5 wisata unik di dekat ibu kota baru indonesia
Lifestyle,  Traveling

Kutai Kartanegara Punya 5 Tempat Wisata Unik di Dekat Ibu Kota Baru Indonesia

Buibuk, udah pada tau belum nih kabar pemindahan ibu kota baru? Pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur sepertinya sudah bukan rencana lagi. Bahkan, lokasi ibu kota baru juga telah disepakati oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Di mana lokasi yang nantinya akan menjadi ibu kota baru Indonesia adalah di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Nah, seperti yang diketahui, bahwa di Kutai Kartanegara merupakan sebuah lokasi atau kabupaten yang memiliki tempat wisata unik bersejarah yang menarik. Bahkan, tempat wisata sejarah yang di Kutai Kartanegara pun tidak kalah bagus daripada tempat wisata sejarah di ibu kota saat ini, yakni di Jakarta.

Mau tahu tempat wisata bersejarah apa saja yang ada di ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur ini? Dihimpun dari berbagai sumber, yuk simak daftar 5 tempat wisata di Kutai Kartanegara dekat ibu kota baru Indonesia:

1. Museum Mulawarman 

Tempat wisata pertama di Kutai Kartanegara dekat ibu kota baru Indonesia adalah Museum Mulawarman. Terletak di Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Museum Mulawarman menyimpan lebih dari 5 ribu artefak.

Koleksi Museum Mulawarman meliputi patung-patung, perabotan kuno, tempat tidur yang didekorasi dengan kain doyo dari tangan dan barang-barang dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan. Tidak hanya itu, museum ini juga dinamai seperti Raja Mulawarman dari kerajaan Kutai kuno, dan museum ini juga berdiri dekat dengan Mahakam, datu sungai terbesar di Indonesia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KALTIM (@explorekalimantantimur) on

2. Taman Kota Raja Tenggarong

Salah satu taman yang terdapat di Kutai Kartanegara, dekat ibu kota baru Indonesia adalah Taman Kota Raja Tenggarong. Tidak hanya sekadar taman, tempat ini juga sering dijadikan tempat wisata untuk penduduk berakhir pekan. Tidak hanya itu, Taman Kota Raja Tenggarong ini juga dikenal dengan patung-patungnya yang menyerupai pohon, ditambah taman ini berada di Jembatan Kartanegara yang melintas di atas Sungai Mahakam. Untuk harga tiket masuk, taman yang buka 24 jam ini dikenakan bisaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu saja per orang.

.

3. Ladang Budaya

Tempat wisata selanjutnya di Kutai Kartanegara deket ibu kota baru Indonesia adalah Ladang Budaya. Tempat wisata yang dikenal dengan nama Ladaya ini termasuk salah satu tempat wisata yang sangat populer di Tenggarong.

Tidak hanya itu, Ladaya juga memiliki kebun binatan mini yang menampung beberapa koleksi binatang, seperti burung enggang, beruang madu, siamang, dan merak Borneo. Ladaya juga memiliki beberapa spot menarik yang sering diburu wisatawan untuk berswafoto dan wisata edukasi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KALTIM (@explorekalimantantimur) on

.

4. Pulau Kumala

Sebuah pulau kecil di tengah-tenagh Sungai Mahakam yang terbentang luas nan panjang ini, memang sangat menarik perhatian sekali. Bagaimana tidak, pulau kecil yang bernama Pulau Kumala ini merupakan salah satu tempat wisata di Kutai Kartanegara dekat ibu kota baru Indonesia, yang dibuka untuk umum.

Pulau ini memiliki menara pandang yang juga dibuka untuk umum, di mana pengunjung bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Selain itu, di pulau ini juga terdapat area bermain anak-anak dan kereta gantung, sehingga menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata yang ideal bagi pengunjung yang sedang berada di Kutai Kartanegara.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KALTIM (@explorekalimantantimur) on

.

5. Bukit Biru

Berikutnya, ada tempat wisata di Kutai Karta Kartanegara dekat ibu kota baru Indonesia. Di mana tempat wisata ini merupakan destinasi wisata alam yang populer di Kutai Kartanegara. Karena, pengunjung bisa menikmati pemandangan luar biasa indah, yakni sunset dari matahari terbenam dari Bukit Biru ini di sore hari.

Baca juga: Family Staycation di Best Western Premier The Hive Hotel Jakarta

Nah, itu ah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kutai Kartanegara dekat ibu kota baru Indonesia. Nah, bagi kamu yang masih belum mengetahui terkait fakta-fakta menarik di balik ibu kota baru Indonesia yang ada di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur, berikut beberapa fakta yang bisa kamu ketahui mulai dari alasan perpindahan ibu kota, lahan, hingga biayanya di link di bawah ini: https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *