health,  parenting

Usia 4 Bulan, Sudahkah Si Kecil Menunjukan 5 Hal ini ?

Moms Alhamdulilah NafeesaAli hari ini genap 4 bulan. Pada postingan sebelumnya saya pernah sedikit mengulas tentang tahapan fase pada bayi. Nah, hari ini saya akan melengkapi informasi di artikel sebelumnya.


Sebelum bayi berusia 6 bulan setidaknya ada beberapa signal yang bayi tunjukan sebagai tanda tumbuh kembang bayi. 5 milestone pada bayi yang harus Moms ketahui:
    EYE CONTACT. Kontak mata dilakukan bayi pada usia 6-8 minggu. Hal pertama yang dilihat adalah ibunya, bayi akan mengamati kita saat sedang menyusu. Jarak yang dekat antara kita dengan bayi memudahkannya melihat dengan seksama sekaligus mengenali kita sebagai ibunya.

    SENYUM. Senyum pertama bayi akan mulai ditunjukan pada usia 8 minggu. Senyum ini disebut senyum social dimana bayi akan menunjukan respon dengan tersenyum, misalnya ketika bayi mendengar suara ibunya, ia akan mudah merespon dengan senyuman. Seringlah mengajaknya bicara dan bercanda agar si kecil tidak mudah bosan.

    COOING atau MENDEKUT. Di usia 8 minggu, selain tersenyum bayi juga sudah bisa menghasilkan bunyi “aaauhhhh”, “ooohh” dan tampak serius sedang bercerita. Meskipun kita tidak mengerti apa yang diucapkan si kecil tapi berusahalah menanggapi dengan ramah agar bayi merasa senang dan melakukannya lagi.

    BUBLING ATAU BERGUMAM. Tahapan ini umumnya muncul di usia 3-4 bulan. NafeesaAli sudah mulai bergumam di usia 3 bulan dengan mengucapkan “mamama”, “numnumnum”.

    MERAIH DAN MEMEGANG. Di usia 5-7 bulan, rasa ingin tahunya meningkat dan membuatnya untuk meraih dan memegang benda. Bayi mulai mengeksplorasi benda apapun yang dilihatnya, termasuk jari dan rambut ibunya. Gerakan tangannya lebih stabil dari sebelumnya.
      Tumbuh kembang pada bayi memang berbeda-beda namun penting ya Moms untuk selalu memperhatikan setiap perkembangan si kecil, terutama melatih panca indera bayi seperti, memberikan stimulasi pada pedengaran, penglihatan, meraba, juga menghasilkan bunyi-bunyi sebagai respon bayi. Nantikan informasi tumbuh kembang bayi lainnya ya Moms.

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *