manfaat heiko untuk kesehatan anak
Lifestyle

Rekomendasi Air Pelarut Makanan Anak, MORINAGA HEIKO+ WATER Dukung Kemurnian Nutrisi Sejak Dini

Morinaga Heiko+ Water, Rekomendasi Air Pelarut Makanan Anak – Salah satu nutrisi anak yang penting tapi sering terlupakan yaitu kebutuhan air minum. Hal sederhana yang paling saya sadari yaitu ketika si kecil mulai MPASI. Saya tuh sibuk banget nyiapin menu makannya, mulai dari memeilih beras organic, ikan, sayur, sampe memilih minyak pun rewel banget. Tapi saya gak pernah ribet soal air minum untuk anak. Adakah diantara Buibuk yang mengalami hal serupa? Banyak ya, baiklah pas banget nih karena kali ini saya mau ngobrolin soal peran penting air minum sebagai pelarut untuk tumbuh kembang anak.

.

Komposisi Air dalam Organ Tubuh

Sebelum lanjut, kita samakan persepsi soal air minum dulu ya, Buk. Jadi, air minum adalah air yang aman untuk diminum langsung tidak terkecuali susu. Sebab susu merupakan makanan yang dicairkan.

Buk, 2/3 bagian atau sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Organ terpenting dalam tubuh seperti otak, darah, jantung, otot, kulit, hati dan organ lainnya sebagian besar mengandung air. Misalnya saja otak, 75% terdiri dari air, jadi kebayang gak sih kalau kita kurang cairan? Organ penting dalam tubuh bakalan terganggu kinerjanya karena dehidrasi. Sementara, air termasuk zat gizi makro esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa diperoleh dari luar dengan cara mengonsumsinya.

air demineral heiko baik untuk anak

.

Kebutuhan Air untuk Anak-anak

Kebutuhan air untuk setiap orang sebenarnya berbeda-beda ya, Buk. Sebab kebutuhan cairan tubuh dipengaruhi banyak faktor seperti usia, aktifitas, jenis kelamin, kondisi kesehatan tubuh, makanan yang dikonsumsi dan kondisi suhu serta kelembapan lingkungan.

Dilansir dari laman IDAI, anak-anak dengan rentang usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 1,3 liter per hari. Sementara untuk anak usia 4-12 tahun membutuhkan asupan air sekitar 1.7 liter atau 7-8 gelas per hari. Nah, kira-kira si kecil sudah terpenuhi kah kebutuhan cairannya setiap hari?

heiko water morinaga kalbe

 

Jenis-jenis Air Minum

Air minum sendiri ada yang berasal langsung dari sumber alami atau dibor dari sumur dalam dengan proses terkendali sehingga aman untuk dikonsumsi. Ada juga yang namanya air minum olahan yaitu air minum yang bersumber dari air alami maupun sumber lainnya. Nah, air minum olahan ini banyak banget jenisnya, ada air mineral, air demineral, air minum beroksigen, air minum embun dan air alkaline. Dari sekian banyak jenis air minum, Buibuk tau ngga nih mana yang paling cocok untuk si kecil?

 

Kebutuhan Air untuk Pelarut Makanan Anak

Berkaca dari kebiasaan saya pribadi saat melarutkan susu si kecil dan membuat MPASI, ya biasanya saya menggunakan air minum baik AMDK maupun air pipa yang kita didihkan terlebih dahulu supaya bakteri dan virusnya mati. Hal tersebut ternyata kurang tepat Buibuk, air panas mendidik yang dipanaskan terlalu lama justru meningkatkan kandungan mineral dalam air dan merusak kandungan nutrisi lainnya pada susu atau menu MPASI. Bahkan, sebetulnya saya sendiri gak yakin apakah benar air tersebut sudah steril dan higienis.

heiko water untuk pelarut makanan anak

Dr. Fery Rahman, MKM selaku Wakil Sekretaris Jendral PB IDI menyampaikan, kontaminasi makanan termasuk air minum oleh agen mikroba adalah salah satu penyebab utama DIARE pada bayi dan anak kecil. Lalu, panduan WHO tahun 2005 juga menyebutkan, kandungan mineral dari air mineral yang digunakan untuk melarutkan susu atau makanan pendamping ASI ternyata bisa mengurangi dan menambah kandungan mineral pada susu atau makanan si keci.

Melihat kebutuhan orangtua akan air minum murni untuk anak-anak, Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang meluncurkan produk air minum kemasan baru, Morinaga Heiko+ Water. Bukan sekedar ikut-ikutan trend ya Buibuk, tapi saya memang tertarik dengan air minum Heiko+ ini. Lantaran Heiko+ water ini termasuk air demineral yang katanya ideal digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI karena tidak akan mengubah kemurnian nutrisi yang terkandung dalam komposisinya.

Seperti yang dijelaskan oleh Head of Medical Kalbe Nutritionals, Dr. Muliaman Mansyur, Morinaga Heiko+ water as Mom’s Choice for The Loved One akan mendukung kemurnian nutrisi anak sejak dini. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil survey, 9 dari 10 Bunda setuju Morinaga Heiko+ Water STERIL dan HIGIENIS cocok untuk melarutkan susu dan bubur si Kecil.

air minum dalam kemasan heiko

manfaat heiko water untuk kesehatan

 

8 Proses Pengolahan Morinaga Heiko+ Water

Seperti yang kita tau, Morinaga Research Jepang telah berpengalaman dalam bidang nutrisi dan Kesehatan keluarga selama lebih dari satu abad lho, Buibuk. Selain susu, sekarang mereka juga berinovasi dengan air minum dalam kemasan (AMDK).

Senior Group Business Unit Head For Kids Nutrition, Helly Oktaviana menyampaikan, Morinaga Heiko+ Water adalah air murni yang berasal dari kedalaman sumber air pegunungan (Artesian Water Source) yang bebas mineral dan bakteri, steril dan higienis sebab telah diproses melalui 8 tahapan untuk menghasilkan kualitas air murni terbaik, diantaranya:

  1. Tahap pengecekan awal kualitas dan mutu air seperti warna, aroma, kandungan mikro organisme, kandungan kimia dari sumber air.
  2. Setelah lolos, berikutnya yaitu tahap Multistage Filtration untuk membersihkan air dari partikel kotor yang kasat mata dan makromolekul seperti protein, lemak dan karbohidrat.
  3. Tahap Super Fine Reverse Osmosis, proses penyaringan berbagai makromolekul dan mikromolekul dengan cara memberi tekanan pda larutan sehingga menghasilkan air dengan konsentrasi H2O dari air mineral biasa atau disebut pure water.
  4. UV Lamp merupakan tahap desinfeksi menggunakan ppancaran gelombang ultraviolet untuk membunuh mikroba seperti bakteri dan virus yang ada pada air.
  5. Magnet Trap yaitu yeknik untuk menghilangkan bahaya fisik menggunakan magnet untuk menangkap partikel yang mengandung logam.
  6. Ultra High Temperatur (UHT). Sebelum dikemas, Heiko+ water ini akan dipanaskan dalam suhu yang tinggi dan waktu cepat supaya lebih steril.
  7. Aseptic Filling yaitu tahapan pengemasan. Air yang sudah steril akan dikemas dalam kemasan aseptic atau steril.
  8. Quality check, sampai pada tahap akhir, semua air minum yang sudah dikemas belum bisa dipasarkan sebelum lolos QC. QC dilakukan oleh tiga pihak dinataranya Hokkan, Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang.

heiko water by morinaga

Morinaga Heiko+ Water Dukung Gerakan Bebas Plastik

Saya berharap kedepannya Morinaga Heiko+ Water ini ada kemasan besarnya sehingga lebih ekonomis dan bisa dikonsumsi oleh anggota keluarga lain juga. Selain itu, kita tau ya kalau Indonesia memiliki masalah dengan sampah plastik.

Oleh sebab itu, Morinaga Heiko+ Water dibuat bebas bahan kimia yang digunakan dalam proses pembuatan botol dari plastik atau familiar dengan istilah BPA FREE. Langkah tersebut sebagai dukungan penyusutan limbah plastik. Bahkan botol plastiknya bisa didaur ulang.

Buk, dapatkan informasi lebih lanjut tentang Morinaga Heiko+ Water melalui website Heiko+ Water dan sosial media mereka dibawah ini:
Instagram : @heikowater.id
Facebook: heikowater

20 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *