylglucoside, Anhidroxylitol, Citric Acid, D-Panthenol, Biotin, Fragrance, Disodium EDTA, Copper Gluconate, Phenonyxethanol.

 

3. Hair Follicle Activation Therapy

Erha Skin, Hair & Laser Expert tak hanya memberikan layanan treatment untuk wajah namun juga bagi permasalah rambut dan kulit kepala seperti kerontokan dan kebotakan rambut. Moms untuk kasus kerontokan rambut yang sudah berlanjut, bisa mencoba Hair Follicle  Activation Therapy. Treatment merupakan tindakan yang ditempuh untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama pada kasus AGA (Andrigenetic Alopecia). Bisa untuk perempuan dan laki-laki.

Hair Follicle  Activation Therapy merupakan tindakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum lebih optimal.

Perfect Hair Become Real, rambut sehat, rambut lebat, rambut rontok, penyebab rambut rontok, solusi rambut rotok, review erhair shampoo, review erha hair follicle activation therapy

Berdasarkan hasil uji klinis, Hair Follicle  Activation Therapy mampu meningkatkan jumlah rambut terminal hingga 75%. Moms bisa mendapatkan treatment ini di seluruh cabang Erha. Untuk mendapatkan informasi promo dan discount Mommies bisa follow akun Instagram Erha Dermatology. Informasi lebih lanjut untuk all treatment dan produk bisa mengunjungi:

Website: https://www.erha.co.id/

25 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *