financial,  Lifestyle

3 HAL PENTING YANG WAJIB DIKETAHUI SEBELUM MEMILIH INVESTASI BITCOIN

Moms, pernah kah mendengar istilah Bitcoin? Beberapa orang ada yang telah menggunakan Bitcoin untuk melakukan transaksi jual-beli software dan game online. Namun apakah Bitcoin artinya uang? Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang Bitcoin. Semoga bermanfaat untuk Moms dan keluarga.

investasi bitcoin, investasi bodong, ethereum, bitcoin, bitcoin bikin kaya raya, invetasi untuk mama muda, investasi yang aman, investasi menguntungkan, luno

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin atau disebut juga uang digital merupakan sebuah teknologi baru yang digunakan sebagian kelompok untuk menyimpan dan mengirimkan uang namun bukan dalam satuan mata uang (Rupiah untuk Indonesia). Bitcoin memang sudah mendunia, ada negara yang sudah melegalkan penggunaannya, ada juga yang masing fifty-fifty namun banyak juga negara yang melarang penggunaan Bitcoin.

Seperti apa bentuk Bitcoin?

Meski namanya mengandung kata “coin” namun bukan berarti Bitcoin ini berbentuk kepingan ya Moms. Sesuai dengan nama edarnya sebagai uang digital, Bitcoin tak berbentuk namun memiliki nilai. Karena kepraktisannya bahkan Bitcoin juga dianggap sebagai aset yang menguntungkan atau disebut dengan istilah “emas digital”.

Mengapa Bitcoin disebut “Emas Digital”?

Saat ini, nilai dari 1 Bitcoin yaitu sekitar lebih dari Rp. 100 juta. Karena nilainya yang tinggi ini lah banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli Bitcoin. Faktanya Bitcoin ini bisa dibeli seperti emas yaitu dengan cara dibeli satuan terkecil. Jika emas dapat dibeli dengan satuan 1 gram atau 2 gram, sama halnya dengan Bitcoin yang dapat dibeli dengan satuan nilai terkecil seperti 0, 0001 Bitcoin seharga kurang lebih Rp. 100.000,-. Cukup terjangkau bukan?

 

Baca juga : Macam-Macam Investasi Yang Menjanjikan

Apa fungsi dan manfaat investasi Bitcoin?

Prinsipnya Bitcoin dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual-beli, mengirimkan uang bahkan sebagai aset investasi jangka panjang. Namun, tak semua negara melegalkan fungsinya sebagai alat transaksi jual-beli. Seperti berita yang beredar di masyarakat perihal himbauan Bank Indonesia untuk tidak menggunakan Bitcoin sebagai alat tukar atau alat transaksi. BI pun menegaskan bahwa alat tukar yang sah di Indonesia hanyalah rupiah. Namun, tidak ada larangan untuk menjadikan Bitcoin sebagai aset investasi jangka panjang.

investasi bitcoin, investasi bodong, ethereum, bitcoin, bitcoin bikin kaya raya, invetasi untuk mama muda, investasi yang aman, investasi menguntungkan, luno

Senada dengan hal tersebut, sebaiknya Moms dan keluarga mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus diketahui tentang Bitcoin sebelum memutuskan untuk melakukan investasi Bitcoin. Seperti regulasi pemerintah Indonesia terhadap Bitcoin, peluang, keuntungan serta resiko yang akan didapatkan. Menurut Vijay Ayyar, General Manager Luno, sedikitnya ada 3 hal penting yang harus diketahui masyarakat sebelum melakukan investasi Bitcoin, diantaranya:

1. Menentukan nominal Bitcoin yang akan dibeli atau nominal Rupiah yang akan digunakan

Perlu diketahui bahwa nilai Bitcoin yang beredar setiap waktunya berkembang naik dan turun secara bebas. Masyarakat sebagai user lah yang menentukan. Artinya, transaksi Bitcoin ini dapat terjadi setelah adanya kesepakatan antar kedua belah pihak. Mereka yang menentukan harganya sendiri. Nilai rata-rata para pengguna yang melakukan transaksi tersebut akan secara otomatis dikalkulasi dengan rumus tetap secara system untuk menetukan nilai per Bitcoin pada saat itu.

Oleh sebab itu, Bitcoin termasuk aset investasi high risk, high return. Kita bisa mendapatkan keuntungan namun juga bisa merugi karena harga Bitcoin yang fluktuatif. Sehingga kita harus cermat dan tau pergerakan naik-turun harga Bitcoin. Sekilas mirip seperti investasi reksa dana.

2. Waspada terhadap penipuan

Sama seperti investasi lainnya, untuk mendapatkan keuntungan tentunya harus melewati proses yang tidak sebentar bahkan meski begitu tetap saja ada resiko yang akan ditanggung investor. Termasuk investasi Bitcoin, kita juga tidak akan dijanjikan profit yang pasti. Semua profit bergantung pada ketepatan momen jual beli Bitcoin yang dilakukan, apakah harganya sedang meroket naik atau meluncur bebas? Jika ada layanan atau platform yang menawari keuntungan lebih dengan investasi Bitcoin, kita perlu lebih waspada. Kemungkinan besar skema investasi tersebut adalah penipuan atau investasi bodong.

3. Lakukan Research berbagai Platform penyedia layanan Bitcoin

Sebagai langkah preventif dari aksi investasi bodong, penting sekali bagi calon pembeli Bitcoin untuk mengenali lebih jauh platform yang akan digunakan. Poin penting yang perlu dicari tau lebih detail yaitu seperti:

  1. Siapakah investor yang mendukung Layanan tersebut? Para investor besar tidak akan sembarangan mensupport sebuah perusahaan yang belum terbukti kualitasnya.
  2. Apakah perusahaan Layanan tersebut memiliki tim yang kredibel? Perusahaan dengan tim yang terjaga kredibilitas dan pengalamannya tentu saja akan lebih tertata dan profesional kinerjanya.
  3. Bagaimana sistem keamanan perusahaan tersebut? Secure is a must. Apalagi menyangkut soal uang. Kita tidak mau bukan uang yang sudah dikeluarkan musnah tanpa jejak dikemudian hari? Oleh sebab itu, mengetahui sistem keamanan layanan Bitcoin itu penting sekali. Tanyakan sedetail mungkin sejauh apa keamanan yang akan kita dapatkan, in case ada krisis ekonomi atau bencana di negara kita.
  4. Apakah platform tersebut mudah digunakan dan informatif. Idealnya layanan yang berkaitan dengan invetasi dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah sehingga dapat dipantau oleh pemiliknya setiap saat.

Dari 3 faktor penting diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum melakukan investasi Bitcoin selain menguliti cara kerja Bitcoin dengan jelas, kita juga wajib mengenali perusahaan penyedia layanan Bitcoin. Untuk Moms yang sudah yakin ingin mencoba investasi Bitcoin dapat menggunakan platform Luno.


TENTANG LUNO

Luno (sebelumnya BitX) adalah perusahaan global terkemuka dibidang aset digital seperti Bitcoin dan Ethereum. Sedikitnya sudah ada 40 negara di dunia yang menjadi pelanggan Luno. Dengan tim berjumlah lebih dari 100 orang, Luno kini memiliki 7 kantor di 7 negara berbeda yaitu di UK, Singapura, Afrika Selatan, Malaysia, India, Indonesia dan Nigeria. Kantor pusat Luno berada di London sementara kantor regional berada di Singapura.

investasi bitcoin, investasi bodong, ethereum, bitcoin, bitcoin bikin kaya raya, invetasi untuk mama muda, investasi yang aman, investasi menguntungkan, luno

Bagaimana caranya mengakses Luno?

Luno dapat diakses melalui smartphone android dan ios maupun laptop dan dekstop. Download aplikasi Luno pada smartphone untuk mengetahui informarsi Bitcoin lebih lanjut termasuk melakukan transaksi Bitcoin.

Fitur apa saja yang ada pada Luno?

Luno menawarkan transaksi yang mudah dan aman untuk membeli, menyimpan dan mempelajari aset digital seperti Bitcoin dan Ethereum dengan 3 fitur utama Luno, diantaranya:

  1. Luno Wallet : Untuk melakukan pembayaran, konversi dan penyimpanan aset digital.
  2. Luno Exchange : Layanan perdagangan aset digital yang profesional
  3. Luno Enterprise : API terbuka, khusus investor berinstitusi, integrasi merchant.

Keunggulan Layanan Aset Digital Luno

  1. Luno didukung oleh investor ternama seperti Venturra Capital yang dipimpin oleh Direktur Lippo Group, Investasi dari Balderton Capital, Rmi Holdings, Digital Currency Group dan Naspers.
  2. Luno memiliki tim kredibel yang berasal dari banyak perusahaan seperti Goodle, Amazon, Standard Chartered dan lainnya.
  3. Luno memiliki sistem kemanan yang baik seperti cold storage dimana sebagian besar Bitcoin aman tersimpan secara offline didalam brankas perusahaan.
  4. Platform user friendly, mudah digunakan dan dimengerti. Serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

 

investasi bitcoin, investasi bodong, ethereum, bitcoin, bitcoin bikin kaya raya, invetasi untuk mama muda, investasi yang aman, investasi menguntungkan, luno

Demikian lah penjelasan singkat tentang Bitcoin. Gimana Moms masih ingin mencoba investasi Bitcoin? Jika Moms masih penasaran, Moms bisa pelajari perihal aset digital melalui website Luno di www.Luno.com. Atau mengunduhnya terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *