parenting,  tips & trick

Petunjuk Memerah ASI (Whilst-Pumping)

Petunjuk Memerah ASI (Whilst-Pumping)

  1. Biasakan untuk mencuci tangan dengan tertib dan bersih dan akhiri dengan menggunakan anti septik jika diperlukan.
  2. Menyiapkan wadah untuk menampung ASI hasil perahan. Wadah atau botol harus higienis, sudah dicuci bersih menggunakan air panas mengandung sabun dan dibilas dengan air mengalir lalu dianginkan hingga kering. Moms tidak perlu membersihkan botol dengan cara direbus. Jangan menyentuh bagian dalam wadah atau botol jika sudah higienis. Cara mencuci botol ASI.
  3. Carilah posisi senyaman mungkin. Jika sudah rileks, Moms bisa langsung memulai untuk memerah ASI. Untuk ibu menyusui yang bekerja, lebih baik menggunakan breast-pump electric, membantu Moms menghemat waktu dan penggunaannya pun lebih praktis. Ada banyak merek breast-pump yang dijual di toko perlengkapan bayi atau toko online. Moms bisa membandingkan harga secara online sebelum membeli breast-pump sesuai kebutuhan. Lebih lengkap tentang breast-pump.
  4. Jika satu wadah atau botol ASIP sudah penuh, pisahkan ASIP kedalam wadah yang lebih kecil. Saya biasa memisahkan ASI perah kedalam botol kaca berukuran 100 ml untuk sekali minum NafeesaAli. Ingat ya Moms, botol harus bersih dan higienis. Moms juga dapat menggunakan brest milk bag dengan tutup rapat dan bahan bebas bisphenol A (BPA Free) dengan penggunaan sekali pakai. Penggunaan botol kaca lebih dianjurkan karena lemak ASI lebih mudah dibersihkan pada botol kaca dibandingkan botol plastik, botol kaca juga aman digunakan berkali-kali dan ekonomis dibandingkan breast-milk bag.
  5. Upayakan untuk selalu mengosongkan payudara, karena pada prinsipnya semakin banyak ASI diperah maka produksinya pun akan semakin meningkat sehingga Moms tidak kerepotan untuk menstok ASIP. Pijat lembut payudara beberapa saat sebelum memulai pumping sesi kedua, jika diawal payudara kanan maka sekarang payudara kiri. Setelah relaks, mulailah pumping kembali.
  6. Setelah proses pumping kedua payudara selesai, dan Moms telah memisahkan ASI perah pada botol atau breastmilk bag sesuai kebutuhan bayi, diamkan selama 5 menit dalam suhu ruangan sebelum disimpan di kulkas. Penyimpanan ASI perah tanpa jeda dapat merusak kandungan nutrisi pada ASI.
  7. Pastikan, botol ASIP telah diberi label berisi nama dan tanggal ASIP. First In First Out ya Moms.
  8. Jangan mencampurkan ASI yang telah dibekukan dengan ASI segar yang baru diperah.

JANGAN MENGOCOK ASI DALAM BOTOL ATAU WADAH KARENA DAPAT MERUSAK KOMPONEN PENTING DALAM SUSU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *