BBC,  parenting

Meremas Adonan, Melatih Motorik Tangan Anak

Bermain bersama anak itu sangat menyenangkan ya Moms. Apalagi ketika anak sudah mulai dapat berkomunikasi bersama kita, meskipun belum jelas apa yang diucapkannya namun gerak tubuhnya sudah dapat mewakili keinginannya.
Bermain dan seru-seruan bareng sama Nafeesa adalah moment yangsangat saya tunggu. Maklum lah ya, as a working Moms waktu bersama anak memang cukup terbatas, sehingga weekend menjadi waktu untuk kami bersama tanpa terkecuali.


Nafeesa saat ini memasuki usia 13 bulan, saya sangat bersyukur dengan pertumbuhan dan perkembangannya yang optimal. Saat ini saya tengah merancang kurikulum untuk Nafeesa di rumah, tentu saja pertimbangannya adalah melihat kebutuhan dan kemampuan anak. Jangan sampai kita memaksakan permainan yang belum bisa ia handle.
Bersumber dari beberapa seminar parenting dan buku yang saya baca, akhirnya saya berhasil membuat jadwal bermain sambil belajar untuk Nafeesa di rumah. Jadwal BBC ini saya buat berdasarkan berbagai kurikulum pendidikan anak.

Minggu lalu, Nafeesa bertemu dengan benda baru dalam hidupnya yaitu tepung beras dan tepung maizena. Sengaja, saya pilih 2 jenis tepung ini, meskipun secara kasat mata mirip namun saat disentuh dua jenis tepung ini memiliki tekstur yang berbeda.
Montessori at home, Montessori di rumah, kurikulum pendidikan anak

Kesan pertama saat Nafeesa menyentuh dua tepung ini Nampak seperti ketakutan dan geli. Beberapa kali ia coba sentuh dan angkat tangannya menghindari tepung, namun saya coba ajak kembali. Butuh ajakan berkali-kali loh Moms sampai akhirnya si kecil mau menyentuhnya kembali tepungnya.

Second step, we pour the water into the flour. Kemudian saya aduk-aduk, sama seperti diawal, dia Nampak kegelian dengan teksturnya yang lengket, kemudian saya minta dia untuk memegangsendok kayu yang sudah disiapkkan.
Montessori at home, Montessori di rumah, kurikulum pendidikan anak

Third step, saya buat lagi adonan yang kental. Persis seperti adonan untukmembuat donut. Nah, kalo udah di step ini tanpa diminta, Nafeesa ambil sendiri adonannya. Dia coba meremas-remas adonannya.

The last, saya biarkan Nafeesa mengeksplore sendiri apa yang dia mau, namun tetap dalam pengawasan ya Moms. Setelah puas bermain dan merema adonan, tidak lupa untuk mengajak si kecil membersihkan tubuhnya yang penuh dengan serbuk tepung.
Montessori at home, Montessori di rumah, kurikulum pendidikan anak

Manfaat dari Kegiatan BBC – Bermain Bersama Cides:

  • Mengenalkan anak pada benda baru.
  • Mengenalkan anakpada tekstur baru.
  • Membantu si kecil merangsang sensor motorik tangannya.
  • Memberikan edukasi sejak dini tentang kebersihan saat mengajaknya membersihkan badan setelah bermain.
  • Membangun bonding antara ibu dan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *