Lifestyle,  self improvement

Bhinnekacom : Lakukan Hal ini Agar Video Blog-mu Tampil Lebih Menarik

Siapakah Moms disini yang sering banget belanja online? E-commerce apa sih yang jadi andalan Moms saat berbelanja on-line? Pastinya e-commerce yang terpercaya, prosesnya cepat dan aman saat bertransaksi ya Moms. Nah, bicara soal e-commerce terpercaya, saya jadi teringat Bhinnekacom sebagai salah satu e-commerce yang populer, terutama untuk pecinta gadget dan segala macam pernak-perniknya.

Bhinnekacom, Indonesia’s No.1 Online Store, sesuai dengan tagline nya Bhinneka memang menjadi pelopor e-commerce sebelum yang lain menjamur seperti saat ini. Saya dan suami pun sering sekali belanja disana, mulai dari harddisk, mouse, flashdisk, powerbank, aksesoris handphone dan masih banyak lagi barang di rumah yang kami beli melalui website www.bhinneka.com. Gak cuma itu, ternyata di Bhinnekacom juga tersedia produk lainnya loh seperti kebutuhan rumah tangga, home appliances, kecantikan dan kesehatan hingga perlengkapan bayi juga available there.

Saya pun turut memantau Youtube Bhinneka untuk keep update information, mereka juga sering share unboxing gadget terbaru loh, jadi bisa dijadikan pertimbangan saat kita akan membeli produk tersebut.

Bulan ini, Bhinnekacom dengan Bhinneka Community Zone nya bersama Kumpulan Emak Blogger menggelar sebuah acara yang bertajuk cara membuat video blog menjadi lebih kekinian. Hadir pula Bella Panggabean sebagai Director of Photograhy dan pemilik blog bellapanggabean.com yang karyanya sudah dikenal banyak orang, serta teman-teman dari Team Microsoft Indonesia sebagai narasumber pada acara tersebut, yang berlangsung pada hari Sabtu (9/12) bertempat di Bhinneka Head Office, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Tentu saja acara tersebut menarik minat para moms blogger yang semuanya berstatus sebagai ibu rumah tangga, meskipun sebagian memang ada juga yang masih bekerja. Dunia blogging yang lebih familiar dengan rangkaian kata dan image pendukung, kini bermetamorfosis menjadi lebih kreatif yakni menggabungkan unsur videografi yang dikemas dengan menarik. Video yang ditampilkan dalam halaman blog kita tentu saja bertujuan untuk menarik minat pengunjung sehingga selain informasi yang mereka dapatkan, pengunjung juga mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke blog kita.

Terkadang, ada beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat namun dapat disampaikan melalui gambar atau video. Sehingga pesannya lebih menyentuh hati,” papar Bella kepada puluhan Emak Blogger yang hadir. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya seputar teknik pengambilan gambar yang selama ini menjadi kendala.



Bella Panggabean, kemudian mempraktekan secara langsung bagaimana teknik dasar pengambilan gambar statis. Pada dasarnya, gambar diam itu lebih mudah untuk dicapture dibandingkan dengan gambar bergerak, namun banyak juga blogger yang belum paham nilai estetika pengambilan gambar tersebut. Misalnya seperti unsur Head Space, kita harus menentukan main object terlebih dahulu saat akan memotret, Moms bisa memposisikan main object ditengah, atau ditepi kanan kiri, namun pastikan tetap porposional dan fokus pada main object. Nah, head space ini berperan untuk menjaga jarak kepala dengan tepi margin frame camera kita, jangan sampai main object justru terpotong.


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolah gambar hingga dipublish atau ditampilkan pada blog atau Youtube kita (vlog):


1.  REDAKAN EGO

Meskipun kita sebagai seorang privat blogger namun pastikan tujuan Moms ngeblog itu untuk apa. Jangan sampai informasi yang dituang hanya untuk kepuasan pribadi tanpa memperhatikan audience atau pengunjung blog Anda.


2. SIAPKAN PERIPHERAL YANG SESUAI DENGAN KEPRIBADIAN ANDA

Seperti yang kita ketahui, merekam dan memotret dapat dilakukan dengan banyak alat, seperti kamera pocket, DSLR, Mirrorless, Action Cam, Web Cam, termasuk smartphone. Pastikan Moms memilih perlengkapan yang nyaman saat digunakan. Contohnya, saya memiliki tubuh yang skinny enough dan seringkali saya menghadiri event bersama anak yang masih berusia 14 bulan sehingga terkadang saya lebih memilih memotret dengan smartphone yang cukup mumpuni kualitas gambarnya, lebih simple dan tidak ringkih. Untuk kebutuhan khusus seperti review produk, saya lebih memilih menggunakan DSLR. Termasuk kebutuhan ngevlog yang tentu saja membutuhkan kamera yang mendukung, untuk menjaga kualitas gambar, Moms juga harus memperhatikan jenis kamera yang digunakan.

3. MEMILIKI ALUR CERITA

Video yang baik yaitu video yang pesannya tersampaikan kepada audience. Untuk mencapai tujuan tersebut sebuah video tentu harus memiliki cerita dengan alur yang menarik dan dimengerti seperti awal – tengah – akhir, sehingga setelah audience melihat video kita, diharapkan mereka dapat menceritakan kembali pesan video tersebut kepada orang lain.


4. KENALI LINGKUNGAN OBJEK PENGAMBILAN GAMBAR

Untuk mendapatkan hasil video dengan kualitas tinggi, harus didukung oleh kondisi lingkungan tempat pengambilan gambar yang kondusif, seperti:

  • Tidak terlalu ramai dan bising, karena suara dari luar akan ikut terekam dan menimbulkan noise pada video kita, kecuali memang temanya sengaja merekam situasi tersebut. Pada beberapa kesempatan juga kita perlu menggunakan perangkat audio untuk mendukung kualitas suara yang ditangkap, misalnya penambahan mic, clip on atau wireless microphone dan jenis mic lainnya.
  • Background tidak monoton, khusus pengambilan gambar indoor (biasanya dilakukan oleh beauty vlogger) untuk menghindari kejenuhan audience atau followers kita saat menonton video dapat diakali dengan mempercantik background. Hindari backgournd berwarna putih, sebaiknya memilih background dengan motif atau tambahan aksesoris lainnya. Pastikan Moms berada paling tidak 1 meter jaraknya dari background untuk mendapatkan hasil video tetap fokus pada Anda.
  • Perhatikan juga lighting atau pencahayaan, the biggest power of lighting is the sun, that’s why banyak photographer professional menganjurkan untuk mengambil gambar saat matahari bersinar terang dan cerah. Jika Anda mengandalkan lighting tambahan untuk shooting indoor, pastikan posisinya tidak backlight atau bahkan terlalu cerah sehingga audience tidak dapat menangkap main object yang dishoot.


5. MENGAMBIL BANYAK STOCK SHOOT

Saat dilapangan, sah-sah saja mengambil banyak stock shoot sebagai cadangan file untuk kita filter saat proses editing. Dengan adanya stock shoot, kita dapat memilih file mana yang kualitasnya bagus dan feel-nya dapet banget. Pengalaman saya pribadi, seringkali hanya mendapatkan 3-5 foto terbaik yang pas banget, dari sekian banyak stock shoot yang diambil. Menurut Bella, kita bisa mengambil gambar dan video dari benda atau orang-orang yang dekat dengan kita, contohnya saat ia melakukan shooting didalam kereta, ia mengambil pemandangan yang ia tangkap sepanjang jalan seperti pemandangan diluar jendela, penumpang kereta, dan lainnya.


6. KNOW YOUR TARGET AUDIENCE (FOLLOWERS)

Ini penting untuk dipertimbangkan, siapakah audience atau followers kita? Apakah ibu rumah tangga, remaja, beauty antusiast, traveler atau bahkan anak-anak? Dengan mengetahui target audience, blog dan vlog kita menjadi lebih spesifik tema dan isinya (sesuai dengan target audiencenya), mulai dari tata bahasa, gaya bicaranya, pengolahan kalimatnya, pemilihan gambar yang akan ditampilkan hingga materi yang akan kita publish. Anak-anak dan remaja tentu saja akan lebih menyukai gaya bahasa sehari-hari yang mudah dicerna atau bahasa anak gaul misalnya, dengan materi seputar dunia remaja pula. Lain halnya jika target audience kita ibu rumah tangga, tentu saja kalimat dan bahasa yang mereka pahami akan lebih diminati, dengan materi v/blog seputar keseharian mereka mulai dari tips dan trik, parenting hingga review produk rumah tangga. Intinya, semakin fokus dan mengerucut, semakin mudah membuat konten pada blog.

“Meskipun kita tinggal didalam lingkungan yang kesehariannya menggunakan bahasa inggris, namun ketika target audience kita ternyata ibu rumah tangga yang sehari-hari ngomongnya pake bahasa Indonesia, ya udah buat aja video dalam bahasa Indonesia, kan engagement-nya lebih kuat,” tegas Bella kepada peserta talkshow Sabtu lalu.


7. SHOW THEM, DON’T TELL THEM

Bercerita dengan sebuah video itu lebih asik, sesekali boleh juga seorang v/blogger memposting video perjalanannya dalam bentuk yang  berbeda. Kalo biasanya diceritakan dengan rangkaian kalimat, Anda mungkin dapat mencoba mengemasnya dalam bentuk video dengan latar musik yang sesuai. Just show them what you’ve done. Tidak perlu menambahkan voice over, just let the video’s running and tell the story to your audience.


8. BUILD IN INTERACTION

Setelah alurnya bagus, teknik pengambilan gambarnya oke, hasilnya pun cantik, satu step terakhir yang tidak boleh dilupakan yakni membangun interaksi dengan audience. Interaksi disini dalam arti mengajak followers untuk memberikan komentar, like, dan thumbs pada video kita. Dan jangan sungkan untuk mengajak pengunjung baru berlangganan channel youtube dan subscribe blog kita. Moms juga bisa menyarankan mereka untuk mengunjungi video lain agar semakin meningkat viewersnya. Moms juga dapat membagikan hasil video yang sudah dipublish melalui share social media seperti G+, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

The last is, just do it. Karena materi diatas tidak akan berarti apa-apa tanpa dipraktekan. Dibawah saya lampirkan juga video hasil belajar bersama Bhinneka Community Zone dan Kumpulan Emak Blogger (KEB).


MICROSOFT RILIS WINDOWS 10 DENGAN FITUR CANGGIH DAN TERBARUKAN

Tidak cukup sampai disitu, keseruan lainnya saat menghadiri Bhinneka Community Zone yakni talkshow bersama team Microsoft yang mengenalkan produk terbaru yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Nama Microsoft pasti sudah tidak asing lagi ya Moms, mulai dari rangkaian Microsoft office, Windows Movie Maker hingga paintnya. Tahun 2017, Microsoft kembali mengegerkan penggunanya dengan diluncurkannya Windows 10 dengan fitur menarik. 

APA YANG BARU DI WINDOWS 10 ???

Sejak Windows 10 diluncurkan, Microsoft telah merilis berbagai update dan fitur menarik untuk mengoptimalkan kinerjanya menjadi lebih baik, seperti fitur Cortana, Microsoft Edge, Maps, groove, Mail and Calendar, Skype, Photos, Xbox, dan lainnya.

Dua fitur andalan dan terbarukan milik Windows 10 juga turut dipamerkan pada acara workshop Bhinneka Community Zone, diantaranya Windows 10 Fall Creator dengan Paint 3D dan Photo Slideshow.


CIPTAKAN IMAJINASI ANDA DENGAN PAINT 3D 

Dari namanya Moms pasti sudah bisa menebak seperti apa kinerja Paint 3D ini. Yups, aplikasi ini merupakan evolusi dari aplikasi Paint sebelumnya. Paint 3D hadir dalam bentuk tiga dimensi yang lebih menarik dan mudah dibuat bahkan oleh anak-anak. Paint 3D diharapkan dapat menjadi salah satu aplikasi yang dapat menginspirasi dan memotivasi penggunanya untuk lebih kreatif. Wujudkan imajinasi dan kreatifitas anda dengan Windows paint 3D.

FITUR PHOTO SLIDE SHOW

Betapa pekerjaan seorang v/blogger menjadi sangat terbantu dengan hadirnya fitur photo gallery slideshow ini. Setelah menghadiri sebuah event pastilah gallery kita penuh dengan foto-foto kegiatan disana, daripada disimpan sendiri lebih baik kita buatkan sebuah video dari rangkaian foto tersebut menggunakan fitur photo slideshow.

Team Microsoft juga turut menjelaskan step-stepnya dan saya rasa itu cukup mudah untuk dilakukan oleh emak-emak ya. Cara kerjanya tidak jauh berbeda saat mengedit video menggunakan Movie Maker, kita bisa memilih banyak foto sesuai keinginan kita, menambahkan backsound, menambahkan text dan title, serta menambahkan effect agar video lebih menarik. Selesai dan jangan lupa di save, lalu publish deh di account youtube atau diblog milik kita. Gampang banget kan Moms?



Untuk Anda pengguna Microsoft Windows versi sebelumnya tetap bisa merasakan kemudahan windows 10 ini, dengan cara meng-upgrade atau meng-update Windows Anda. Gimana tertarik bukan untuk mencoba mewujudkan ide dalam benak Anda menjadi sebuah karya nyata berbentuk video? Siapa tau video Anda menginspirasi banyak orang loh Moms…

Hari itu rasanya kenyang banget belajar bareng Bhinneka Community Zone dan gak sabar untuk langsung praktek. Nampaknya gak Cuma saya yang bersemangat untuk mempraktekan apa yang sudah didapatkan, emak-emak blogger lain juga turut berantusias, sementara narasumber menjelaskan, peserta juga melakukan Live Practical on the spot.

Acaranya komplit banget, ada kuisnya, games interaktif, talkshow serta ramah tamah bersama teman-teman dari Bhinnekacom. Kami juga melakukan foto bersama diakhir acara. Terima kasih Bhinnekacom dan Kumpulan Emak Blogger untuk workshop yang inspiratif. Boleh juga mampir ke Head Office Bhinnekacom yang ada di Gunung Sahari, kemayoran, Jakarta Pusat untuk belanja perlengkapan gadget dan alat musik loh, tempatnya asik dan cozy banget, ada tempat ngopi yang nyaman buat nongkrong atau ngobrol cantik bareng rekan kerja.

Moms, ingat belanja online,
Ingat Bhinnekacom, Indonesia’s No.1 online store.
Youtube : Bhinnekacom
Facebook : Bhinnekacom
Twitter : Bhinnekacom
Instagram : bhinnekacom

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *