health,  parenting,  tips & trick

Ibu Wajib Tau, 3 Langkah Jitu Mencegah Si Kecil dari Gigitan Nyamuk

Hai, Moms seminggu terakhir ini diperhatikan selain lagi musim angin kok berasa lagi musim nyamuk ya? Biasanya paling nemu satu dua ekor doang tapi sekarang temennya datang bedol desa.


mengusir nyamuk, cegah anak dari demam berdarah, cegah anak dari malaria, obat nyamuk yang aman untuk bayi


Sudah bersih-bersih, merapikan rumah, memilah barang yang terpakai dan tidak namun nyamuk masih juga beterbangan kesana-kemari di sudut rumah. Setelah tanya tetangga, ternyata mereka pun merasakan hal yang sama. Kalo sudah begini, mulai tidak nyaman karena #NafeesaAli sudah mulai diserang, timbul bintik merah bekas gigitan nyamuk. Awalnya biasa tapi besok hari gigitan nyamuknya bertambah lagi. Udah gak bisa dibiarin nih Moms.

Untuk Anda yang memiliki bayi atau anak kecil di rumah harus extra hati-hati ya dengan kehadiran nyamuk karena tidak hanya bentol dan gatal saja yang dikeluhkan tapi ada sakit lain yang lebih serius yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, seperi demam berdarah, malaria, cikungunya, dan masih banyak sakit lainnya. Langkah antisipatif awal yang harus Anda lakukan adalah :

Baca juga : Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan


Langkah Pertama : Bersihkan isi rumah dan halaman sekitarnya

  1. Hindari genangan air dan tumpukam sampah.
  2. Buanglah barang-barang yang sudah tidak terpakai karena akan dijadikan sarang nyamuk, seperti botol kemasa bekas saus, kecap atau minuman.
  3. Kuras bak mandi sedikitnya seminggu sekali atau bisa lebih sering jika mudah kotor untuk menghindari berkembang biaknya jentik nyamuk di dalam bak mandi.
  4. Hindari pakaian yang menggantung di ruangan, seperti kemeja, handuk, jaket dan yang lainnya.

 

Langkah Kedua : Persiapkan alat tempur nyamuk

1. Raket nyamuk elektrik, selain suaranya yang asik pas dapet nyamuk, alat ini juga cukup ampuh untuk memberantas nyamuk. Harganya terjangkau kisaran Rp. 50.000,- Rp. 100.000,-. Mudah didapatkan, bisa beli online atau biasanya raket nyamuk ini dijual bebas di toko-toko elektronik. Alat ini ada yang rechargeable, ada juga yang menggunakan baterai sebagai dayanya. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan raket nyamuk yang rechargeable karena lebih hemat, tidak harus sering genti baterai.

2. Obat nyamuk, obat nyamuk memang banyak jenis dan bentuknya bahkan harganya pun berbeda-beda tergantung dari keampuhannya memberantas nyamuk. Dilihat dari jenis dan bentuknya, obat nyamuk dijual dalam bentuk obat nyamuk cair, padat dibakar, ada juga yang berbentuk kertas dan lotion. Kini penggunaan obat nyamuk pun tak hanya dibakar namun yang lebih banyak dipilih konsumen yaitu obat nyamuk elektrik baik itu dalam bentuk padat maupun cair karena dirasa lebih efektif memberantas nyamuk. Tapi Moms tetap harus selektif dalam memilih obat nyamuk, baik itu obat nyamuk cair yang disemprot, obat nyamuk padat bakar, atau obat nyamuk elektrik. Pastikan yang baunya tidak menyengat karena kandungan obat nyamuk ini cukup berbahaya jika aerosol yangmengandung bahan kimia terhisap oleh bayi atau balita dalam jangka panjang.

For Your Information. saya pernah coba hit cair elektrik, tapi tidak cukup ampuh mengusir nyamuk padahal sudah dipasang semalaman. Akhirnya saya menggantinya dengan produk “One Push Vape”, yang digadang-gadang ampuh mengusir nyamuk dengan sekali semprot. Honestly, untuk satu ruangan satu kali semprot gak mempan juga sih, tapi dua sampai tiga kali semprot memang terhitung ampuh. Lumayan menyengat baunya meskipun hanya sekali sampai tiga kali semprot saja tapi nyamuk langsung mabok.

Jika Anda ingin mencoba produk ini bisa mencoba tips yang saya gunakan, yaitu dengan cara :

1. Semprotkan “One Push Vape” jam 5 sore, tutup pintu dan jendela terlebih dahulu. Pastikan tidak ada makanan dan minuman yang terbuka saat disemprot, ajak si kecil keluar rumah untuk menghindari bau nya. Setelah 30 menit anda dapat mengajak si kecil untuk masuk ke dalam rumah, karena baunya sudah mulai berkurang seiring nyamuknya pun pergi dan mabok di lantai.

2. Atau jika Anda merasa khawatir dengan kandungan zat kimia dalam obat nyamuk, namun juga merasa tidak nyaman dengan serangan nyamuk, Anda bisa menggunakan anti mosquito lotion atau minyak telon anti nyamuk untuk si kecil yang banyak dijual mini market, super market dan toko bayi.


Pilihan Ketiga : Mencegah lebih baik daripada menggobati

Sebelum ada korban lebih baik Moms mengusulkan kepada pengurus RT atau Kelurahan setempat untuk mengadakan fogging guna memberantas nyamuk. Kita tidak bisa melihat dengan kasat mata pakah nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah hanya nyamuk biasa atau nyamuk pembawa penyakit serius. Banyak kasus Demam Berdarah yang berujung pada kematian, jadi sebaiknya kita jaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya bersama-sama, dengan cara menggalakan kerja bakti membersihkan got dan selokan, tidak membuang sampah sembarang, tidak menimbun sampah unorganik terlalu lama di sekitar tempat tinggal, memberantas rumput-rumput liar yang tumbuh sembarangan serta langkah pencegahan lainnya yang diperlukan. Jika diperlukan, berikan penyuluhan tentang memberantas nyamuk kepada masyarakat agar masyarakat sadar kebersihan demi tercapainya lingkungan dan tempat tinggal yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *