health,  parenting

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Bayi Usia 0-12 Bulan

Si kecil suka banget tidur? Atau justru sebalinya, si kecil maunya main terus dan susah sekali diajak tidur siang? Moms, Berapa lama sih sebenarnya wakti tidur yang ideal untuk si kecil? Kebutuhan tidur setiap anak memang berbeda-beda, namun dibawah ini saya informasikan waktu tidur yang ideal untuk si kecil berdasarkan usianya. Check this out Moms:



Newborn 
Sekitar 17 jam per hari. Pada usia 0-1 bulan, jadwal tidur bayi belum memiliki patokan pasti, terkadang dia tidur hingga dua jam, namun di lain waktu dia hanya tidur beberapa menit saja namun yang harus Anda ketahui adalah pastikan dia selalu menyusu setiap dua jam sekali. Jika si kecil tidur melebihi dua jam, sebaiknya Anda membangunkannya untuk menyusu.


1 Bulan
Sekitar 17 jam. Si kecil mulai membedakan antara siang dan malam namun waktu tidurnya masih panjang baik pada malam maupun siang hari. Ciptakan suasana kamar yang mendukung untuk membantu bayi membedakan waktu siang dan malam agar si kecil dapat tidur dengan nyaman.

2 Bulan
Sekiat 16-17 jam. Sedikit demi sedikit si kecil mulai peka dengan kondisi sekitar. Pada usia 2 bulan si kecil bisa 3 sampai 4 kali tidur siang dengan durasi yang berbeda. Tetap perhatikan jadwal menyusu bayi ya Moms.

3 – 5 Bulan
Sekitar 16 jam. Sebagian bayi tidur 6 hingga 8 jam pada malam hari dan tidur siang sekitar 3 kali per hari. Namun ada juga bayi yang belum bisa membedakan waktu siang dan malam, sehingga ia masih sering terbangun pada malam hari. Biasanya seorang ibu akan merasa kewalahan ketika bayinya justru sering terbangun di malam hari. 

Baca juga : Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Anak Usia 1-8 Tahun


6 – 8 Bulan
Sekitar 15 jam. Si kecil sudah mulai berkurang waktu tidurnya. Pada malam hari, bayi cenderung menghabiskan waktu tidur lebih lama yaitu sekitar 10 jam. Dan hampir memiliki jam tidur yang pasti, misalnya tidur di pagi hari (sekitar jam 9-10 pagi) dan tidur siang (sekitar jam 12-2 siang). Pada usia 6 bulan bayi juga sudah harus dikenalkan dengan makanan Pembantu ASI atau MPASI sehingga Anda harus mengelola waktu tidur, sarapan serta makan siang si kecil dengan bijak.

9 – 12 Bulan
Sekitar 14–15 jam. Si kecil sudah mulai aktif Moms, dia sudah mulai penasaran dengan lingkungan di luar rumah, senang bermain dan mulai berinteraksi dengan teman-teman kecilnya sehingga ia cenderung sulit untuk diajak tidur siang. Aktifitasnya di siang hari membuatnya lelah sehingga si kecil akan tidur lebih lama di malam hari, yaitu sekitar 11 jam dan terbangun dua sampai tiga kali untuk menyusu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *