danone, aqua, pabrik daur ulang plastik, daur ulang botol plastik, botol plastik pet
Lifestyle

Danone-AQUA Dan Veolia Resmikan Pabrik Daur Ulang Botol Plastik PET Termutakhir

Danone-AQUA Dan Veolia Resmikan Pabrik Daur Ulang Botol Plastik PET Termutakhir. Tahun 2019, saya berkesempatan untuk mengunjungi tempat pengumpulan sampah di Bali dibawah naungan Danone-AQUA. Semua sampah botol plastik ditampung dan dipilah untuk diolah kembali di pabrik pengolahan botol plastik di Bandung.

Senang sekali saat mendengar kabar bahwa Danone-AQUA dan Veolia meresmikan pabrik daur ulang botol plastik PET terbesar dan termutakhir di Indonesia. Pabrik tersebut berlokasi di Kawasan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

danone, aqua, pabrik daur ulang plastik, daur ulang botol plastik, botol plastik pet

Veolia Indonesia merupakan perusahaan lokal dibawah naungan grup Veolia yang berbasis di Prancis. Dengan pengalamannya panjangnya tersebut membentuk Veolia menjadi perusahaan benchmark untuk transformasi ekologi.

Rabu lalu (30/6) saya bersama rekan blogger lainnya turut menyaksikan peresmian pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 22.000 m2, dengan luas bangunan 7.000 m2. Peresmian dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita bersama CEO Veolia Saoutheast Asia, Sven Beraud- Sudreau dan Presiden Direktur Danone-Aqua, Connie Ang.

Seperti yang disampaikan oleh CEO Veolia, pabrik tersebut mampu menghasilkan 25.000 ton recycled PETatau rPET per tahun yang telah memenuhi standar keamanan pangan (food grade) dan tersertifikasi halal.

Veolia mewujudkan prinsip ekonomi sirkular dan lokal dimana botol plastik PET bekas tidak akan lagi dibuang ke TPA atau aliran air tetapi akan terus memiliki kehidupan baru.

Sementara Danone-AQUA kini menjadi konsumen utama Veolia untuk mendukung operasional pabrik Veolia Indonesia sekaligus memastikan terbentuknya rantai pasok botol plastik bekas PET yang iknlusif. Veolia dan Danone-AQUA bekerja sama dengan pemasok sampah plastik lokal dan mitra dalam berbagai program untuk memberdayakan pemulung, pemilah, pengangkut, menciptakan kondisi kerja yang lebih baik.

Fyi, Veolia telah bekerja sama dengan pemerintah di sejumlah negara untuk membantu pengelolaan sampah plastik. Sehingga Veolia terbukti sebagai perusahaan yang memiliki teknologi canggih untuk mendaur ulang sampah botol plastik di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan komitmen Danone-AQUA yang  senantiasa peduli terhadap keberlangsungan bumi dengan program #BijakBerplastik. Upaya yang dilakukan diantaranya seperti pengumpulan sampah plastik dan percepatan inovasi kemasan.

Ibu Connie Ang menyampaikan, kolaborasi yang dilakukan Danone-AQUA bersama Veolia Indonesia dapat meningkatkan volume plastik PET daur ulang atau rPET yang digunakan di seluruh kemasa botol AQUA hingga 3x lipat dibandingkan pemakaian saat ini.

Sebagai konsumen AQUA, saya sangat mengapresiasi usaha Danone-AQUA untuk menyelamatkan keberlangsungan hidup. Bahkan saat ini, seluruh kemasan botol plastik Danone-AQUA mengandung material daur ulang hingga 25%.

Dan mungkin kamu pernah melihat juga di supermarket ada kemasan botol 1 liter AQUA yang polos, berbeda dari yang biasanya. Nah, botol tersebut merupakan botol air minum pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% plastik PET daur ulang (Aqua Life). Tanpa label kemasan, botolnya lebih lunak dan tutupnya transparan.

Dengan adanya kerjasama bersama dengan Veolia, semakin nyata aksi Danone-AQUA untuk Indonesia. Tak hanya menciptakan produk ramah lingkungan namun juga berupaya untuk mendaur ulang sehingga dapat menekan penggunaan bahan baku plastik baru.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *