financial

Macam-macam Investasi yang menjanjikan

Memiliki pekerjaan yang mapan dan berpenghasilan tetap biasanya menjadi salah satu tujuan hidup seseorang. Namun, apakah berpenghasilan tetap saja sudah cukup untuk benar-benar menjadi tujuan akhir? Setelah mencapai tujuan tersebut, lalu apalagi yang akan dilakukan? Nah, jangan puas hanya sampai memiliki penghasilan yang tetap karena kebutuhan hidup semakin hari semakin besar saja. Jika saat ini penghasilan Anda cukup, tidak menutup kemungkinan di masa depan penghasilan tersebut bukanlah apa-apa. Itulah mengapa investasi perlu untuk dilakukan semua orang, bahkan bagi orang-orang yang saat ini sudah mapan secara finansial. Untuk itu, berapa besarpun penghasilan Anda saat ini, taruhlah juga perhatian Anda pada investasi. Investasi akan sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda ke depan.

Investasi merupakan penanaman modal yang dilakukan oleh investor yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Investasi dilakukan melalui barang-barang modal seperti saham, gedung, emas, tanah, dan sebagainya. Saat memutuskan akan melakukan investasi, maka Anda perlu tahu mana barang modal yang paling menguntungkan. Untuk itu, berikut ini macam-macam investasi yang cukup menjanjikan untuk saat ini.


1. Investasi properti

Berbagai properti yang dimaksud misalnya rumah, apartemen, ruko, tanah. Berbagai investasi properti tersebut dinilai cukup menjanjikan ke depannya. Sehingga bisa Anda jadikan barang modal yang Anda pilih sebagai investasi. Berbagai properti tersebut merupakan barang investasi jangka pannjang. Semakin lama nantinya harga berbagai properti tersebut akan makin bertambah. Bahkan kenaikan pertahunnya diperkirakan mencapai 15 sampai 20 persen untuk kategori apartemen. Untuk Anda yang menginginkan investasi jangka panjang, artinya keuntungan ingin diambil di masa depan dengan jangka waktu panjang, maka bisa memilih investasi yang satu ini. Untuk berinvestasi properti, perhatikan berbagai nilai tambah yang bisa semakin memberikan keuntungan kepada Anda seperti lokasi properti. Hal-hal seperti lokasi tentu akan sangat berpengaruh. Nah, untuk melakukan investasi properti, pembacaan kualitas properti yang akan Anda beli memang sangat berpengaruh bagi keuntungan Anda ke depan. Untuk itu, Anda bisa melakukan konsultasi kepada ahlinya sebelum memutuskan membeli properti tertentu.


2. Emas

Investasi emas sejak dulu sudah banyak dilirik oleh para investor. Investasi emas juga sangat menjanjikan. Bahkan bisa memberikan keuntungan pada Anda dengan jangka waktu yang tak terlalu lama. Bisa saja tidak selama investasi properti. Namun, untuk melakukan investasi emas, Anda harus pandai-pandai melihat situasi. Bisa dibilang investasi emas masuk dalam kategori investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Momentum membeli dan menjual emas sangat berpengaruh pada keuntungan yang akan Anda dapatkan. Untuk itu, jika berinvestasi emas, maka Anda harus terus mengikuti perkembangan harga emas dan juga berbagai faktor yang mempengaruhinya. Untuk bisa mengetahui perkembangan tersebut, kini semakin mudah dengan adanya teknologi internet. Anda bisa dengan mudah memantau perkembangan harga emas dan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Tinggal duduk di rumah memegang gadget, maka Anda bisa melakukannya. Kini, investasi emaspun bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Anda bisa membeli dan menyimpan emas sendiri di rumah. Namun, untuk lebih amannya Anda juga bisa mengikuti investasi emas di berbagai pihak yang menyediakan investasi emas seperti di Pegadaian, Antam, dan Perbankan.


3. Investasi saham

Macam investasi yang menjanjikan selanjutnya adalah investasi saham. Jika mendengar investasi saham, biasanya seseorang akan membayangkan besarnya dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi yang satu ini. Namun, tenang saja bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Kini, investasi saham semakin mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Dengan modal Rp1 Juta sampai 5 Jutaan, Anda pun sudah bisa melakukan investasi saham. Bahkan, ada juga yang menyediakan rekening khusus untuk para investor saham. Anda bisa membuka modal awal dengan hanya dana Rp100.000,00. Dengan harga saham yang semakin terjangkau, maka akan semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan investasi yang satu ini.


4. Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana menjadi salah satu investasi yang banyak disukai oleh masyarakat karena menguntungkan namun dengan resiko yang tidak terlalu tinggi atau resikonya menengah. Kemudahan investasi yang satu ini karena Anda tidak terlalu direpotkan dengan pengelolaan dana investasi Anda. Dalam investasi ini akan ada pihak yang mengelola dana dari investornya. Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau investor untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Nah, manajer investasi tersebutlah yang akan melakukan pengelolaan, sehingga Anda tidak direpotkan. Maka, investasi reksa dana adalah salah satu investasi yang tepat untuk Anda yang baru mulai terjun dalam dunia investasi. Yang perlu Anda perhatikan dalam investasi ini adalah pemilihan tempat Anda menanam investasi reksa dana ini.

Itulah macam-macam investasi menguntungkan yang bisa Anda pilih. Selanjutnya untuk Anda yang ingin mulai melakukan investasi, ada beberapa tips yang bisa menjadi bekal Anda. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali berinvestasi atau pemula. Berikut adalah beberapa tipsnya:
Pertama, mengetahui resiko investasi. Upayakan untuk mencari banyak informasi mengenai investasi yang akan Anda pilih terutama resiko yang mungkin bisa Anda dapatkan. Kemudian perkecil resiko investasi tersebut dengan keputusan-keputusan berdasarkan logika. Kemudian meskipun investasi adalah hal yang bagus, namun bukan berarti semakin banyak investasi akan semakin bagus. Memiliki terlalu banyak investasi juga dapat menimbulkan resiko yang besar. Untuk itu, upayakan untuk membatasi investasi yang Anda lakukan.
Kedua, memahami dasar investasi. Anda perlu untuk memiliki pemahaman yang penuh tentang berbagai macam investasi. Pahamilah bagaimana uang atau modal yang akan Anda investasikan dapat memberikan keuntungan sehingga And pun akan memahami bagaimana kemungkinan investasi tersebut memberikan Anda kerugian.  Ingatlah prinsip “don’t put your egg on one basket” atau “jangan letakan semua telur (modal) dalam satu tempat”. Investasi terlalu banyak memang bisa memberikan resiko besar. Namun, melakukan investasi di satu tempat juga akan beresiko.
Ketiga, mengatur tujuan investasi. Tujuan umum dalam investasi adalah apakah keuntungan yang ingin Anda dapatkan dari investasi yang akan dilakukan adalah keuntungan jangka panjang atau pendek. Dengan menentukan hal tersebut, maka dapat membantu Anda untuk memilih investasi yang tepat.
Keempat, perhatikan dana yang Anda miliki. Nah, meski kini investasi bisa dilakukan dengan modal kecil, namun besar dana yang Anda miliki tentu harus diperhatikan. Jika dana terlalu kecil maka kemungkinan keuntungan juga akan kecil. Maka, beranikan diri Anda untuk menanam modal dengan jumlah yang cukup besar asalkan dengan pertimbangan matang seperti beberapa tahun ke depan ada jaminan bahwa Anda akan selalu memiliki pendapatan atau gaji tetap.
Untuk investasi seperti properti maupun emas, Anda bisa mencari modal tambahan seperti melalui doktorrupiah. Cek di beberapa platform untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Anda bisa melakukan pinjaman dana tunia pribadi sebagai modal awal melakukan investasi asal dengan perhitungan yang matang. Hitung keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi yang akan dilakukan. Kemudian hitung berapa banyak biaya yang perlu Anda keluarkan untuk melakukan pinjaman (misalnya melihat bunga pinjaman). Selama keuntungan investasi lebih besar daripada biaya pinjaman, maka tak ada salahnya untuk mendapatkan modal dari pinjaman. Memang akan ada pengurangan margin keuntungan karena modal berasal dari pinjaman, namun anggaplah hal tersebut sebagai batu loncatan. Selanjutnya Anda bisa mandiri dengan modal sendiri dan bisa meraup untung yang lebih besar. 

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!