financial

Ingin Hemat ? Hitung Anggaran Belanja dengan Rumus Ini

Sebagai seorang isteri sekaligus sebagai ibu dari anak-anak kita, kewajiban kita tidak hanya sebatas merawat suami dan anak saja, namun urusan anggaran rumah tangga juga harus kita atur agar pengeluaran belanja tidak membengkak setiap bulannya. Jika kita dapat mengatur keuangan keluarga, pendapatan suami pun bisa kita sisihkan atau ditabung untuk kebutuhan yang lain seperti biaya pendidikan anak, renovasi rumah, atau membeli perlengkapan rumah tangga lainnya.

BELANJA HEMAT, BUDGETING BULANAN, TIPS MENGATUR KEUANGAN RUMAH TANGGA



Setelah berumah tangga selalu ada saja kebutuhan yang menunggu setiap bulannya, bulan lalu service kendaraan, bulan ini ada barang elektronik yang rusak, bulan depan bayar les anak, belum lagi kebutuhan lain yang tiba-tiba muncul tanpa diundang. Jika kita boros dan terbiasa menghabiskan uang diawal setiap bulan yang ada suami pusing kepala cari tambahan. Belum lagi kebijakan dan peraturan pemerintah yang sering tiba-tiba menaikan harga seperti BBM, listrik atau biaya lainnya tentu saja sebagai ibu rumah tangga kita harus pintar mengelola kebutuhan keluarga.


Selain meminimalisir belanja bulanan agar tidak over budget, perlu juga kita membuat anggaran bulanan setiap bulannya untuk menghitung estimasi budget yang dibutuhkan satu bulan ke depan. Selain membantu merancang keuangan keluarga, budgeting juga memicu kita untuk semangat menabung karena akan terlihat apakah bulan ini kita bisa menyisihkan uang atau malah menguras tabungan.

Bingung saat membuat anggaran bulanan? Anda bisa coba rumus excel yang saya buat dalam format xls dan bisa didownload disini GRATIS.

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!