tips & trick

6 Cara Mencuci Sepatu Sneakers Supaya Awet, Gak Mudah Jebol

Mencuci sepatu sneakers itu gampang-gampang susah loh ya. Mau disikat semua nanti ada bagian yang rusak jadi berbulu gitu. Gak disikat tapi kotor. Ya emang sih sekotor-kotornya sepatu dipakai di Kota paling debu doang. Kan gak main lumpur tapi kalau diendapkan juga itu sepatu bisa berubah warna ya hihihi.

Berangkat dari pengalaman saya saat merasa kesulitan mencuci sepatu jenis sneakers akhirnya saya tanya sana sini. Secara sepatu sneakers merupakan sepatu favorit banyak umat ya. Selain multi fungsi, enak dipakai, sneakers juga memiliki banyak model yang kekinian sehingga tak hanya kenyamanannya saja yang dirasakan tapi juga menopang penampilan tetap trendy.

tips mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, sepatu sneakers awet, cara sepati tetap awet

Berikut ini ada tips mencuci sepatu sneakers agar tidak mudah rusak:

1. Mulai dengan melepas tali sepatu sneaker

Ini wajib banget dilakukan agar bagian dalam sepatu mudah dibersihkan. Menyikat bagian dalam ini penting banget karena bagian dalam sepatu cenderung lembab dan kotor sehingga seringkali menimbulkan bau tak sedap.

 

2. Siapkan alat pembersih sepatu

Alatnya sederhana kok, gak perlu yang repot-repot Moms. Siapkan sikat cuci baju dan sikat gigi (sikat gigi bekas boleh juga), detergent cair dan air bersih. Larutkan detergent cair dengan air.
Fyi. Moms juga bisa menggunakan sabun cuci piring liquid untuk mencuci knit sepatu sneaker. Katanya sih ini lebih aman karena kandungan detergentnya tidak terlalu keras sehingga tidak merusak tekstur permukaan knit sepatu.

 

3. Bersihkan Sneaker dalam keadaan kering

Beberapa pecinta sneaker sempat memberikan tips kepada saya. Katanya sebelum dibersihkan dengan air, sebaiknya Sneaker itu dibersihkan dalam kondisi kering terlebih dahulu seperti dengan menyikat dengan sikat gigi atau mengelap dan menepuk-nepuk bagian atas sepatu agar debunya hilang.

tips mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, sepatu sneakers awet, cara sepati tetap awet

Baca juga : Tips Mencuci Baju Saat Musin Hujan Agar Tidak Bau Apek

 

4. Bersihkan Knit Sneaker dengan lap

Nah, langkah ini sering dilupakan saat mencuci sneaker. Ternyata menyikat knit sneaker itu tidak dianjurkan karena bisa merusak sepatu sneaker. sebaiknya gunakan kain lap bersih yang sudah direndam dalam larutan pembersih yang telah kita buat. Gosok kainlap ke permukaan knit sneaker yang kotor. Bisa juga menggunakan sikat gigi karena tekstur sikatnya lebih halus.

 

5. Bersihkan bagian dalam sepatu

Penting sekali menjaga kebersihan bagian dalam sepatu agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika sole nya dapat dilepas, cucilah secara terpisah.

 

6. Keringkan sepatu
Jika sudah dirasa bersih, keringkan sepatu namun tidak dengan dijemur dibawah matahari secara langsung. Bisa dengan diangin-anginkan atau dijemur didalam ruangan terbuka.

tips mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, sepatu sneakers awet, cara sepati tetap awet

cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers, cara mencuci sepatu sneakers

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *