Family,  Lifestyle,  tips & trick,  Traveling

Alur Pembayaran STNK 5 Tahunan yang Wajib Diketahui Pemilik Motor

Kewajiban pemilik kendaraan bukan hanya melakukan perawatan seperti servis tetapi juga membayar pajak. Ada pembayaran pajak tahunan dan lima tahunan, keduanya bisa dilakukan baik offline atau online. 

Proses membayar pajak motor secara online saat ini adalah yang paling sering dilakukan karena Anda tidak perlu mendatangi samsat terdekat. Tinggal mengunjungi website samsat terdekat yang tersedia dan melakukan pembayaran. 

Hanya saja khusus pajak 5 tahunan Anda harus melakukan secara online. Karena ada proses cek fisik yang mengharuskan kendaraan dibawa. Seperti apakah tata caranya, Anda bisa cek di sini. 

BANGKOK, THAILAND – Mar 26, 2019 : Suzuki Motorcycle present at The 40th Thailand International Motor Show in IMPACT Muang Thong Thani Hall, Bangkok, Thailand.

.

Syarat Pembayaran Pajak Motor 5 Tahunan 

Sebelum datang langsung ke samsat, Anda harus mempersiapkan beberapa hal. Berbeda dengan pajak tahunan yang hanya membutuhkan syarat KTP dan juga STNK saja, pajak lima tahunan memiliki syarat yang lebih banyak. 

Apa saja syaratnya, berikut ini daftar yang harus dilengkapi. 

  1. STNK asli dan juga fotokopinya. 
  2. BPKB asli motor dan juga fotokopinya. 
  3. KTP pemilik motor sesuai yang tertera pada BPKB dan STNK. Bawa KTP asli dan fotokopinya. 
  4. Mengisi formulir permohonan pengajuan perpanjang STNK yang bisa Anda dapatkan langsung dari kantor samsat. 
  5. Jika STNK sedang terblokir maka Anda harus membawa surat keterangan buka blokir. 
  6. Membawa surat kuasa jika Anda bukan pemilik kendaraan. 

Apabila semua syarat ini sudah dipenuhi, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan perpanjangan ke samsat terdekat.

BANGKOK, THAILAND – 2020 July 21: Suzuki XL7 displayed at the Bangkok International Motor Show 2020 . The XL7 is the seven seats SUV-style car.

.

Tahapan Perpanjangan STNK Motor 5 Tahunan

Supaya lebih mudah dalam  perpanjangan, sebaiknya Anda mencari lokasi samsat atau samsat pembantu terdekat. Pastikan kantor samsat tersebut melayani perpanjangan STNK 5 tahunan. 

Datanglah di pagi hari karena biasanya kantor samsat ini sudah ramai sejak buka. Anda yang tidak ingin terlalu lama mengantri bisa memperoleh nomor antrian awal jika datang lebih pagi. 

Jika sudah mempersiapkan syarat dan diri dengan baik, Anda bisa mengikuti tahapan perpanjangannya sebagai berikut:

  • Mengambil Nomor Antrian dan Mengisi Formulir 

Pada saat sampai ke kantor samsat, Anda bisa mengambil nomor antrian tersedia. Usai menerima nomornya, datang ke petugas untuk meminta formulir perpanjangan STNK 5 tahunan. 

Isilah formulir tersebut sesuai dengan data yang terdapat pada STNK. Anda bisa menulis dengan mengacu pada STNK tersebut. Karena harus mengisi formulir, sebaiknya bawalah pulpen sendiri. 

  • Melakukan Cek Fisik 

Apabila Anda sudah mengisi formulir dengan benar, maka akan langsung dipanggil pertama kali untuk cek fisik kendaraan sesuai nomor yang sudah diambil. Oleh karena itu Anda wajib untuk membawa kendaraan yang ingin diperpanjang. 

Petugas akan menggesek nomor rangka dan nomor mesin yang terdapat di bagian mesin motor menggunakan kertas khusus. Pencocokan warna motor, seri dan nomor plat pun akan dilakukan pada cek fisik ini. 

Apabila petugas sudah selesai mengecek, maka Anda bisa kembali menyerahkan berkas cek fisik ke bagian fiskal. Pada bagian ini semua dokumen yang dikumpulkan akan dicek kembali untuk mengetahui apakah kendaraan memenuhi syarat perpanjangan. 

  • Membayar Pajak Lima Tahunan 

Langkah selanjutnya adalah menunggu dipanggil pada bagian kasir. Anda hanya perlu nama sesuai STNK dipanggil dan pergi ke bagian kasir. Pada bagian ini petugas akan menyebutkan nominal yang harus dibayarkan. 

Anda akan mendapatkan penjelasan biaya tersebut dengan cepat dan harus langsung membayar. Besar kecilnya biaya ini juga disesuaikan jenis kendaraan, biasanya untuk motor besarannya adalah 200 ribu rupiah. 

  • Mengambil STNK dan Plat Nomor 

Usai melakukan pembayaran, Anda akan memperoleh kwitansi pembayaran dan harus menunggu kembali. Tinggal tunggu hingga nama sesuai STNK dipanggil kembali dan mengambil STNK yang sudah diperbarui. 

Anda juga bisa mendapatkan plat nomor baru dengan keterangan tahun sudah diperbarui. Jadi Anda tidak akan kesulitan untuk membuat plat nomor sendiri, karena plat nomor asli sudah langsung diberikan. 

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan pembayaran pajak lima tahunan motor. Kini Anda tidak perlu lagi menunggu hingga STNK mati dan menunggu lagi program pemutihan. 

Jika STNK motor mati Anda pun akan kurang nyaman ketika harus bepergian dengan motor bukan? Jadi pastikan pajak kendaraan sudah dibayar tepat waktu. Apalagi jika motor Suzuki Anda di rumah kini sudah harus diperpanjang. 

Pastikan motor selalu dalam kondisi yang prima baik dari segi kemampuan sampai dengan surat-surat. Anda tentunya jadi lebih nyaman ketika berkendara. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.