health,  product review

PANASONIC AIR PURIFIER, REVOLUSI GAYA HIDUP SEHAT KAUM URBAN

Pernah kah kita merasa begitu sesak dengan kondisi udara sekitar? Sangat wajar karena memang Jakarta sudah sangat padat. Data WHO tahun 2016 menyebutkan bahwa Jakarta dan Bandung termasuk 2 dari 10 kota dengan pencemaran udara terburuk di Asia Tenggara.

 

 
Debu dan polusi asap kendaraan membuat kita sulit mendapatkan udara bersih di kota besar seperti Jakarta. Buruknya kualitas udara disebut sebagai pemicu munculnya penyakit kronis. Dampak yang paling terasa adalah mudahnya terserang sakit kepala dan iritasi saluran pernapasan. Saya pun sempat bolak-balik Rumah Sakit karena terserang ISPA. Bagi seorang ibu dengan bayi 15 bulan, Infeksi Saluran Pernafasan merupakan momok yang menakutkan. Bayi dan anak-anak sangat mudah tertular penyakit seperti Pneumonia dari orang terdekat, tak terkecuali orangtuanya. Hal tersebut disebabkan oleh system imunitasnya yang belum maksimal.
 
Menjaga jarak dengan si kecil sangatlah menyedihkan. Namun mendekatinya saat sedang sakit justru membawa resiko yang berbahaya. Oleh karena itu, saya membutuhkan sesuatu yang dapat memperbaiki keadaan kami. Selain menjaga lingkungan rumah tetap bersih, menanam tanaman di area rumah, saya dan suami sepertinya membutuhkan alat penjernih udara. Setelah minta rekomendasi dari kerabat terdekat, pilihannya jatuh pada Panasonic Air Purifier seri F-PXM55A. See know more, how great this product.

 

APA SIH AIR PURIFIER PANASONIC F-PXM55A?

Air Purifier adalah alat penjernih udara yang digunakan di dalam ruangan. Air purifier berbeda fungsinya dengan AC yang dapat mendinginkan ruangan, melainkan hanya untuk menghisap udara kotor di dalam ruangan dan mengeluarkannya kembali dalam kondisi bersih bebas polusi setelah difilter. Alat ini di klaim 99% dapat menghilangkan kuman seperti bakteri, virus, debu dan partikel alergen lainnya. Kok bisa, bagaimana caranya? Keep reading on my blog, Moms…

 

KEUNGGULAN PANASONIC AIR PURIFIER

Sebenarnya Panasonic memiliki banyak seri alat penjernih udara dengan keunggulan masing-masing. Beberapa keunggulan Panasonic PXM55A juga ada yang dimiliki oleh air purifier terdahulunya. Namun, saya kepincut dengan seri PXM55A karena teknologi yang dimilikinya, seperti:

 

1. TEKNOLOGI NANOE

Teknologi Nanoe merupakan kapsul yang dibungkus air berisikan radikal yang kaya akan OH. Semakin banyak radikal OH, semakin efektif kekuatan anti-virusnya. Lalu, Nanoe akan melepaskan radikal OH di dalam ruangan untuk membasmi virus, bakteri dan menghilangkan bau. Nanoe diproduksi secara otomatis dari kelembaban udara sehingga tak perlu dilakukan penggantian secara berkala.

Fungsi dan manfaat Nanoe sebagai anti-virus, 99% mampu membunuh bakteri E.coli, virus influenza (H1N1 dan H5N1 atau flu babi), menghambat tumbuhnya jamur akibat udara lembab serta penghilang bau.

Nanoe bagus untuk kesehatan kulit. Nah, point ini penting untuk para wanita sebab kaitannya dengan cantik dan sehat. Kulit yang terpapar radikal bebas selama 5-10 menit membuat polutan masuk ke dalam lapisan kulit melalu pori-pori. Dampaknya kulit wajah menjadi tidak sehat seperti munculnya iritasi, jerawat dan penuaan dini. Dengan teknologi Nanoe pada Panasonic air purifier mampu menjaga dan merawat kelembapan kulit wajah kita.
 
Moms, Panasonic air purifier juga dapat digunakan pada ruangan di tempat umum seperti tempat menunggu dengan area bebas merokok atau area hall yang akses keluar masuk orang banyak. Teknologi Nanoe pada alat ini mampu menghilangkan bau rokok setelah 2 jam dengan cara mencetuskan partikel bau, kemudian mengurai dan menghilangkan baunya.

 

2. HEMAT ENERGI DENGAN ECONAVI SENSOR

Sebagai ibu rumah tangga membeli perlengkapan elektronik itu banyak sekali pertimbangannya. Selain harga dan kualitas produk, daya listrik yang digunakan pun menjadi pertimbangan. Sudah terlalu banyak barang di rumah memanfaatkan aliran listrik, kebayang dong kalo semua barang pake daya tinggi. Bisa tekor uang belanja mama…
 
Untungnya, penjernih udara Panasonic ini dilengkapi dengan teknologi canggih berupa Intelligent Eco Sensor yang berfungsi untuk mendeteksi dan mengurangi konsumsi listrik saat tidak dibutuhkan sehingga lebih hemat 60%. In the night time, lampu sensor yang mendeteksi secara otomatis mengubah mode menjadi silent atau sleep mode dan lampu LED pun akan mati. Kita juga bisa menggunakan timer untuk mengatur berapa lama alat ini bekerja, misalnya 2 jam, 4 jam hingga 8 jam.

 

3. 3D CIRCULATION AIR FLOW DENGAN MEGA CATCHER

Moms, polutan tersebar di seluruh sudut ruangan bahkan di tempat tak terlihat. Lantai termasuk tempat yang sangat rentan dengan keberadaan debu dan kuman. Sementara aktifitas saya dan si kecil paling banyak dilakukan di lantai seperti bermain dan belajar sensory toys. Dengan fitur Direct Front Suction dan teknologi Mega Catcher atau penghisapan udara dengan daya tinggi memungkinkan debu dan kuman dilantai terhisap dan dibersihkan hingga jarak hisap sekitar 30 cm. Fitur Direct Front Suction juga membuat alat ini bisa diletakan 1 cm dekat dengan dinding. Jadi gak perlu deh geser-geser benda lain untuk mendapatkan space didalam rumah.

 

Sederhananya seperti ini Moms, penjernih udara Panasonic ini ada 3 saluran yaitu (1) untuk menghisap polutan kecil (saluran samping kanan kiri), (2) menghisap polutan jumlah besar (saluran depan) dan (3) saluran atas untuk mengeluarkan udara bersih.

 

panasonic air purifier pxm55a, penjernih udara, air purifier

 

CARA KERJA PENJERNIH UDARA PANASONIC

Cara kerja air purifier cukup mudah. Saat dinyalakan, kipas pada alat ini akan menghisap udara dan polutan di dalam ruangan dalam 2 saluran (side airflow & front airflow). Udara kemudian disaring menggunakan filter yang berfungsi membersihkan debu, kuman dan polutan yang dibawanya. Panasonic dengan HEPA Composite Filter memiliki fungsi penyaringan 3 in 1 diantaranya:

  1. Super alleru-buster, menghambat alergen jenis tertentu hingga 99% dengan mengelilingi dan menahan alergen dengan polimer fenolik.
  2. Green Tea Catechin, menghambat jenis virus tertentu hingga 99% dengan mengelilingi virus tersebut dengan zat catechin-nya.
  3. Anti-bacteria Enzyme, mencegah reproduksi bakteri dan jamur untuk memastikan lingkungan yang bersih.


panasonic air purifier pxm55a, penjernih udara, air purifier

Deodorizing filter juga mampu menyaring bau yang ada didalam ruangan seperti bau asap rokok, bau sampah, bau hewan peliharaan dan bau tak sedap lainnya. Setelah melalui proses filtering, air purifier akan mengeluarkan udara bersih yang mengandung Nanoe dalam ukuran sangat kecil melalui saluran atas. Nanoe mampu bergerak bebas didalam ruangan hingga tempat tak terjangkau sekali pun. Ukurannya yang sangat kecil memungkinkan Nanoe menembus material berbahan kain untuk mencegah bau dan jamur seperti menembus serat kain pada sprei, gorden dan sofa.
 
 

INTERFACE DAN FUNGSI TOMBOL

Moms, berikut ini saya tampilkan produk secara detail tampak depan, belakang dan atas. Secara keseluruhan fungsi tombol yang ada pada bagian atas produk dapat digunakan dengann cukup mudah.
panasonic air purifier pxm55a, penjernih udara, air purifier

  1. Tombol On/Off. Untuk menghidupkan dan mematikan produk. Pada bagian atas tombol On/Off terdapat lampu nanoe dan light sensor. Lampu LED pada bagian depan produk pun membantu mendeteksi banyaknya polutan dan aktifitas di dalam ruangan yang ditandai dengan perubahan lampu menjadi blue dan red.
  2. Air Volume yang bisa diatur speednya mulai dari Low, medium, high dan Auto. Moms, bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan.
  3. Econavi. Saat ditekan tombol Econavi maka lampu LED diatas tombolnya akan menyala sebagai tanda fungsi sensor penggunaan daya lebih ekonomis sudah aktif. Prefer aktifkan fungsi ini Moms, untuk menyesuaikan daya saat tak terpakai.
  4. Haze atau fungsi kabut ditandai dengan adanya lampu dibagian atas tombol haze yaitu sensor haze dan cleaning. Fungsi ini saya gunakan saat diruangan terasa begitu banyak debu dan membutuhkan tenaga ekstra untuk memberihkan udara dengan cepat.
  5. Timer berfungsi untuk mengatur lamanya produk beroperasi yaitu selama 2 jam, 4 jam dan 8 jam yang bisa disetting pada malam hari saat kita tidur.
  6. Child Lock berfungsi untuk mengunci perintah pada produk. Fungsi ini bermanfaat banget untuk saya dengan anak 18 bulan yang sangat aktif. Meskipun dia menekan tombol apapun tetap tidak akan berpengaruh saat Child Lock diaktifkan. Untuk meng-aktifkan fungsi Child Lock, Moms tinggal tekan tombol tersebut selama 3 detik. Untuk melepas fungsinya pun, tinggal tekan 3 detik kembali. Almost setiap tombol dilengkapi dengan lampu dan sensor.


KESAN SELAMA MENGGUNAKAN PRODUK

Sebagai working mom yang terbatas waktu bersama anak, tentu saja saya harus memastikan kondisinya baik dan aman saat ditinggal bekerja. Panasonic air purifier adalah tanda kasih saya untuk Nafeesa. Dengan menghadirkannya, saya telah memastikan si kecil bebas dari kuman, polutan dan allergen yang dapat menyerang kapan saja bahkan di dalam kamar sekali pun.
 
(1) Teknologi yang ada pada alat ini mampu menjernihkan udara di dalam ruangan seluas 42 m2. (2) Desainnya yang ramping membuatnya mudah dipindahkan dari ruang satu ke ruangan lain saat dibutuhkan di dalam rumah. (3) Desain modern pada Panasonic air purifier juga menambah nilai estetika di dalam ruangan. (4) Saya suka banget dengan fitur Child Lock yang membuat alat ini aman untuk bayi 18 bulan yang sangat aktif. Gak perlu takut dipencet-pencet Nafeesa karena dengan menekan tombol Child Lock selama 3 detik maka alat akan terkunci. Aman banget kan?

 

Untuk saya pribadi yang pernah didiagnosa ISPA akut, udara yang bersih menjadi kebutuhan yang sangat vital. Saya sering merasa sesak dan napas tersengal-sengal saat berada di tempat yang padat asap kendaran, asap rokok dan debu. Dengan adanya Panasonic Air Purifier F-PXM55A membantu memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah yang lokasinya berada ditengah kota yang padat penduduk dan padat transportasi. Udara menjadi lebih bersih dan sehat saat dihirup. Bebas polutan, debu dan allergen serta meredakan bau tak sedap yang berasal dari asap masakan, sampah, bau hewan peliharaan dan sumber bau lainnya di dalam rumah.
 
Overall, it is fairly good product from Panasonic and worth the money. Store Panasonic juga mudah sekali ditemukan.  Moms juga mendapatkan garansi resmi dari Panasonic dan alat ini tidak merogoh uang belanja kita ya Moms karena tidak harus selalu melakukan penggantian filter hingga 10 tahun. Untuk informasi detail tentang product bisa menghubungi Panasonic melalui:

 

Instagram : idpanasonic
Twitter : IDPanasonic
 
 

26 Comments

    • cicidesri

      mungkin ada sedikit kesamaan tapi kalo hexos lebih ke memberi akses udara untuk keluar, seperti penggunaannya di dapur untuk menyedot asap setelah memasak. kalo alat ini menyaring udara didalam ruangan menjadi lebih bersih dan fresh. Teknologinya lebih mutakhir dan fungsinya berbeda moms visya.

  • VHAranie

    duh, air purifier panasonic ini emang keren banget! awalnya aku liat di gambar kupikir kecil gitu kan ya bentuknya, ternyata gedeeeee banget! iya gak sih? apa ada tipe2nya juga ya?

    • cicidesri

      ada tipe-tipenya mba tapi memang rata2 ukurannya memang lumayan cukup besar. nah, ukuran ini jug ajadi kelebihan yang dimiliki Panasonic pxm55a karean dia ini bener2 ramping dan gak makan tempat, beda dari seri lainnya.

  • Aswinda Utari

    Belakangan mikir perlu jg punya penjernih udara begini. Tinggal dikota udaranya kan yaa begitulah. Belum lagi mau punua bayi. Makin mikir heu. Makasih sharingnya ya. Sy kepoin ulang nih penjernihnya. Hehe

  • hida

    Ooohh beda ya air purifier dengan AC…tadinya saya pikir sama aja lho, sama-sama menyejukkan ruangan, tp ternyata yg air purifier malah dapat menghindari resiko polutan ya.

    • cicidesri

      iya moms hida, ada juga beberapa AC yang didalamnya ada teknologi air purifier. tapi untuk Panasonic PXM55A ini hanya memiliki fungsi penjernih udara saja moms

  • Indri Noor

    Anakku pernah diduga kena pneumonia. Padahal di rumah gak ada yang merokok. Wah, andai dulu udah kenal dengan alat ini, mungkin saat didiagnosis, saya langsung membeli alat tersebut. Tapi, gak ada kata terlambat ya buat kesehatan.

  • Maya Siswadi

    Oh, polusi bisa memicu sakit kepala juga ya? Pantes lah saya sering sakit kepala kalau abis jalan-jalan. Pakai purifier ini juga bagus buat yang alergi debu ya, biar ga gampang kumat alerginya

    • cicidesri

      iya mba karena polusi prinsipnya seperti merebut oksigen dan udara bersih yang harusnya bisa kita hirup dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh..

  • April Hamsa

    Mbak Cici kebetulan rumahku tu “di atas gunung” dan bagian depan kebuka banget jd debu gampang masuk, kalau misalnya pakai alat ini tu cara bekerjanya gmn kah? Apa kita perlu menutup ruangan gtu atau bebas open aja? Lumayan menghilangkan debu2nya gtu ya? Soalnya aku penasaran ma alat ini, mungkin bisa jd solusiku mengurangi debu di rumah TFS

    • cicidesri

      moms april alat ini digunakan didalam ruangan tertutup, sebenarnya bisa aja dipake diruangan dengan fentilasi cukup terbuka tapi kinerjanya jadi lebih besar. terutama penggunaan daya listriknya moms…

  • Miranti

    Wah pas banget, beberapa waktu lalu aku pake jasa bersih2 dan jadi kepengen punya air purifier recommended. Baca ini jadi ada bahan referensi, makasi mba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!