wisata bukittinggi
Lifestyle,  Traveling

5 Destinasi Wisata ‘Nggak Biasa’ yang Wajib Kamu Kunjungi di Bukittinggi

Jangan pandang sebelah mata, ternyata daerah Bukittinggi yang merupakan salah satu kota di wilayah provinsi Sumatera Barat ini, memiliki pesona yang tak biasa loh. Bahkan wisata Bukittinggi banyak menyimpan nilai sejarah dan historis yang tinggi dan masih kental. Ditambah dengan lokasi yang berada di perbukitan dan diapit oleh dua gunung besar, yakni Gunung Singgalang dan Gunung Marapi, membuat daerah ini sangat sejuk.

wisata bukittinggi

Beragam destinasi wisata ‘nggak biasa’ juga sangat menarik perhatian wisatawan. Kamu bisa memilih satu diantaranya, atau bahkan mengunjungi semuanya. Karena semua wisata Bukittinggi patut kamu kunjungi, apalagi ketika liburan bersana keluarga, teman atau orang terkasih. Nah, berikut ini ada 5 rekomendasi destinasi wisata Bukittinggi yang ‘nggak biasa’ serta mempesona ini:

1. Lubang Jepang

Jika di Bandung ada Goa Jepang, di salah satu wisata Bukittinggi ada Lubang Jepang. Dilihat dari sejarahnya, bahwa di Bukittinggi ada sebuah bunker atau terowongan bawah tanah yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Lubang Jepang ini juga sekaligus sebagai tempat berlindung dan penjara bagi tawanan perang.

Memiliki kedalaman lubang hingga 49 meter di bawah permukaan tanah, dan panjang mencapai 1.400 meter dan lebar 2 meter. Tidak hanya sebuah lubang buntu, Lubang Jepang atau terowongan ini juga ternyata bisa tembus ke beberapa tempat lain seperti Ngarai Sianok, benteng Fort de Kock, Jam Gadang hingga Istana Bung Hatta.

Maka tak heran jika, Lubang Jepang ini disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang di Asia. Tidak hanya ruang kosong, terowongan ini ternyata memiliki ruang khusus seperti ruang penjara, gudnag senjata, dapur, hingga ruang pengintaian dengan suasana yang horor.

Namun, jika kamu dan keluarga berencana ingin liburan ke Lubang Jepang sebagai bagian wisata Bukittinggi, sebaiknya kamu menggunakna jasa tour guide, agar tidak tersesat di terowongan. Untuk masuk ke terowongan kamu hanya cukup membayar tiket Rp 10 ribu, dan kamu bisa berkunjung di jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Wisata Bukittinggi (@wisatabukittinggi) on

2. Jam Gadang

Sekita mengunjungi tempat wisata Bukittinggi, tak lengkap jika kamu tak menyambangi Jam Gadang. Monumen yang memiliki tinggi 36 meter, dengan 4 tingkat ini didirikan pada tahun 1926, di era kolonial Hindia Belanda.

Tempat wisata Bukittinggi Jam Gadang ini memiliki banyak sudut yang bisa digunakan sebagai spot foto. Maka tak heran jika Jam Gadang selalu ramai dikungjungi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

 

3. Benteng Fort de Kock

Masih berisi wisata Bukittinggi yang memiliki nilai sejarah tinggi, Benteng Fort de Kock juga merupakan benteng peninggalan masa penjajahan Belanda. Maish berdiri kokoh hingga sekarang, benteng ini dahulu pernah digunakan sebagai benteng pertahanan oleh Belanda saat menghindari serangan rakyat Minangkabau yang dikenal dalam ‘Perang Paderi’.

Terletak di sebuah bukit, benteng ini dikelilingi oleh empat meriam kecil. Sempat dilakukan renovasi di tahun 2002, benteng ini selanjutnya berubah menjadi Taman Kota Bukittinggi dan Taman Burung Tropis. Namun, nilai sejarah dari Benteng Fort de Kock ini masih bisa dinikmati dan dipelajari sejarahnya loh.

Spot-spot foto yang instagrammable juga sangat menarik perhatian pengunjung. Kamu dan keluarga bisa mengunjungi benteng ini mulai dari jam 09.30 hungga 17.30 WIB.

 

4. Janjang Saribu

Jajang Saribu merupakan tempat wisata Bukittinggi yang memiliki arti tangga seribu. Makna tersebut ternyata tidak hanya kiasan alias memang benar-benar ada. Konon katanya, Jajang Saribu memang merupakan tempat wisata alam yang memiliki anak tangga yang jumlahnya mencapai seribu.

Dengan menempuh perjalanan dengan menaiki seribu anak tangga, nantinya kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, bahkan sekilas kamu seperti merasa di Great Wall di China, namun ini versi mininya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yohanes Wahyu W. (@whywijayanto) on

5. Puncak Lawang

Wisata Bukittinggi yang terkenal karena keindahan alamnya adalah Puncak Lawang. Tidaknya ada pemandangan bukit dan pegunungan, di Puncak Lawang juga terdapat pemandangan Danau Maninjau yang sangat indah bak di negeri dongeng.

Dengan luas sekitar 25 km persegi, kota Bukittinggi ternyata masih menyimpan banyak destinasi wisata bersejarah yang tidak kalah menarik untuk diulik. Nah beberapa objek wisata Bukittinggi selanjutnya bisa kamu lihat di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/intip-5-wisata-kota-bukittinggi-yang-pernah-jadi-ibu-kota-negara/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *