nomenclature card buah, three part card, nomenclature kartu, three period lesson, free download printable indonesia, 3PL montessori, montessori di rumah
BBC,  Printable

[Nomenclature Card Fruits] Nomenclature Card Buah: Three Part Card Montessori

Nomenclature card buah dapat digunakan untuk mengenalkan nama buah-buahan kepada anak. Nomenclature card atau disebut juga Three Part Card atau kartu 3 bagian dibuat untuk membantu menambah kosakata anak. Ada 3 bagian dalam satu rangkaian yaitu teks atau nama dan tulisan buah, gambar buah dan nama serta gambar buah sekaligus.

Satu set kartu nomenklatur terdiri dari satu kartu tunggal yang menampilkan gambar dengan kata yang sesuai di bawahnya. Kartu ini disebut “set kontrol”. Kartu kedua di set ini disebut sebagai “set kerja”. Perangkat kerja termasuk kartu gambar dan kartu label terpisah yang menampilkan kata yang sesuai.

nomenklatur kartu bahasa indonesia, nomenclature card buah, three part card, nomenclature kartu, three period lesson, free download printable indonesia, 3PL montessori, montessori di rumah

Nomenclature card dapat juga diberikan kepada anak-anak yang sedang belajar mengenal huruf dan membaca. sehingga anak lebih familiar dengan rangkaian huruf yang membentuk satu kata. Seperti, apel, anak akan familiar tulisan apel terdiri huruf a, p, e dan l.

nomenclature card buah, three part card, nomenclature kartu, three period lesson, free download printable indonesia, 3PL montessori, montessori di rumah

Printable Montessori nomenclature cards

Dalam penggunaannya, Ibu bisa mengkombinasikan nomenclature card dengan figurin atau benda aslinya langsung sehingga anak lebih mudah mengingat dan memahami tidak hanya menghafal dari gambar saja. Sebab dalam Montessori, anak harus bekerja dengan tangannya terlebih dahulu, dengan benda nyata atau objek nyata.

Meskipun nomenklatur identik dengan kegiatan Montessori, namun sebenarnya penggunaanya tetap bisa diterapkan pada berbagai metode lain.

Untuk balita, nomenclature card dapat digunakan untuk permainan mencocokkan sederhana. Bisa dimulai sejak usia 3 atau 4 tahun setelah motorik dan sensorialnya terpenuhi.

Three part card atau nomenclature card memperkenalkan konsep bahwa objek dan gambar dapat diwakili oleh bahasa tertulis. Ketika anak-anak pra-membaca mencocokkan bagian kata dari kartu nomenklatur dengan kartu kontrol, mereka hanya mencocokkan huruf/bentuk huruf.

Silahkan download nomenclature card fruits disini

Download Nomenclature Card Buah

Download Three Part Card Montessori

Download Kumpulan Printable

Belajar Montessori dari awal

One Comment

  • endah

    wah terima kasih sekali sudah share printable dan pengalaman menerapkan montessorinya, Mba. Semoga menjadi jariyah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0
Your Cart is empty!

It looks like you haven't added any items to your cart yet.

Browse Products