health,  parenting

Lakukan 4 hal Ini Saat Anak Demam


Selain harus siap lahir  bathin, menjadi orang tua juga harus sigap dalam menyiapkan P3K dan perlengkapan kesehatan lainnya, seperti thermometer. Moms, sudah punya termometer di rumah kah? Jenis thermometer apapun wajib dimiliki untuk orangtua yang memiliki bayi dan balita loh Moms. Bayi dan balita rentan mengalami demam, ketika tumbuh gigi, perubahan cuaca, terlalu lama bermain, terlalu lama terkena angina diluar rumah dan banyak faktor penyebab lainnya. Oleh karena itu, thermometer harus selalu ada bahkan dibawa saat bepergian untuk mengecek suhu tubuh si kecil saat mengalami demam. Selain thermometer, lakukan 5 tips ini sebagai langkah awal untuk membantu menurunkan demam.

1. MENGOMPRES DENGAN AIR HANGAT

Sebagai langkah awal saat si kecil demam dan badannya panas, Moms bisa mengompresnya dengan air hangat disalah satu area yang mudah dijangkau dan tidak menggangu si kecil beristirahat atau tidur, seperti pada area kepala, ketiak dan kakinya. Mengompres dengan handuk lembut dan air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darahnya. Tidak dianjurkan mengompres dengan air dingin dan air es karena dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat serta membuat si kecil menggigil kedinginan.

2. BANYAK MENGONSUMSI AIR PUTIH

Agar si kecil tidak dehidrasi, upayakan untuk menjaga asupan cairannya. Moms bisa berikan air putih hangat atau minuman lain yang aman dan disukai sikecil. Yang terpenting ia tidak kekurangan cairan karena dehidrasi justru akan membuat suhu tubuhnya semakin panas.

Baca juga : Pengertian Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

 

3. MANDI AIR HANGAT

Moms jangan biarkan si kecil yang sedang demam mandi air dingin karena akan membuatnya mengigil. Biarkan ia mandi air hangat suam-suam kuku, hindari air yang terlalu panas karena akan membuat kulit si kecil kering dan hilang kelembapannya. Mandi air hangat juga membantunya lebih relaks dan merasa fresh.

 

4. MENGUKUR SUHU BADAN ANAK SECARA BERKALA

Anak-anak rentan terserang demam, namun bukan berarti kita menganggapnya sepele. Ada beberapa indikasi demam yang dapat membahayakan kondisi si kecil dalam hitungan jam sekalipun. Moms, perlu mengukur suhu tubuh si kecil secara berkala dan mencatatnya jika perlu. Jika panasnya tidak lekas turun, melebihi 38°C, sebaiknya Moms segera membawa si kecil ke dokter terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!