indopremier sekuritas terbaik
event,  financial

Cara Mudah Investasi Saham Online melalui Aplikasi IPOTGO

Sejak menikah saya mulai tertarik dengan pembahasan finansial. Sebab ternyata mengelola keuangan itu gak sekedar mencatat pemasukan dan pengeluaran saja melainkan menabung dan investasi. Adakah diantara kalian yang sudah mulai berinvestasi?

Bicara soal investasi memang banyak jenisnya, bisa yang terlihat bentuknya maupun yang tak terlihat seperti investasi reksadana, investasi saham dan lainnya. Saya sendiri baru mulai investasi reksadana setahun yang lalu. Sementara untuk investasi saham belum berani mencobanya sebab kurangnya pengetahuan dan kurang nyali sih sebenarnya.

trading online

Sementara itu, kita tau dong ya, meskipun ivestasi saham itu memiliki resiko yang tinggi tapi juga memiliki return tinggi pula. Sehingga banyak orang yang tergiur untuk terjun kedalamnya. Apalagi saat ini kita juga melakukan investasi saham online sehingga lebih mudah dan aplikatif.

Lantaran rasa penasaran saya terhadap online trading dan seluk beluk investasi saham online, Sabtu lalu (22/6) saya bergabung bersama Komunitas Blogger Ruphiah untuk ngobrolin tentang memaksimalkan keuangan kita yang difasilitasi oleh Indopremier.

.

Apa sih Investasi Saham?

Saham adalah surat berharga yang berbentuk selembar kertas, yang menunjukan bahwa pemilik surat atau pemilik kertas tersebut adalah pemilik sebuah perusahaan. Selembar kertas atau surat ini memiliki nilai dan harga sehingga dapat diperjual-belikan atau disebut dengan istilah jual-beli saham.

indopremier sekuritas terbaik

Membeli saham artinya membeli sebuah perusahaan dari berbagai macam sector atau bisnis. Dikatakan investasi jika saham tersebut dibeli dan dikelola, tidak langsung dijual kembali. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan.

Sebagai ilustrasi, saat kita membeli logam mulia, tentu akan kita simpan dulu bukan, saat nilainya naik, kita bisa menjual kembali supaya mendapatkan nilai lebih. Beli 550 ribu, jual saat harga 650 ribu, untung 100 ribu.

Harga saham setiap perusahaan itu berbeda-beda. Sementara terbentuknya harga saham di pasar modal Indonesia sama saja seperti kita bertransaksi di pasar tradisonal, yakni adanya barang, penjual, pembeli dan kesepakatan harga.

Keuntungan Investasi Saham

  1. Adanya dividen (pembagian laba)

Dividen adalah pembagaian keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham. Misalnya, saya membeli saham perusahan ABCD, ternyata perusaahn tersebut sedang untung, sehingga saya mendapatkan keuntungan. Dividennya sendiri bisa berupa uang tunai dan saham.

  1. Capital gain (kenaikan harga saham)

Capital gain yaitu keuntungan yang didapatkan dari kenaikan harga saham saat harga jual lebih tinggi dari harga beli. Misalnya, saya membeli saham A dengan harga Rp 50 ribu per lembar dan dikemudian hari saya jual dengan harga Rp 75 ribu, sehingga saya mendapatakn capital gain atau untung Rp 25ribu.

Risiko Investasi Saham

Yang perlu diingat adalah tidak ada investasi yang tida berisiko, termasuk investasi saham. Selain mendapatkan keuntungan, kita juga harus tau risiko saat melakukan investasi saham, diantaranya:

  1. Capital loss

Kebalikannya dari capital gain, capital loss terjadi ketika kita menjual saham dibawah harga beli sehingga bukannya untung malah rugi. Beli saham harga Rp 7500, dijual harga Rp 6000, jadi kita rugi Rp 1500.

  1. Tidak ada dividen

Ketika kita membeli saham di perusahaan A, ternyata dalam beberapa tahun perusahaan tersebut tidak mendapatkan keuntungan sehingga tidak aka nada laba yang kita terima. Oleh sebab itu sebelum membeli, sebaiknya ketahui pertumbuhan perusahaan tersebut.

.

Tips Mudah Memilih Saham

Sampai disini saya masih manggut-manggut dengan penjelasan Pak Indra, tapi mulai mabok saat lihat kurva dan grafik dengan banyak angka. Yah, kalo begini sepertinya saya gak mulai-mulai investasi saham nih.

investasi saham

Ada yang pernah merasakan hal serupa? Tenang, there’s a will, there’s a way! Menurut Pak Indra, pilihlah saham perusahaan yang produk-produknya kita gunakan setiap hari.

Coba deh kita ingat-ingat, mulai bangun tidur hingga tidur kembali produk apa saja yang sering kita gunakan? Sabun mandi, pasta gigi, detergen, softener, beras, minyak goreng, pembersih lantai, parfume, lotion, layanan bank, provider dan masih banyak lagi perusahaan yang sering bersentuhan dengan kita dan sahamnya bisa kita beli.

Oke, perusahaan yang akan saya beli sahamnya sudah terbayang nih, eh pas mau beli ternyata broken heart karena harga sahamnya tinggi banget untuk pemula seperti saya. Beli saham sebulan Rp 1-2 juta masih cukup berat sih sebab kebutuhan yang lainnya juga masih menanti, seperti tabungan Pendidikan anak dan asuransi.

Tenaaang… Indopremier punya solusinya. Layaknya brand kosmetik ternama dari Korea dan Jepang yang menjual produk tester dan paket dengan harga lebih murah. Indopremier sebagai sekuritas terbaik di Indonesia menyediakan alternative rpoduk tester untuk saham dengan harga terjangkau untuk pemula atau untuk kalian yang belum berpenghasilan seperti ibu rumah tangga dan mahasiswa. Coba deh lihat gambar dibawah ini, harga paket termurahnya diangka Rp 57.200/ lot yang berisi 30  saham perusahaan terbesar di Indonesia yang didalamnya ada saham BCA, BRI, BNI, Telkom dan perusahaan lainnya.

keuntungan jual beli saham

Bagaimana Cara Beli Paket Saham di Indopremier?

Caranya sangat mudah bahkan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun sebab melalui aplikasi IPOTGO.

IPOTGO yaitu aplikasi online trading yang dikeluarkan oleh Indopremier sebagai salah satu sekuritas terbaik dan ternama di Indonesia. Melalui aplikasi ini, investasi saham online jadi lebih mudah sebab hanya dibutuhkan 3 step saja, Donwload, Registrasi dan langsung bisa melakukan transaksi deh.

investasi saham online

IPOTGO user friendly dan proses pendaftarannya pun cukup mudah selama pengisian dan foto yang diupload jernih. Isi informasi diri pada form yang tersedia di aplikasi, siapkan KTP, NPWP dan tanda tangan diatas kertas putih. Setelah di upload dan semua step diisi, kita akan menerima email verifikasi telah dibuatkan RDN. Pastikan email dan no handphone aktif sehingga proses registrasinya cepat.

Nah, step by step pembelian saham di IPOTGO bisa dipelajari dengan mudah dibawah ini:

 

17 Comments

  • iidyanie

    Alhamdulillah sudah memakai aplikasi IpotGo selama hampir setahun ini, ipotgo memang memudahkan sekali buat transaksi menabung saham, next pengen coba juga transaksi ETF karena paket2nya menarik dan murah sekali 😀

  • Rohyati Sofjanh

    Ternyata investasi saham bisa dimudahkan, ya. Adanya Indopremier akan sangat membantu bagi ibu rumah tangga maupun mereka yang belum berpenghasilan untuk investasi saham.
    Soal harga saham yang tinggi untuk perusahaan bagus, saya rasa sebanding dengan nilai yang kita keluarkan untuk berinvestasi. Itu semacam bisnis membangun modal.
    Semoga ke depannya saya ada rezeki berlebih untuk berinvestasi saham lewat aplikasi IPOTGO.

  • @nurulrahma

    Karena kalo hanya ditabung, duit kita bakalan habis tergerus inflasi. Jadi butuh instrumn investasi yg kredibel utk keuangan kita ya
    –bukanbocahbiasa(dot)com–

  • Keke Naima

    Sebetulnya, saya suka agak ribet kalau mikirin keuangan. Tetapi, ya tetap harus dipikirkan. Apalagi tentang investasi. Akhir-akhir ini lagi suka ngobrolin investasi juga sama suami. Ya pengennya hari tua jangan ngerepotin banyak orang 🙂

  • Jiah

    Beli saham dengan harga 50-an ribu itu bikin ngiler banget ya. Kudu belajar nih. Lumayan kan buat investasi

    Aku kadang lihat di drama itu ada kan pemegang saham kecil2 dan bukan pengusaha besar. Apalagi pas lagi jual2 gitu. Kayanya seru

  • Cindy Vania

    Aku bebelian saham juga di sini lho. Tapi asli baru tau kalau ada jual paketan gitu! Ya ampun menarik banget

    SBtw kalo ga pake NPWP juga bisa kok, soalnya aku pas daftar jg ga pake

    • Siska Dwyta

      Selalu ditawarkan suami nih untuk investasi saham tapi mungkin karena saya masih minim pengetahuan tentang investasi ini jadi kurang minat.. padahal banyak juga manfaat dri investasi yang bisa kita dapatkan ya Mbak (meski tidak terhindar juga dari yang namanya risiko). Kayaknya saya harus pertimbangkan lagi nih kalau ditawari suami untuk berinvestasi

  • lendyagasshi

    Kalau beli saham di Ipotgo, kita tetap bisa memilih perusahaan yang akan kita beli sahamnya atau bergantung dari si apps?
    Penasaran sama appsnya.
    Lihat-lihat dulu boleh donk yaa…sebelum mantap berinvestasi.

  • Rizka Edmanda

    aku belum pernah nyobain investasi saham tapi sepertinya menarik ya, beberapa temenku udah pernah coba investasi ini katanya memang menguntungkan tapi juga harus jeli memperhatikan pasar

  • Diyanika

    Baru kemarin, ada teman di grup bloger Semarang ada yang bahas tentang ipotgo ini, Mbak. Tapi, karena belum tertarik aku melewatkannya begitu saja. Barusan baca ulasan Mbak Cici di atas, oke, lumayan paham nih. Mungkin nggak ya ada sosialisasi juga di Semarang tentang ini. Biar makin jelas gitu.

  • April Hamsa

    Samaan belum pernah main saham, krn kyknya kok gak berani rugi haha. Bentar aku pelajari dulu soal ipotgo ini, kali dapat hidayah utk menjajal juga main saham hehe. Kyknya kok gampang aja ya cara beli dan jualnya. Thx infonya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *