financial,  tips & trick

Pinjaman modal usaha yang aman bagi pemula di kota Jakarta

Mencari modal usaha kota jakarta itu gampang-gampang susah. Dulu waktu masih kuliah di daerah, nyari modal itu sampe harus door to door dari bank satu ke bank lainnya, itu pun gak ada jaminan pengajuan kita diterima.

Lain halnya sekarang, mencari modal usaha di kota jakarta peluangnya lebih mudah. Malahan nih ya, pihak bank nya sendiri yang menghubungi kita untuk menawarkan pinjaman sejumlah dana tunai yang kadang jumlahnya cukup fantastis lho. Mommies pergi ke Mall aja, sudah bisa menemukan banyak marketing kartu kredit bank tertentu yang siap membantu memproses pendaftaran hingga di-approve.

Jadi Mommies, setelah memutuskan resign, saya bersama keluarga mencoba untuk berwirausaha. Berawal dari hobi kami yang senang berkreasi di dapur kemudian memutuskan untuk mencoba usaha kue kering dan brownies.
Modal usaha untuk produksi awal memang tidak terlalu besar. Sengaja by order aja, karena memang jenis makanan seperti kue ini mudah rusak ya Moms kalau disimpan atau distok terlalu lama. Udara lembab aja beresiko merusak cita-rasa kue keringnya. Untuk awal berwirausaha resikonya memang pada pembuatan tester. Saat mencoba menawarkan, pasti konsumen terutama ibu-ibu ya, selalu minta tester terlebih dahulu. Ya namanya juga jualan ya, dijalanin aja dulu.

Saya pun tak segan menawarkan secara online, sosial media jadi senjata untuk membagikan foto kue dan brownies pesanan tentunya. Memasuki tahun kedua, orderan pun mulai berdatangan dalam jumlah besar seperti pesta ulang tahun, snack untuk meeting kantor dan lainnya. Saya pun mulai menarik 1-3 orang ibu-ibu di sekitar rumah untuk membantu mengerjakan setiap kali ada pesanan. Saya mulai merasa membutuhkan modal usaha lebih untuk menopang bisnis saya ini, seperti melengkapi alat produksi pembuatan kue dan menyewa satu ruang sederhana untuk dijadikan toko display beberapa kue kering. Kalau untuk proses produksi masih aman dilakukan di rumah.

 

Lalu bagaimana dengan pinjaman modal usaha yang aman bagi pemula?

Nah, Mommies yang saat ini sedang membutuhkan modal usaha untuk bisnisnya bisa melakukan pinjamam melalui keluarga/sodara dan melalui bank.

  1. Meminjam modal usaha memang enaknya ke keluarga sendiri ya, gak pakai bunga tapi juga gak pakai tempo. Kalau mereka lagi butuh, ya siap gak siap harus dibayar. Mengingat modal usaha yang saya butuhkan jumlahnya cukup banyak saat itu, saya pun mulai mencari informasi pinjaman modal usaha melalui bank. Mulai dari pinjaman dana tunai hingga pinjaman khusus modal usaha bagi pemula seperti saya.
  2. Saat mencari pinjaman modal usaha di bank, banyak hal yang harus dipertimbangkan ya Moms. Seperti besaran bunga, tempo cicilan hingga agunan yang diberikan. Jangan sampai laba yang diperoleh justru dipakai untuk membayar bunga pinjaman. Oleh sebab itu lah, melakukan pinjaman modal usaha ini berbeda dengan pinjaman lainnya karena demi kelancaran keuangan bisnis yang sedang kita rintis.

modal usaha, modal usaha kota jakarta, tips mencari modal usaha bagi pemula

Berikut ini adalah kiat sederhana mengelola keuangan usaha bagi ibu rumah tangga seperti saya:

  1. Pisahkan keuangan rumah tangga denga usaha. Contohnya, saya memisahkan penggunaan bahan produksi pembuatan kue dengan kebutuhan sehari-hari yang saya pakai seperti gas, minyak goreng dan lainnya. Khusus untuk membuat kue, ya gak akan saya pakai untuk kebutuhan pribadi supaya bisa mengestimasi biaya produksinya.
  2. Pahami makna “keuntungan” yaitu omzet usaha dikurangi biaya, baik itu produksi dan operasional. Jadi uang yang dihasilkan menjual kue itu belum dikatakan keuntungan karena belum terhitung biaya produksinya berapa dan membayar orang berapa. Kadang ada juga konsumen yang minta diantar tapi gak mau pakai ongkir, jarak dekat paling tekor bensin kendaraan kita. Ini juga sebenarnya harus diperhitungkan ya.
  3. Keuntungan usaha menjadi dana kas masuk bagi keuangan rumah tangga. Nah, setelah kita mengetahui berapa laba yang diperoleh, jangan lupa untuk mencatat sebagai dana kas rumah tangga. Apakah nantinya dipakai untuk investasi alat, membesarkan bisnis atau ditabung dulu. Besaran laba ini juga yang kemudian menjadi patokan saat hendak mencari pinjaman modal usaha.
  4. Memiliki perencanaan keuangan yang baik. Bagi saya seorang pemula, memiliki perencanaan keuangan itu penting banget. Misalnya tahun pertama saya harus membeli alat yang lebih lengkap, tahun kedua, memiliki toko sendiri dan lain sebagainya. Termasuk soal menabung dan berinvestasi untuk membesarkan bisnis saya sehingga kedepannya jika memungkinkan gak perlu susah nyari modal usaha terlalu besar jumlahnya bisa disuplai dari dana tabungan usaha.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk Mommies yang juga sedang merintis usaha rumahan seperti saya. Sekarang ini mencari modal usaha sudah cukup mudah ya bahkan bisa dilakukan pengecekan secara online, mulai dari besaran dana, tujuan peminjaman dan rincian lainnya. Mommies juga bisa melakukan pengajuan kredit UMKM secara online.

modal usaha, modal usaha kota jakarta, tips mencari modal usaha bagi pemula

Ada banyak pilihan pinjaman modal usaha yang memang menyasar UMKM mikro, kecil dan menengah seperti saya. Syarat dan dokumen pengajuan modal usaha –nya cukup mudah. Hanya saja memang usaha atau bisnis yang dijalankan harus minimal berusia 2 tahun ya Mommies karena ada beberapa syarat dokumen yang diajukan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). Bagi Mommies yang keberatan dengan bunga yang diberikan di bank konvensional, Mommies bisa memilih pinjaman modal usaha secara syariah atau kredit syariah dengan skema Murabahah. Demikianlah Mommies sharing saya kali ini seputar pengalaman saya saat mencari modal usaha di kota Jakarta bagi entreuprenuer pemula, informasi lengkap lainnya bisa Mommies baca disini https://www.cekaja.com/small-business-banking.

29 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *