pre reading activity, nomenclature card
BBC,  Printable

Nomenclature Card Free Download: Pre-Reading Activity

Seperti janji saya sebelumnya, bulan ini saya akan membahas tentang kegiatan Pre-Reading atau pra-membaca sebagai bentuk persiapan bagi anak pada tahap membaca.

Tahun ini idealnya Nafeesa masuk TK namun karena angka kasus Covid-19 pada bulan Mei-Juni semakin meningkat, saya pun mengurungkan niat. Meskipun ada rasa cemas sebab teman main seusianya sudah masuk TK semua. Oleh sebab itu, saya berusaha untuk mengejar ketertinggalan tersebut di rumah.

Saat ini Nafeesa berusia 4,5 tahun, dia sudah mulai tertarik dengan kegiatan membaca. Pada salah satu sebinar bersama kementrian pendidikan menyebutkan, tidak ada kewajiban anak harus sudah bisa membaca sebelum usia 6 tahun. Namun, kenyataannya banyak anakyang ditolak masuk SD karena belum bisa baca. Alhasil si anak harus masuk Bimba atau Bimbingan Membaca.

pre reading activity, nomenclature card

Oleh sebab itu, saya mulai merancang berbagai macam kegiatan untuk mendukung kemampuan membaca Nafeesa. Beruntungnya, saya sudah mendapatkan dasar di kelas Montessori yaitu pada area Bahasa dimana anak-anak sebenarnya bisa dikenalkan dengan area bahasa sejak masih bayi, tentunya dengan teknik dan metode yang sesuai usia dan kemampuan anak.

Apa saja kegiatan pra-membaca? Sedikitnya sudah saya rangkum beserta contoh kegiatannya di Instagram @cicidesri. Namun disana baru 6 kegiatan saja yang saya jelaskan, sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan termasuk Read Aloud atau membaca nyaring. Penjelasan detailnya akan saya paparkan pada artikel berikutnya.

Nah, salah satu kegiatan Pra-membaca yaitu menggunakan Nomenclature card atau kartu nomenklatur. Dalam KBBI, nomenklatur adalah n pembentukan (sering kali atas dasar kesepakatan internasional) tata susunan dan aturan pemberian nama objek studi bagi cabang ilmu pengetahuan. Silahkan download disini:

  1. Nomenclature card benda langit sederhana.
  2. Nomenclature card buah sederhana.
  3. Nomenclature card peralatan makan.
  4. Nomenclature card sayur sederhana.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *