financial

Mengenal Debt Ratio dan Cara Perhitungannya sebelum Ajukan KTA Online

Sebelum mengajukan pinjaman, penting sekali untuk membuat perhitungan secara cermat. Salah satu hal yang harus diperhitungkan dengan baik adalah debt ratio. Termasuk saat kamu akan mengajukan KTA online, perhitungan debt ratio ini sangat penting untuk dilakukan. Berikut akan dibahas lebih lengkap apa sebenarnya debt ratio itu dan seperti apa cara menghitungnya.

.

Pengertian dan Perhitungan Debt Ratio

Produk pinjaman saat ini memang semakin mudah untuk didapatkan apalagi dengan adanya KTA online yang proses pengajuannya bahkan diakses secara cepat. Namun, penting sekali untuk tetap bijak dalam mengajukan pinjaman apapun. Salah satunya dengan melakukan perhitungan debt ratio terlebih dahulu.

Debt ratio atau rasio utang adalah rasio yang dipakai untuk menghitung kemampuan finansial individu atau perusahaan. Bisa juga dipahami sebagai rasio yang menunjukkan kemampuan individu atau perusahaan dalam melunasi kewajibannya dengan menggunakan aset yang dimiliki. Rasio ini akan membantu mengukur sejauh apa kemampuan debitur dalam melunasi utang yang dimiliki.

Agar bisa mengetahui debt ratio ini dibutuhkan rumus khusus. Berikut adalah rumus yang dipakai untuk menghitung debt ratio:

Rasio hutang = Total hutang / Total aset yang dimiliki

Mari ambil contoh perhitungan yang sederhana untuk lebih memahami debt ratio ini. Misalnya, Andi memiliki total aset Rp320 juta dan terhitung memiliki utang sebesar Rp80 juta. Berikut adalah rasio utang yang dimiliki oleh Andi:

Rasio utang = Rp80.000.000/ Rp320.000.000 = 0,25

Dari perhitungan tersebut didapatkan bahwa debt ratio Andi adalah 0,25. Artinya, Andi memiliki aset 4 kali lebih banyak daripada kewajiban utangnya. Kesimpulan yang bisa diambil dari perhitungan ini adalah Andi memiliki peluang besar untuk membayar kembali pinjaman atau utang yang ia miliki.

Sangat disarankan untuk melakukan perhitungan debt ratio ini sebelum mengajukan pinjaman. Termasuk saat kamu ingin mengajukan pinjaman KTA online. Pastikan bahwa kamu memiliki nilai aset dan kemampuan yang memadai untuk membayar pinjaman sampai lunas.

.

Gunakan digibank KTA sebagai Produk Pinjaman Terpercaya

Setelah melakukan perhitungan yang matang, kamu bisa segera mengajukan KTA online. Produk digibank KTA akan menjadi sebuah pilihan terbaik untukmu. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh digibank KTA:

  • Pengajuan Bisa Dilakukan 24 Jam

Kelebihan pertama, proses pengajuan KTA online dari digibank by DBS ini bisa diakses kapan saja selama 24 jam. Kamu dapat melakukan pengajuan pinjaman melalui website go.dbs.com/kta atau lewat Aplikasi digibank by DBS.

  • Proses Approval Sangat Cepat

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran atau pengajuan, kamu harus menunggu approval. Proses approval bisa berjalan sangat cepat, bahkan hanya butuh waktu 60 detik.

  • Dana Langsung Cair

Salah satu keunggulan dari produk KTA online ini adalah dana yang dipinjam bisa langsung cair. Kamu dapat mencairkan dana sampai nominal Rp80 juta langsung ke rekening digibank by DBS.

  • Mudah Atur Nominal Pinjaman

Selain menawarkan kemudahan pengajuan KTA online, digibank by DBS juga memungkinkan calon debitur untuk mengatur nominal pinjaman. Pengaturan nominal pinjaman ini begitu mudah dan sangat fleksibel.

  • Tenor Pinjaman 36 Bulan

Keunggulan lainnya yang ditawarkan adalah tenor pinjaman yang cukup panjang. Produk KTA online dari digibank by DBS ini memberikan tenor pinjaman sampai 36 bulan.

  • Tanpa Harus Mengumpulkan Dokumen Fisik

Saat mengajukan pinjaman digibank KTA ini kamu tak harus mengumpulkan dokumen fisik apapun. Proses pengajuan dilakukan secara online dan tak perlu menyerahkan dokumen fisik sampai berlembar-lembar.

  • Syaratnya Sangat Sederhana

Prosedur pengajuan KTA online dari digibank by DBS ini tidaklah rumit. Kamu hanya perlu punya e-KTP dan NPWP serta berdomisili di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang. Kamu juga harus punya pemasukan minimal Rp5 juta serta punya kartu kredit di bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Itulah mengapa produk KTA online ini dihadirkan demi mempermudah siapa saja yang butuh dana cepat, prosesnya mudah dan pengajuannya tak perlu dokumen berlembar-lembar.

Bagi kamu yang belum terdaftar sebagai nasabah. Berikut ini adalah prosedur pengajuan digibank KTA yang dapat diikuti:

  • Pilih opsi “Apply di sini” yang ada di laman website dbs.com/kta lalu lengkapi data diri.
  • Tunggu persetujuan dari bank, biasanya memakan waktu 60 detik. Kamu tidak diperbolehkan keluar layar atau pindah layar saat proses approval
  • Pilih jumlah pinjaman serta cicilan. Setelah itu silakan buat username dan password untuk akun digibank. Pastikan bahwa password tersebut aman dan sulit ditebak. Jangan memakai password yang sama dengan akun lain.
  • Isikan data diri secara lengkap kemudian buat jadwal verifikasi biometrik dengan agen dari digibank.
  • Dana dapat segera dicairkan melalui rekening digibank by DBS.

Pengajuan digibank KTA bisa lebih mudah jika kamu sudah terdaftar sebagai nasabah. Berikut ini adalah prosedur ajuan KTA online bagi nasabah:

  • Login dulu di Aplikasi digibank by DBS lalu klik Personal Loan di menu utama.
  • Lengkapi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Tunggu proses approval dari pihak bank, kurang lebih 60 detik.
  • Pilih nilai limit dan tenor.
  • Dana pinjaman bisa segera dicairkan secara real-time sampai Rp80 juta.

Melalui produk KTA online dari digibank by DBS ini kamu bisa mendapatkan dana cepat tanpa perlu ribet. Prosedurnya benar-benar mudah dan produk pinjamannya sangat menguntungkan. Segera lakukan pengajuan sekarang dan nikmati berbagai keuntungannya!

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.