cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga
event,  financial

Cara Mudah Investasi Reksa Dana Bagi Ibu Rumah Tangga Melalui Moduit, Market Place Reksa Dana Pertama di Indonesia

Investasi Reksa Dana bagi ibu rumah tangga bisa dibilang perkara baru yang mungkin untuk sebagian dari mereka ragu memulainya. Seperti percakapan saya bersama para Mom Blogger di group whatsapp soal investasi. Kebanyakan dari mereka sudah mulai berinvestasi namun dalam bentuk barang yang terlihat seperti logam mulia, dinar dan properti berupa kontrakan atau ladang perkebunan. Sementara saat saya bertanya soal Reksa Dana, mereka masih bingung seperti apa cara kerjanya dan bagaimana memulainya.

Terus terang, meski informasi soal Reksa Dana ini banyak sekali tersedia di internet dan bisa dibaca kapan saja, namun tidak semua orang benar-benar bisa menyerap informasi tersebut dengan baik. Entah itu karena istilah yang digunakan terlalu asing atau karena hal lain. Memang benar, learning by doing, kalau tidak dicoba kita tidak akan pernah tau bagaimana cara kerjanya. Meski begitu, tetap harus tau Do’s and Don’t’s nya. Ini soal uang loh, jangan sampai salah menitipkan. Alih-alih ingin berinvestasi malah uang kita raib entah kemana.

cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga

.

Kenapa sih Ibu Rumah Tangga harus Berinvestasi ???

Jelas, sebagai menteri keuangan rumah tangga, kita harus melek literasi keuangan. Soal menabung, spending money termasuk investasi. Siapa sih yang gak mau hidup serba nyaman? Punya rumah, kendaraan pribadi, bisa menyekolahkan anak di sekolah berkualitas, bisa trip kemana pun, ibadah umroh, masa tua terjamin, pokoknya tercapai banget deh financial goals nya? Pasti mau dong!

Semuanya bisa tercapai jika kita bisa mengatur keuangan dengan bijak dan disiplin. Menambah penghasilan sebanyak mungkin, mengurangi pengeluaran sekecil mungkin serta berinvestasi semuda mungkin.

Simpelnya, berinvestasi yaitu menyiapkan dana untuk digunakan dikemudian hari. Saat kita membutuhkan sejumlah uang untuk membeli rumah atau kendaraan, tinggal digunakan saja tanpa harus menunggu lama apalagi mencicil dengan bunga tinggi. Jika sudah ada uangnya, tinggal beli aja kan?

Baca juga : Kenali Pinjaman Online Berizin OJK

Mommies gak mau dong 10 tahun yang akan datang, saat anak minta uang untuk ujian masuk universitas, pusing karena belum gajian atau harus pinjam sana sini karena gak punya uang simpanan? Disinilah investasi dapat diandalkan sebagaimana fungsinya. Bisa menjadi penghasilan tambahan untuk ditabung atau bahkan asset yang bisa diputar kembali dan dipakai saat kondisi darurat.

So, sudah sepakat ya kalo ibu rumah tangga juga harus berinvestasi. Sejak awal tahun 2019, saya mulai tertarik berinvestasi Reksa Dana. Kalau ditanya soal resiko, gak ada investasi yang gak ada resikonya. Bahkan beli emas aja tetap ada resikonya ya Moms.

.

Mengenal Investasi Reksa Dana

Reksa Dana merupakan salah satu pilihan investasi bagi masyarakat yang memiliki modal kecil seperti saya, juga tidak memiliki banyak keahlian untuk menghitung risiko atas investasi tersebut.

Dengan adanya Reksa Dana, uang kita akan dihimpun bersama dengan yang lainnya sebagai modal yang akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Bayangkan deh kalau ada teman atau sodara mengajak kita join bikin usaha, gak bakalan deh bisa ngasih sejuta untuk bisa dibilang investor. Jaman sekarang uang sejuta cukup buat apa, jangankan mulai bisnis, belanja bulanan aja gak cukup. Apalagi kalau cuma investasi Rp 100 ribu kan? Berbeda dengan Reksa Dana, kita bisa memulainya bahkan dengan Rp 100 ribu saja. Bisa beli bahkan dijual kapan saja kita mau. Jadi memang, Reksa Dana termasuk jenis investasi yang juga dianjurkan bagi ibu rumah tangga.

Dulu, mereka yang mau berinvestasi Reksa Dana harus repot datang ke Bank. Sementara saat ini, pekerjaan kita dimudahkan sekali berkat kemajuan teknologi finansial. Termasuk berinvestasi Reksa Dana, kini dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui Moduit Apps.

.

Apa itu Moduit dan hubungannya dengan Reksa Dana ???

Moduit Apps yaitu sebuah platform berbasis aplikasi dan website yang menyajikan layanan jual beli produk investasi Reksa Dana secara online. Moduit Apps dapat diunduh secara gratis di Playstore dan Appstore.

Moduit hadir sebagai inovasi dan solusi bagi masyarakat yang bingung saat akan memulai investasi Reksa Dana. Sebab dengan menggunakan Moduit, Mommies akan dipandu dan diarahkan pada jenis Reksa Dana yang sesuai dengan profil masing-masing, seperti Reksa Dana campuran, pendapatan tetap, pasar uang dan saham.

Kita samakan persepsi ya. Moduit tidak menjual produk Reksa Dana, Moduit hanya menyajikan berbagai macam jenis Reksa Dana yang sudah mengantongi izin OJK sehingga aman dan legal diperjual belikan.

Dengan adanya Moduit, kini membeli Reksa Dana semudah berbelanja online lho Moms. Buka aplikasinya, pilih barangnya, beli, transfer dan konfirmasi. Selesai deh. Tinggal kita serahkan kepada Manajer Investasi untuk mengelola asset kita.

cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga

Saat ini ada 9 rekanan Manajer Investasi yang sudah bekerja sama dengan Moduit. Sementara produknya sendiri sudah lengkap dan banyak pilihan, yaitu terdapat 42 produk Reksa Dana termasuk 9 produk syariah didalamnya. Semua produk Reksa Dana sudah terverifikasi aman dan resmi oleh OJK. Masih belum puas? Baik, mari kita jelajahi Investasi Reksa Dana melalui Moduit:

.

Cara Memulai Investasi Reksa Dana Menggunakan Moduit

1. Setelah Instal Moduit, saya lanjutkan registrasi terlebih dulu. Pastikan nama, email dan no handphone yang dicantumkan benar untuk proses verifikasi akun Moduit kita nantinya.

2. Sebelum memulai bertransaksi, ada 6 pertanyaan yang harus dijawab tentang tujuan investasi, pendapatan, jangka waktu investasi dan lainnya. Semua jawaban tersebut akan menentukan jenis profil risiko kita, apakah konservatif, moderat dan agresif. Saya termasuk jenis Moderat artinya saya tipikal imvestor yang mentolerir risiko menengah. Dengan mengetahui jenis profil risiko saya, Moduit sudah mengantongi sejumlah Reksa Dana yang cocok untuk saya beli.

3. Seperti yang disarankan oleh para pakar keuangan. Sebelum memilih jenis investasi Reksa Dana, buatlah perencanaan keuangan terlebih dahulu supaya kita mengetahui target dan jangka waktu yang dibutuhkan.

Beruntungnya Moduit memahami ilmu keuangan dengan baik, jadi kalau kita lupa, Moduit siap mengarahkan dengan sangat baik. Sebelum membeli Reksa Dana, saya diajak untuk membuat tujuan perencanaan keuangan seperti liburan impian, membeli mobil, pendidikan, membeli rumah dan lainnya. Cita-cita finansial saya dalam waktu dekat yaitu pergi ibadah umroh.

cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga

4. Kita mulai melakukan perjalanan finansial untuk mengetahui berapa jumlah uang yang bisa kita peroleh dari jenis investasi Reksa Dana yang kita beli. Berbeda dari Reksa Dana sebelumnya, melalui moduit kita harus memiliki jumlah investasi awal terlebih dahulu dan minimum Rp 1 juta. Tentukan imbal hasil per tahun yang diharapkan, misalnya 10%. Tak lupa, tentukan jangka waktunya. Setelah diisi semua, Moduit akan mengkalkulasi perkiraan nilaiinvestasi sesuai dengan jangka waktu yang diisi.

5. Pada halaman berikutnya, Moduit menyajikan perbandingan komposisi portfolio yang cocok dengan profil kita secara optimal sehingga tujuan finansial kita tercapai. Dari dana yang kita alokasikan diawal Rp 1 juta, dibagi kedalam 4 jenis Reksa Dana dengan pembagian yang berbeda. Misal untuk profil saya dianjurkan membeli Reksa Dana Saham Rp 300 ribu, Campuran Rp 250 ribu, Pendapatan Tetap Rp 250 ribu dan Pasar Uang Rp 200 ribu. Namun, kita tetap bisa menyesuaikan mana yang mau dibeli dan tidak dengan menghilangkan centang didalam kotak.

cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga

6. Saatnya kita memilih produk Reksa Dana dari masing-masing kategori. Sekali lagi, jenis Reksa Dana yang muncul sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial yang kita buat. Setelah memilih produk, Moduit akan menampilkan informasi detail dariproduk tersebut seperti Prospektus dan Fund Fact Sheet sehingga kita bisa menelaah apakah produk tersebut aman untuk dibeli atau tidak. Setelah yakin, tinggal lakukan transaksi dengan mengikuti petunjuk yang muncul di layar handphone.

7. Sebelum check out, keuntungan yang kita dapatkan membeli Reksa Dana melalui Moduit yaitu tidak dikenakan biaya pembelian dan biaya penjualan. Klik check out dan kode transaksi akan dikirm kan melalui whatsapp melalui nomor yang kita daftarkan.

cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga

8. Silahkan transfer sesuai dengan jumlah yang tertera melalui nomor rekening tujuan. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui link yang dikirimkan melalui Wahtsapp. Waktu transfer hanya 1×24 jam. Jika melebihin waktu yang ditentukan, maka akan hangus.

Baca juga : Tips Belanja Online Aman Menggunakan Debit card

Terus terang, based on my experience, saya pribadi senang sekali dengan adanya aplikasi Moduit. Friendly User, aplikatif dan mudah sekali digunakan bahkan untuk pemula.

Terlebih, Moduit menjawab kebutuhan para pemula seperti saya, yang bingung dan takut memulai Reksa Dana. Moduit hadir untuk membantu mengarahkan mulai dari membuat perencanaan hingga pencapaian financial goal. Gak cuma mendorong orang untuk membeli produk. Tapi lebih dari itu, Moduit menjaga agar para investor bisa mencapai tujuan dengan waktu dan produk yang tepat.

cara mudah reksa dana, apa itu reksa dana, reksda dana yang aman untuk pemula, investasi reksa dana bagi ibu rumah tangga
Ka-Ki- Jeffry Lomanto (Founder Moduit Apps) & Charles Jap (Co Founder)

Aplikasinya juga gak lemot dan keamanannya sangat terjaga sebab kode verifikasi setiap transaksi langsung dikirimkan by whatsapp kepada investor. Menariknya proses log in nya pun bisa menggunakan pin dan finger taps detection.

Interfacenya simpel dan mudah dipelajari. Menampilkan report angka dengan jelas bahkan melalui layar smartphone. Sekarang kita bisa mengecek asset kita dan jenis Reksa Dana apa yang sedang bagus nilainya kapan pun dan dimana pun. Cukup dengan menggunakan smartphone saja tanpa harus datang ke Bank.

So, Mommies mari kita membiasakan diri untuk belajar berinvestasi. Dengan Moduit, gak ada alasan untuk menunda berinvestasi. Semuanya menjadi sangat mudah, karena hidup hemat saja tidak cukup, kita harus mulai menghasilkan. Semoga bermanfaat.

44 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *