event,  feature,  health

LoveCare, Aplikasi Layanan Homecare Berkualitas dan Terpercaya

Saya tidak pernah melewatkan untuk menelpon ibu yang tinggal jauh disana. Sejujurnya, ada rasa khawatir meninggalkan beliau sendirian. Berkali-kali saya mengajak beliau untuk tinggal bersama kami di Jakarta namun selalu menolak karena ngga betah dengan kualitas udara disini. Saya sempat berpikir, seandainya ada layanan homecare atau semacam perawat yang bisa datang ke rumah layaknya layanan ojek online, pasti akan sangat membantu. Saya bisa lebih tenang sebab ada yang merawat orangtua yang sudah lanjut usia. Adakah Buibuk yang merasakan hal serupa?

Di era digital teknologi seperti saat ini, ngga ada yang ngga mungkin. Apa yang saya butuhkan dulu, terjawab sudah dengan hadirnya LoveCare. Kabar baik banget buat Buibuk yang memang memiliki anggota keluarga yang membutuhkan bantuan layanan kesehatan khusus.

LoveCare, Aplikasi Layanan Homecare Terpercaya

LoveCare merupakan layanan homecare berbasis digital yang bisa kita akses melalui mobile phone. LoveCare sudah berjalan sejak tahun 2018 namun baru diperkenalkan officially akhir Januari lalu (30/1).

Aplikasi LoveCare menghubungkan pasien, tenaga medis dan dokter. Dengan kata lain, LoveCare menghubungkan 2 profesional dengan pasien.

Hadir pula,  Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM, Menteri Kesehatan Indonesia 2014-2019, yang juga sharing perjuangannya saat merawat orangtua yang tengah sakit dan butuh perawatan khusus. Untuk beberapa kasus, seperti pasien dengan luka bakar, butuh orang yang memang mengerti dan terbiasa . Hal paling sederhana misalnya melepas dan memasang perban sesuai anjuran medis. Kita mungkin memiliki Asisten Rumah Tangga namun belum tentu mereka bisa melakukan hal tersebut. Sehingga Ibu Nila menyambut hangat kehadiran LoveCare.

Dengan Aplikasi Lovecare, Perawat Datang ke Rumah Sesuai Pesanan

Betul sekali, cukup menggunakan smartphone kita bisa memesan perawat dengan profil yang kita butuhkan. LoveCare memiliki tiga kualifikasi atau tipe perawat dengan skill dan pengalaman yang berbeda diantaranya:

  • Nurse, yaitu perawat minimal telah menyelesaikan Pendidikan D3 atau S1 Keperawatan dan sudah teregistrasi dan tersertifikasi yang ditunjukan oleh berkas yang sah dan valid.
  • Nurse Assitant, yaitu perawat yang sudah menyelesaikan Pendidikan Keperawatan namun belum teregistrasi.
  • Care Giver, perawat lulusan SMK Keperawatan, yang sudah memiliki dasar ilmu keperawatan dan memiliki keterampilan untuk mengatasi daily activity pasien di rumah.

LoveCare Buka Lapangan Kerja untuk Tenaga Keperawatan di Indonesia

Ibu Nila menuturkan bahwa jumlah tenaga perawat di Indonesia itu cukup banyak. Sehingga dengan adanya LoveCare diharapkan bisa membantu membuka lahan pekerjaan bagi para perawat.

LoveCare Terapkan Serangkaian Uji dan Tes bagi Calon Perawat

Nah, sekalian juga nih saya informasikan, buat para perawat yang ingin bergabung bersama tim LoveCare bisa mengajukan diri melalu website LoveCare https://lovecare.id/join-us

. Namun, pastikan kalau kamu siap dengan tes yang akan dilakukan baik itu materi, praktek hingga psikotes. Sebab, kabarnya LoveCare menerapkan sistem uji yang cukup ketat. Seperti yang disampaikan Dr. Venita Eng, dari 700 applicant, hanya 2 perawat yang terpilih. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas layanan LoveCare tetap pada standar tinggi dengan tenaga perawat yang kredibel dan terpercaya. Sebab LoveCare ingin menjaga kepercayaan pasien dan keluarga.

Ada 4 tahap seleksi bagi calon perawat, yaitu:

  • Penyaringan berkas, seleksi administrasi, berkas/dokumen, ijazah jelas, SPR aktif.
  • Psikotest (IQ dan EQ) perawat akan menyentuh pasien sehingga garus memiliki EQ yang baik. Misalnya ngga bolek panik, kebayang dong kalo perawatnya panikan, semua anggota keluarga pasien bisa ikut panik.
  • Interview dengan Psikolog untuk mengetahui kepribadian dan karakter calon perawat.
  • Interview dengan dokter.

LoveCare Melayani dengan Hati

Ibu Veronica Tan, President Commisioner LoveCare menjelaskan, Latar belakang berdirinya LoveCare sebab mereka menyadari adanya kebutuhan perawat bagi para orangtua dan lansia yang sebagian besar memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu. Namun biasanya para orangtua enggan untuk melakukan perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu lama. Sehingga perawatan di rumah menjadi solusi.

Lovecare, selaras dengan tagline mereka yakni “We Love We Care”, ingin memberikan layanan terapi dari hati ke hati. Karena orang yang sakit tak hanya membutuhkan perlakuan medis namun juga perlakukan secara psikologis seperti diajak mengobrol, dibacakan buku favoritnya dan kegiatan lain yang membuatnya lupa dengan penyakit yang diderita.

Mengenal Aplikasi LoveCare

Dengan aplikasi LoveCare, pasien dapat memilih perawat baik itu pria maupun wanita sesuai kebutuhan. Target konsumennya sendiri memang pasien orangtua atau lansia yang harus dirawat di rumah. Namun, LoveCare juga menyediakan layanan perawatan lain seperti bantuan injeksi. Untuk saat ini, LoveCare baru beroperasi di wilayah Jabodetabek. Namunm tidak menutup kemungkinan akan segera hadir di kota lainnya.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi LoveCare sebagai layanan homecare terbaik dan terpercaya:

  • Download aplikasi LoveCare.
  • Lakukan registrasi terlebih dahulu dan isi data pasien dengan benar seperti  berat badan, tinggi badan. Jika pemesanan untuk diri sendiri, maka isilah data diri sendiri. Sementara, jika layanan homecare ditujukan untuk orangtua bisa diisi bagian relasi.
  • Muncul pilihan layanan medis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti perawat, asisten perawat atau care giver.
  • Ada juga layanan doctor visit yang langsung bisa datang ke rumah tergantung kebtuuhan dan bisa diatur jadwal kunjungannya. Namun jika pasien tidak membutuhkan dokter, makan tidak perlu dipilih.
  • Mengisi lokasi detail untuk menginformasikan alamat dan mengetahui perawat mana yang available di lokasi tersebut.
  • Pilih LoveCare Premium dan Reguler. Untuk Perawat Premium harganya sudah fix karena Perawat Premium sudah melalui tahapan training. Sementara Perawat Reguler atau marketplace, pasien bisa memilih sendiri perawat pada aplikasi sesuai dengan kecocokan. Pasien bisa melihat profile perawat reguler.
  • Setia perawat wajib membuat laporan secara online. Laporan bisa mereka cicil secara online saat bertugas. Laporan akan masuk ke data base dan bisa dipantau oleh keluarga.

Saat ini sudah ada 14 pasien yang menggunakan layanan LoveCare dengan detail perawat premium sebanyak 6 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *